Sunday, November 4, 2012

Apakah Itu Berarti Semua?

Seandainya gue bekerja di Direktorat Jenderal Pajak lalu gue melakukan korupsi, terus apakah itu berarti Direktorat Jenderal Pajak adalah lembaga yang korup?

Seandainya gue adalah Bobotoh yang suka bikin rusuh saat di Stadion ataupun diluaran, terus apakah itu bereati semua Bobotoh di dunia ini adalah tukang rusuh?

Seandainya gue seorang anggota Geng Motor lalu gue melakukan kekerasan dijalanan, terus apakah itu berarti semua Geng Motor di dunia ini adalah kumpulan berandalan?

Seandainya gue memperkosa seorang gadis dibawah umur lalu merninggalkannya ditengah hutan, terus apakah itu berarti semua lelaki di dunia ini adalah bajingan?

Seandainya gue melakukan bom bunuh diri disebuah Rumah Ibadah Agama Non Muslim atas nama Allah, terus apakah itu berarti semua umat Islam itu boleh dicap sebagai Teroris?

Seandainya gue adalah Oknum Polantas yang suka melakukan pungli dijalan, terus apakah itu berarti semua Polisi beserta Institusinya adalah kotor?

Seandainya gue adalah orang Arab yang suka menyiksa pembatunya yang berasal dari Indonesia, terus apakah itu berarti semua orang Arab itu adalah tukang aniaya TKI?

Seandainya gue suka memperolok warga keturunan, terus apakah itu bererti semua warga pribumi itu Rasis?

Seandainya gue suka nyimeng, free sex, nge-drugs, dan anti kemapanan, terus apakah itu berarti semua generasi muda Indonesia sekarang ini bermoral bejat?

Seandainya gue ribut dijalanan karena ditagih biaya parkir oleh warga Desa lain, terus apakah itu berarti semua warga Desa gue harus ikut ributin hal ini dengan menyerang Desa orang yang ribut sama gue?

Dan ketika gue memutuskan untuk menjadi seorang anti-mainstream, terus apakah itu berarti gue adalah seorang pemberontak yang pantas didiskriminasikan?

Dan...

Apakah itu berarti semua?

...

Ayolah...ambillah kesimpulan kenapa Tuhan menempatkan OTAK dan HATI kita diposisi yang lebih tinggi daripada PANTAT.

99 comments:

  1. karena nila setitik rusak susu sebelanga...
    kebanyakan orang mikir seperti itu, satu orang yang rusak/berbeda maka semua dianggap sama..

    sepertinya lebih baik memperbaiki diri daripada menuduh orang berbuat tak baik, toh semua ada karmanya..

    *aku ngomong opo toh?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ay Sagira : hahahha mba sedang memberikan visi dan pendapatnya kok. Hiheiheie mencerahkan idenya mba.

      @Rudy Arra : saya sepakat dengan pendapat mba Ay Sagira, karena Nila setitik rusak susu sebaskom eh sebelangga. Ini mungkin contoh sederhana saja dari suatu aktifitas yang offensive yang bisa saja "menyeret" lembaga, kelompok, atau juga pihak lain. Ini bisa disebut ulah "oknum" saja. Seperti hanya pejabat Tinggi negara kita yang tidak semuanya bejat, suka korupsi dan lain sebagainya. Tidak bisa kita menjeneralisasikan semuanya hanya karena ulah negatif seorang oknum.

      Delete
    2. Kang, koq susu ditaro di baskom ya?

      Delete
    3. Mbak AY : "karena nila setitik rusak susu sebelanga...
      kebanyakan orang mikir seperti itu, satu orang yang rusak/berbeda maka semua dianggap sama..

      sepertinya lebih baik memperbaiki diri daripada menuduh orang berbuat tak baik, toh semua ada karmanya.."

      Tadi Mbak AY ngomomg gitu kan???

      #Kabooor

      Kang Asep : Itu dia point dari pertanyaan ku!!!

      Mas Zach : Belanga nya lag cuti kali Mas.

      Delete
    4. Mbak Ay kan ngomong filsafat. berat buat kita, haha.. asem tenan

      Delete
    5. Iya, aku mah kan 'Fool Sifat', jadi mana sampai otakku ke sana beuhh...

      #mulai hang!

      Delete
    6. dicerahkan dulu kalaw pagi sarapan BUBUR AYAM. cespleng,. Uenak pake cakwe

      Delete
    7. Coba lihat, Bapak yang satu ini memang gencar sekali mempromosikan Bubur Ayam, Hmm...lama-lama tak aku susul nanti ke Balikpapan! hihi...

      Delete
    8. Wah...korban alamat palsu aku!

      Delete
    9. jadi kang asep yang dicari ayu ting2?

      Delete
    10. Biarpun jadi DPO, tapi yang nyari kan Ayu yang masih ting-ting.

