Saturday, July 21, 2012

Tarawih Pertama


Ini adalah kali kedua saya menjalani Bulan Ramadhan di Ciamis semenjak pada tanggal 22 Juli tahun lalu saya pindah lagi kesini setelah bertahun-tahun tinggal di Kota yang menjadi tempat saya tumbuh dewasa dan sangat saya cintai, yaitu Kota Bandung.

Suasana yang sangat berbeda saya temukan saat menjalani Ramadhan disini. Disini saya bisa lebih fokus untuk melakukan ibadah Ramadhan, mungkin karena lingkungan tempat tinggal disini yang lebih religius. Sangat berbeda saat saya tinggal di Bandung, disana saya terlalu disibukkan dengan aktifitas duniawi. Tarawih saja jarang, dalam satu bulan, tarawih saya bisa dihitung denga jari dalam satu tangan saja. Belum lagi puasa saya yang kayak jaring penangkap ikan, banyak bolongnya -_-“.

Kemarin malam kami menjalankan tarawih pertama di Ramadhan tahun ini. Ada yang berbeda dengan tahun kemarin, Imam yang memimpin tarawih di Mesjid kali ini bukan Ayah saya lagi, katanya sih memberi kesempatan anak muda menjadi Imam.

Satu hal yang saya suka saat tarawih pertama adalah masjid yang dipadati oleh para Jama’ah, bahkan padat sampai ke teras Mesjid. Alhamdulillah, bulan Ramadhan memang bisa membuat umat muslim menjadi lebih religius. Dan selain itu saya juga bisa bertemu banyak orang di mesjid, termasuk para gadis hihi...saya sangat suka kalau lihat anak gadis pergi ke Mesjid dan pakai Mukena, kadar ke-cakep-an nya bisa melonjak naik 658% dimata saya :D.


Tapi yang membuat saya sedih adalah Mesjid yang semakin mendekati hari Lebaran malah terasa semakin luas. Mana mungkin?!...hehe emang gak mungkin, karena bukan Mesjidnya yang membesar, tapi Jama’ah nya yang semakin sedikit, sehingga Mesjidpun terasa semakin luas hehe...Tapi emang sih, makin mendekati Lebaran, makin males pergi Tarawih, rasanya ngantuk dan penginnya cepet tidur aja. Tapi setidaknya tarawih saya di sini jauh lebih berisi daripada saat tinggal disana, walaupun masih ada bolongnya.

Haaahh...semoga saja saya bisa benar-benar menjadi orang yang lebih baik, sekalipun saat kelak saya pindah lagi ke Bandung atau kemanapun itu, karena ternyata dekat dengan Tuhan itu dapat memberi kita hidayah dan ketenangan hidup, sehingga kita akan menjadi Muslim yang mengerti kalau dirinya seorang Muslim.

Hadohh...Adzan masih lama rupanya, padahal otak ini sudah mulai ber-ilusi, sebotol minyak goreng di dapurpun udah kayak sebotol madu aja nih -_-“. Sabaaar...pokoknya harus bisa kelarin puasa pertama!.

Tetap semangat ya menjalankan puasanya, semoga puasanya gak pada bolongnya deh. Terima kasih.

38 comments:

  1. hehe,, postingannya keren sob.. i like it..
    iya sob harus semangaat.. jangan mpe bolong2.. hehe

    ReplyDelete
  2. Menyenangkannya bisa tarawih pertama :)

    ReplyDelete
  3. Semoga puasa dan tarawihnya tidak lagi bolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga saja, walau sebenernya saya sendiri ragu bisa mulus hehe...

      Delete
  4. Alhamdulillah...semoga Allah memberikan peluang kita ke akhir ramadhan Aamiin

    ReplyDelete
  5. Semoga untuk tahun ini dan seterusnya, semakin mendekati hari Lebaran mesjidnya jadi terasa semakin sempit kang ara, Aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Ciamis juga eksotik lho Kang.
    hepi ramadhan, sehat selalu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak hal eksotik dari Ciamis ini, tapi sayang tidak banyak pihak yang mengetahuinya.

      Harus tetap sehat dong Bang hehe...

      Delete
  7. ayo semangat berpuasa biar mantab dan nggak bolong2..semoga d bulan suci Ramadhan ini kita semua memperoleh ampunan-NYA..selamat berpuasa..mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yepp, semangat!!!.

      Amiin, selamat berpuasa juga Bang, mohon maaf lahir batin.

      Delete
    2. hadir lagi menyapa...salam ramadhan :)

      Delete
  8. Alhamdulillah juga saya bisa ikutan membuka puasa..pengennya bisa full sebulan....hehehe

    Met beraktifitas di bulan Ramadhan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja ya Mbak, tapi bagi wanita itu suka ada saja halangannya ya Mbak :)

      Met beraktifitas juga Mbak Ririe :)

      Delete
  9. sama kaya disayaaa, semakin hari, rasanya masjidnya terasa lebih luas, beda dari hari pertama hehehe

    ReplyDelete
  10. bang arra kita ada persamaan ney, aku jug sudah dua kali menjalani puasa di tempat baru , aku baru pindah tahun mei tahun lalu, aku sekarang tinggal di tarakan di tempat kerja ku. Dulu waktu aku di rumah ku aku selalu pergi ke mesjid terawih bareng dengan keponakan atu dengan mama ku, tapi sekarang aku pergi sendiri rasanya sepi banget.
    Kebetulan mesjid tidak jauh dari rumah kakak ku cuman beda satu petak tanah kosong. ditempat baru ini karena aku tidak punya teman aku lebih sering memilih sering ke mesjid, berdiam di mesjid,,, mencari ketenangan, dimesjid rasa lbih tenang,,,

    heheh ko aku malah curhat ya,,, numpang ya bang hehhe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ya, gimanapun juga kebersamaan dengan keluarga itu sangat berharga dan bisa membuat kita nyaman. Tapi kita juga harus belajar untuk berusaha mandiri menghadapi dunia #chiee...

      Iya saya juga sama, entah kenapa kalo di Mesjid itu selalu lebih mendapatkan ketenangan, dan saya yaki itu adalah bagian dari keindahan 'rumah' Allah. Untuk Mega tetap semangat ya biarpun jauh dari keluarga :)

      Delete
  11. aku tunggu postingan yang baru sahabatku.. :)

    ReplyDelete
  12. hadehh belum sempat tarwaih hingga hari ini "MALES"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang susah lawan rasa males itu. Moga malesnya cepet pindah ya hehe...

      Delete
  13. "saya sangat suka kalau lihat anak gadis pergi ke Mesjid dan pakai Mukena, kadar ke-cakep-an nya bisa melonjak naik 658% dimata saya :D."

    oke besok kemana mana pake mukena ahh hahhaa...
    selamat puasa ya maaassss

    emang klo pertama tama mesjid penuh -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...maksudnya kalo ke mesjid sama sholat doang loh pake mukena nya :)

      Sama-sama Diana,

      Delete
  14. mampir lagi ke sini sob. untuk silaturrahmi.. ^_^

    ReplyDelete
  15. Wah .. Nice post. Semangat Puasa juga gan..
    Jangan lupa Join back gan :D

    ReplyDelete