Monday, February 20, 2012

"Ting...!!! Aku Dapat Ide...!!!"

Duduk diatas kursi empuk yang nyaman menghadap keyboard dan monitor dengan PC dalam kondisi ready to use terhubung ke Internet. Oke, ini sudah lebih dari cukup untuk mulai typing. "Tapi...mau nulis apa ya???". Sumpah...itu adalah salah satu moment paling memuakkan,ga' penting sekaligus menggelikan dalam hidup saya.

Beberapa kali saya pernah mengalami moment seperti diatas. Ketika mempunyai waktu luang dan dengan sengaja mencari ide untuk bahan tulisan, tapi itu tak pernah berhasil. Saya hanya terdiam dengan pandangan yang ga jelas, pikiran saya melayang mencari sesuatu yang dinilai menarik untuk diceritakan. Parahnya proses itu bisa berjalan berpuluh menit hingga mendekati hitungan jam. Dan karena otak yang diajak bekerja keras, pada akhirya climax pada tingkat frustrasi. "Haaah ngga' banget deh...!!!".

Gambar: Google
Keadaan begitu terbalik ketika saya tidak sedang berada diatas kursi empuk dan berhadapan dengan monitor. Terkadang saat saya sedang berkendara, sedang berjalan di trotoar, sedang mandi, sedang nganter pacar belanja, bahkan saat saya sedang boker dan ada lagi, justru pada moment-moment itulah saya mendapatkan hal menarik untuk dijadikan 'bahan'. Karena kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan untuk segera mengembangkanya menjadi satu karya, saya pun harus rela menyimpan hasrat saya.

Yup!!!, waktu luang pun kembali saya dapatkan. Ini adalah kesempatan untuk menuangkannya pada sebuah tulisan. Tapi...hal menarik yang saya simpan tadi terasa sudah tidak menarik lagi!. Lho...lho...lho...ada apa ini???. Mood saya sudah tidak mendukung niat yang sudah dirancang beberapa waktu yang lalu. Dan sudah bisa ditebak bagaimana ending-nya.

Dari sana saya mulai tergelitik untuk menarik kesimpulan.
Yahh...ini semua tentang inspirasi Sob!!!. Inspirasi itu bisa dicari, tapi tidak bisa dipaksa untuk didapatkan. Berbaur dengan sekitar, membaca, berpetualang, atau berselancar di dunia maya adalah beberapa cara yang bisa membuat kita mendapatkan inspirasi. Tapi inspirasi yang sebenarnya itu adalah ketika dia datang tanpa permisi atau datang begitu saja, kapanpun dan dalam keadaan apapun itu, sebagai contoh kita ambil dari paragraf tiga diatas.

Mengutip ungkapan Raditya Dika (Seorang penulis & Stand Up Comedian) dalam sebuah intervew-nya dia mengatakan "Salah satu metode mendapatkan materi adalah dari kegelisahan". Disini bisa diartikan inspirasi itu memang berasal dari keinginan mengembangkan sesuatu yang telah menjadi hot issue dalam otak kita. Dan jika tidak sesegera mungkin dituangkan kedalam sebuah bentuk dokumentasi/karya, maka suasananya pun akan sangat mudah berubah. Kalau suasana sudah berubah maka seakan dia kehilangan 'nyawa' nya dan pada akhirnya akan terasa hambar untuk dikembangkan.

Hmm...sepertinya saya harus membuat kebiasaan baru nih...minimal harus membawa sesuatu yang bisa dijadikan media untuk mendokumentasikan ide saat dia tiba-tiba datang. Tapi kalo dipikir lagi rasanya ga lucu juga deh kalau mau boker saya harus membawa secarik kertas dengan satu buah pulpen, kalo kebetulan ada yang melihat khawatir dianggap itung-itungan lagi...!!!. :p....

No comments:

Post a Comment