      Delete
    11. Pesen satu, yang pake telor ya.

      Delete
  2. tidak. saya tidak akan mengambil kesimpulan secara pars prototo seperti itu. bahkan si koruptor, si teroris, dan si pencari ribut itu ada di media yang sama dengan saya untuk membuktikan bahwa semua akan bisa bergandeng tangan bersama pada waktunya.

    dan soal PANTAT, bukankah itu ada di posisi mulia sekarang. saat orang-orang berjuang demi mendudukkan pantatnya di sebuah kursi kehormatan. jika orang itu bermoral, kita bisa mulai melihatnya pada diri Pak Jokowi dan Pak Dahlan Iskan sekarang (aamiin, semoga seterusnya demikian). Pantatnya adalah anugerah untuk kita semua, mencapai kemashlahatan bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, Aku ngerti.

      #Tak mau melawan sama Mas Zach mah.

      Delete
    2. rupanya bener kita suhenk, satu guru satu ilmu. suhunya tu yang baju pink kotak-kotak yang komen soal belanga.

      Delete
    3. Sebagai bentuk penghormatan kepada Suhu, aku mau mempersembahkan buku resep bakso warisan leluhur yang sudah teruji kebenarannya untuk Beliau.

      Delete
    4. beliau akan membungkuk dan berujar: kamsiah!

      Delete
    5. Sepertinya BAKSO akan berhadapan dengan BUBUR AYAM. Saya siap mencicipi keduanya secara saya suka makan

      Delete
    6. Keleponnya dicuekin deh tuuh...

      Delete
    7. dalam bahasa dayak pantat itu mulia kok
      disini banyak orang yang tiap hari kerjaannya mantat...

      Delete
  3. jelas tidak donk sob...? itulah dunia sob, kita ambil cerita tentang manusia saja sob..? satu org berbuat dosa. dan allah memberikan musibah gempa bumi, yang kena satu kampung sob, bukan org itu sendiri...?

    kesimpilannya mari sama-sama kita jaga diri kita berbuat salah, yang di sengaja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mari mulai dari diri sendiri yuk...

      Delete
    2. Gak yakin sih Mas, enakan ngawur gini deh rasanya...

      Delete
    3. Untuk memutuskan itu, kita harus menggelar musyawarah bersama.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. #bototoh itu apa ya?

      Seringkali satu orang yg bertindak 'menyimpang' kemudian dijadikan judgement scr generalisir utk komunitasnya. Utk skala kecil sebuah keluarga juga berlaku demikian, tak jarang kita temui satu anggota keluarga yg berbuat tdk benar kmd msyrkat memberikan "label' keluarga A bobrok semua. Padahal peribahasa setitik nila dalam susu sebelanga itu sangat tdk bisa di ejwantahkan dalam kehidupan sosial

      Delete
    2. Mbak Ririe nggak pernah nonton Persib Bandung sihh

      Delete
    3. Mbak Ririe : Senada dengan komen Kang Asep, jadi aku tak perlu menanggapinya secara panjang lebar, semua sudah dapat point-nya. :)

      Mas Zach : Hehe...kira-kira Mbak Ririe mau gak ya kalo aku ajak jadi Supporter Persib?

      Delete
    4. Mbak Ririe mau nonton Persib nanti kalo Persewangi Banyuwangi masuk ISL.

      Delete
    5. Waaah...makin gak ngerti deh tuh Mbak Ririe nya kalau pembahasan kita mengarah kesana mah Mas hihihi...

      Delete
    6. saah mbak ririe kenapa nanya sebelanga.. ehh, siapa yang bilang tadi ya? Mbak Ay ya? halahh, pusing saya.

      Delete
    7. #Pak Zach: saya gak pernah lihat persib tapi lihat Liga Itali pernah lho #di tipi..hehhehee
      Saya ndukungnya PerSela sj dunk..kan SAIA org LA tuh

      #Mas Arra: mau banget jika diajak nonton persib tp mas Arra yg nonton dan saya yg jalan-jalan sj yaaaa

      Delete
    8. Mas Zach : Gak tahu Mas, aku cuma ingat Kang Asep dengan Baskomnya hihi...

      Mbak Ririe : Lha...kok jadi masing-masing ya? haha...

      Delete
    9. Kang Asep memang jago baskom. dasar suhu

      Delete
    10. Asal jangan jago Basbetot aja deh Mas, takut aku.

      Delete
  5. dalam sebuah kumpulan,jika ada salah satu anggotanya berbuat keburukan pasti yg lainya kecipratan juga jeleknya.tapi bukan berarti semua jelek....toh itu kesalahan individu,......halah ngomong opo iki aq....hehehe
    happy blogging mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhh...pokoknya hepi blogging aja deh ya Mas hihi...

