Tuesday, March 27, 2012

Catatan Saat Malas


Gambar: Arra
Baiklah saya harus akui, biasanya saya selalu mendapatkan mood untuk ‘menulis malas’, tapi beberapa hari terakhir ini saya berada dalam kondisi ‘malas menulis’. Sebenarnya sih sudah ada beberapa referensi ide tulisan di otak saya, tapi ya itu tadi karena malas menulis akhirnya hanya jadi asa terpendam saja :D.

Oke...oke...saya akan mencoba untuk membela diri. Seminggu terakhir ini saja saya harus beberapa kali pergi ke luar kota karena ada beberapa urusan yang harus saya selesaikan, sehingga beberapa hal yang menjadi tugas saya agak tertunda. Tampak seperti orang sibuk ya?, padahal engga’ juga sih hehe...buktinya saya masih punya waktu dua sampai tiga jam untuk tidur siang, walaupun selanjutnya saya baru bisa tidur lagi dini hari nanti karena harus mengerjakan beberapa tugas yang tertunda tadi. Walaupun sebenarnya kurang baik untuk kesehatan, tapi bagi saya mengerjakan tugas pada malam hari itu terasa lebih tenang, bebas berisik terganti dengan suara jangkrik.

Sempat terpikir untuk cari artikel menarik lalu copas (copy-paste) deh, susah-susah amat?!. Tapi...ah engga deh, lagi ga ada mood juga untuk copas, karena kepuasan mem-posting artikel hasil karya sendiri itu ternyata berbeda, rasanya gimanaaa gitu. Yah walaupun bukan benar-benar asli hasil pemikiran kita, maksudnya terkadang juga mencari info dari sumber lain lalu kita kembangkan pada artikel yang kita tulis gitu lho, tapi menurut saya tetap saja lebih bernilai daripada copas. Eiitss...bukan berarti saya mengklaim diri saya sendiri sebagai orang yang anti copas lho, ada ko’ beberapa artikel di Blog saya ini yang hasil copas, tapi saya tidak lupa melampirkan sumber karena itulah etikanya, supaya artikel kita tidak dicap sebagai plagiat.

Tanggung membahas tentang copas deh. Memandang dari sisi positif, menurut saya pribadi copy-paste juga bukan hal yang haram untuk dilakukan selama kita melakukannya dengan etika. Dengan copas berarti kita sudah menghargai hasil karya penulis yang sebenarnya, selain itu juga kita sudah berjasa menyebarkan artikel menarik yang mungkin sangat bermanfaat untuk pihak lain yang kebetulan mampir ke tempat kita. Saya juga pernah seperti itu, ketika saya mencari satu informasi lalu saya menemukannya di salah satu Blog sahabat dan ternyata artikel itu hasil copas. Nah berarti saya sudah terbantu dong oleh Blog sahabat itu, karena jika dia tidak menyimpan artikel di Blognya dia, belum tentu saya menemukan Blog/Web yang merupakan penulis sebenarnya. Atau setidaknya saya bisa mendapat waktu yang lebih efisien untuk mencari informasi.

Lho katanya lagi malas menulis, tapi ko’ dilanjut aja nih??? Hehe...!, ah topiknya juga seadanya ko’, hanya tulisan ringan yang saya lebih nyaman untuk menyebutnya sebagai sharing atas rasa lelah saya beberapa hari terakhir ini. Daripada saya menumpahkan keluh kesah bak rumus Fisika semacam “...4L4Y 54N64dhH...” pada Status Facebook atau Timeline Twitter saya, mendingan berbagi disini, walau hanya corat-coret belaka. Namanya juga tulisan saat malas di suasana santai ditemani secangkir kopi dengan iringan alunan musik dari Dave Koz...Haaahh sungguh sangat membuat saya merasa tenang.

Jadi...ide itu selalu ada lho, hanya mungkin kesempatan dan mood yang kurang mendukung. Tetap Semangat!!!.


2 comments:

  1. jangan copas yaa :)
    kalau copas lebih baik dikasih sumbernya, ati-ati banned lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Eko, nanti kalau kebanyakan copas bisa-bisa dipanggil 'mata satu' (pembajak) haha...

      Delete