Saturday, May 5, 2012

Wujudkan 'Ide Gilamu' !!!

‘Relize Your Crazy Idea...’, itu adalah salahsatu ungkapan yang terus terngiang setelah saya membaca satu artikel yang bertema Entrepreneurship. Mungkin berbeda dengan kebanyakan orang, saya memang selalu dibuat tertarik dengan tema Entrepreneurship ini. Menjadi Entrepreneur (Pengusaha) adalah salahsatu mimpi saya, terkadang terasa terlalu muluk-muluk sih..., tapi itulah mimpi dan saya tidak mau itu berakhir hanya sebagai mimpi.

Oke, kita kembali ke judul. Pernahkah terbersit ‘ide gila’ untuk mulai membuka usaha sendiri?, misalnya membuka Bisnis (maaf) membersihkan ‘poop’ anjing seperti yang dilakukan Matius Osborn (Ohio), Bisnis penjualan kacamata untuk anjing, Bisnis layanan internet/komunikasi di pedalaman, Bisnis kuliner berbahan dasar serangga di indonesia, atau apapun itu. Walaupun mungkin tidak se-ekstrim itu, saya yakin sebagian besar orang pernah memiliki ‘ide gila’ untuk memulai bisnis, tapi sangat sedikit orang yang berani mewujudkannya.

Jika saya membaca kisah/Biografi para Entrepreneur sukses, mereka memulai usaha dengan modal utamanya adalah punya mimpi, punya kemauan, tekad yang bulat, berani mengambil peluang dan resiko, lalu terus berjuang untuk merealisasikannya. Ya...memang harus begitu, seperti yang dilakukan Thomas Alva Edison, dia tetap berjuang ketika penemuan pertamanya (Telegrpahic Vote Recording Machine) dianggap penemuan yang paling tidak diinginkan di muka Bumi karena cara kerja alat tersebut yang sangat lambat. Kasihan ya Kakek Tom?!.

Wright Brother (Penemu Pesawat Terbang Pertama) yang terus berusaha mewujudkan mimpinya yang dianggap gila kerena ingin terbang seperti burung. Dengan rancangan badan pesawat yang sederhana dengan menggunakan mesin motor yang sederhana pula akhirnya impian mereka untuk terbang bisa tercapai juga. Keren kan?!

Bob Sadino yang pernah menjadi kuli bangunan, lalu beliau memberanikan diri untuk memulai usaha menjual telur ayam yang ayam petelurnya didatangkan langsung dari luar negeri. Beliau menawarkan telur yang dijualnya dengan cara menawarkannya dari pintu ke pintu. Pada awal usahanya, beliau banyak sekali megalami penolakan dari calon konsumennya. Tapi beliau tetap berjuang, dan hasilnya kini Ia merupakan pemilik dari KemChick Supermarket.

Tirto Utomo atau Kua Sien Biauw (Pendiri perusahaan air minum kemasan AQUA) yang sewaktu memulai usahanya sempat dianggap gila karena menjual air minum dalam kemasan botol di Indonesia yang merupakan negara yang banyak mengandung air. Mereka tetap berjuang walau gagal atau banyak rintangan, dan sekarang kita bisa melihat sendiri hasil kerja keras mereka.

Dalam setaip pembahasan tentang Entrepreneurship, saya selalu menemukan kata ‘lakukan’ atau ’wujudkan’. Sepertinya itu adalah kunci penting untuk memulai sebuah usaha apapun itu. Karena ide hanya akan menjadi hal yang tidak berguna jika tidak disertai dengan pembuktian dan realisasi, tapi jika sebaliknya, justru itu akan menjadi Inovasi yang mungkin saja akan memberi manfaat penting bagi banyak orang. Itu kata mereka loh, bukan kata saya.

Jadi, untuk para sahabat yang mempunyai ‘ide gila’ dan berminat menjadi seorang Entrepreneur, baik itu berkonsep Social Entrepreneur ataupun Commercial Entrepreneur, tunggu apa lagi??!!, Waktunya Pengusaha beraksi. Keren kan jika kita bisa menciptakan usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain?.

Alangkah baiknya jika kita tidak hanya mengandalkan gaji pokok sebagai penghasilan utama. Mari kita sama-sama belajar membentuk mental dan mulai dari hal-hal kecil. Seperti saya misalnya, disela menjalankan kegiatan utama, saya juga jualan pulsa hehehe...ga penting ya???, lumayan kan hasilnya bisa buat beli bensin :D

Kesempatan memang bisa saja datang hanya satu kali, tapi masih banyak kesempatan yang bisa kita gali. So...make a move now!!!...waktu terlalu berharga jika hanya dipergunakan untuk mengatakan kata ‘ragu’.

Terima kasih loh untuk yang sudah bersedia membaca curhatan saya :). Jadi...apa ide gila anda???

17 comments:

  1. kalo ide gila sih saat ini saya belum punya, tapi kalo ide bisnis standar sih ada dan lagi dijalanin walaupun belum seperti yang diimpikan. Ide adalah asset intelektual kita jadi kalo nggak diikutin action, sungguh sayang hanya menjadi liabilities yang mubazir :-)

    ReplyDelete
  2. jadi inget sama quotenya andrea hirata "yang terpenting bukanlah sebesar apa mimpi kalian, tapi sebesar apa usaha kalian untuk mimpi itu.." :)

    mari berkarya!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena uraha nyata adalah yang terpenting, mungkin maksudnya begitu ya Mas ? :)

      Delete
  3. membahas tetang interpenur gampang gampang susah, terlihat mudah ketika di sampaikan, tapi begitu di lalukan? ga mudah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kenyataan yang berat untuk dihadapi Mas :)

      Delete
  4. saya lebih setuju dengan kalimat terakhir, yaitu make a move, kalau cuma ide gila? wah ga ada gunanya, yang penting kerjain dulu ntar ide ketemu juga. daripada hanya ide tapi ga pernah di coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang begitu mas, kalau hanya ide tanpa realisasi malah akan bikir frustrasi hehe :)

      Delete
  5. Kata orang, mimpi hanya bisa terwujud kalau kita jaga. Jadi selamat berjuang dalam keterjagaan penuh Mas. Semoga mimpi utk jadi entrepreneur segera terwujud. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin...semoga saja. Kita semua mempunyai mimpi, dan semoga saja bisa terwujud. :)

      Delete
  6. sip..ide yang patut dilakukan..ayo wujudkan ide gila kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo...yo...yo...berat lho Mas, tapi bukan berarti muestahil dicapai kan hehe (berusaha semangat) :)

      Delete
  7. berawal dari ide, membaca peluang baru tetapkan langkah mana yang harus di tempuh dengan berbekal pengetahuan ide akan terealisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali...semua faktor harus sinergi...:)

      Delete
  8. idem sama cerita anak kost. :'(
    saya juga pengen, tapi belum pernah coba :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cup cup cup jangan sedih yaa...saya juga dalam tahap mencapai ko', mumpung masih muda, manfaatkan semangat kita :)

      Delete
  9. aku punya ide bikin pembankit listrik cuma dari satu bak mandi air kira2 200-300 literan saja. tapi saying belum diwujudkan , pembuatan simulasi dan perhitungan sudah dilakukan di computer dan hasilnya sangat memuaskan karna berdasarkan hukum fisika yang digunakan daya yang dihasilkan bisa 100 kva. bias bantu aku ndak carikan rekomendasi orang atau organisasi yang mau dukung mmewujudkan ide ku. salam hendarzend.

    ReplyDelete