      Delete
    2. hehe, mas Rudy udah ngantuk nih

      Delete
    3. Bentar dulu ah Mas, mau balas dendam dulu soalnya seharian tadi gak bisa blogging :D

      Delete
    4. saya yang tidur ahh, ngurusin Sampeyan bikin saya lupa malam nih. huhh

      Delete
    5. Maklum Mas, namanya juga aliran sesat, jadi gentayangannya tengah malam.

      Delete
    6. sekarang saya yang gentayangan..

      Delete
    7. Udah bobok lagi kaaan...

      #celingukan sendiri

      Delete
    8. Sekarang jadi deh kayaknya hihi...

      Delete
    9. ikut dong kalo mau bobo...
      *gohan...

      Delete
    10. Jangan...soalnya kalo ikut bobogohan, yang ketiga kan mahluk halus.

      Delete
  6. menurut saya ini suatu kesalahan dalam pengambilan kesimpulan Bang..
    mirip seperti Logika matematika yg bernama implikasi itu..
    butuh logika yg benar utk mendapatkan kesimpulan yang benar..
    hasilnya juga hampir sama kalo kesimpulannya kita negasikan atau kita balikkan..
    tidak semua bg, tapi banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kita berdua iuran berfikir.

      Delete
    2. Mas Zach duluan mikir yaa, aku mau bikin kopi dulu, kalau inget nanti aku balik lagi.

      #sambil lalu

      Delete
    3. tidur dulu. besok pagi saya baru mikir lagi. sekarang nyari wangsit dulu buat berfikir

      Delete
    4. Udah bapet belum Mas Pangsit nya? Lho???

      #Lagi lapar

      Delete
  7. Replies
    1. Mpok Nori juga hanya ada di Indonesia loh.

      Delete
    2. Dan sepertinya blogger ngawur sepertiku juga cuma ada di Indonesia deh...

      Delete
    3. bagus Anda sportif, seperti Chris John dan Mpok Nori

      Delete
    4. Lebih baik ngatain diri sendiri aja deh Mas hihi...

      Delete
    5. Daripada sakit hatinya kuadrat berlipat-lipat kan?

      Delete
  8. jangan terlalu di pikirkan, lebih baik kita terus berjalan dan membuat karya yang tak ada habisnya

    ReplyDelete
  9. apakah karena pantatku jelek
    maka orang menganggap wajahku juga jelek..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Raw : Kayaknya itu memang berbanding lurus deh Mas...

      #Pake Baju Zirah

      Mas Zach : Kalau dibalikin mah malah jadinya mutlak.

      #Baju Zirah-nya rangkap dua

      Delete
    2. haha... nih Mas pake tudung Panji Tengkorak sekalian.

      Delete
    3. Takut kadar kegantenganku turun drastis Mas.

      Delete
    4. naik drastis kalo pake kostum kapten amerika. gimana

      Delete
    5. Asal jangan disuruh pakai kostum Wonder Woman aja deh Mas, soalnya nanti yang turun drastis adalah status kelaki-lakian ku...

      Delete
    6. inspirasi datang.....

      saya jadi pengin posting soal ceweq bernama Wonder Woman nih Mas.
      Segera deh saya eksekusi. makasih inspirasi itu datang di komen di atas ini.

      Delete
    7. Waah jadi penasaran deh tuh!

      Pokoknya aku tunggu update nya Mas, aku siap merusak suasana kolom komentar hahaha...

      Delete
    8. awas kalo komennya nggak gila ya..

      Delete
    9. Haha...malah diminta, oke sekarang kita bobok dulu deh Mas, biar dapat pangsit.

      Delete
    10. gak ah udah insap
      tar diceramahin tipo menipo lagi...

      Delete
    11. Yaah Mas Raw jangan dulu kembali ke jalan yang benar dong, nanti bisa sepi dunia Blogging.

      Delete
  10. Itu tidak berarti semua.
    Sebenernya saya sangat marah bila ada cewek yg bilang bahwa semua cowok itu buaya, b*ngsat, b*jingan, atau apalah itu. Tidak semua cowok seperti itu, jgn semua cowok dipukul rata sifatnya sprti itu.

    ReplyDelete
  11. memutlakkan sesuatu yg tdk mutlak maka itu tdk adil, oknum dihukum per oknum bukan oknum dihukum general... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berharap seperti itulah seharusnya, tapi kenyataan dilapangan seringkali tidak sesuai dengan harapan. Terima kasih :)

      Delete
    2. benar banget tuh.. jangan langsung memutuskan sesuatu seenaknya.

      Delete
  12. jika aku menjadi ketua kpk , gitu aja :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeeeh...kalau ketuanya cantik begini pastinya dengan senang hati aku akn menjalankan perintah hihi...

      Delete
  13. done follow u #102.. follow me ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasi, aku sudah follow back kok.

      Delete