Monday, May 20, 2013

Menyingkat Ucapan Salam

Sudah ada beberapa orang yang setiap kali mengirimkan pesan singkat kepadaku, mereka selalu menuliskan kata "Ass..." pada awal tulisan pesan yang mereka kirim. Terus terang saja aku suka jadi pervert ketika menerima SMS dari mereka. Duh!

Sebenarnya aku mengerti bahwa maksud mereka itu adalah mengucap salam, hanya saja disingkat, dari kata "Assalamu'alaikum" menjadi "Ass..." Tapi bagaimanapun dalam lubuk hatiku yang paling dalam (halahh...,) aku tetap tidak bisa menerimanya. Untuk yang sedikit banyak mengerti bahasa inggris pasti tahu apa arti dari kata "ASS" itu. Rasanya jadi kurang sopan gitu deh he he.

Ada lagi beberapa temanku yang suka menuliskan salamnya hanya dengan kata "Mikum...," padahal apa susahnya sih menuliskan salam dengan lengkap, "Assamalu'alaikum" gitu? Apa saat mereka menulis SMS itu lagi dikejar Guguk? atau mungkin lagi kebelet pipis? sehingga terburu-buru, sampe nulis salam aja harus disingkat-singkat kayak gitu hi hi hi.

Makanya, kalo aku sih selalu berusaha ketika menuliskan apapun, apalagi di ruang publik seperti media sosial, selalu dengan kata-kata yang tertulis lengkap. Kecuali di twitter kali ya, soalnya di twitter julmah karakter tulisan kita kan dibatasi, hanya 140 karakter saja, jadi aku sering menyingkat beberapa kata dalam tulisanku disana, untuk menghemat karakter. Hanya saja harus aku akui, kelemahanku dalam menulis adalah seringnya aku melakukan tindakan  typo (kesalahan dalam penulisan) he he. Mohon dimaafkan ya!

Jadi pada intinya, alangkah baiknya jika kita menuliskan kata-kata dengan ejaan lengkap, apalagi bila situasinya sangat memungkinkan, terlebih lagi jika kata-kata itu menyangkut tata krama atau agama. Tujuannya untuk menghindari kesalahpahaman seperti yang aku alami pada kejadian diatas. Itu saja.

25 comments:

  1. ho ohhh.. nyingkat shalawat untuk Rasululllah juga mas.. jadi saw: gergaji.

    cuman ada juga yang bilang tergantung niat, kayak karena karakter tulisan yg terbatas itu..

    tapi kalo saya, supaya aman, segala macam salam dan shalawat untuk baginda Rasulullah, sebisa mungkin kagak disingkat mas :">

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu maksudku, Mbak, untuk kata-kata yang (misalnya)menyangkut agama, lebih baik memilih kata yang baik dan benar saja deh ya?

      *tring*

      Delete
    2. Aku jarang nulis pesan singkat pake salam, kecuali ama orang yg dituakan ato sepuh ato dihormati. Karena emang pesan singkat hanya utk singkat2 aja...kecuali nulis surat beda lagi..

      Kalo ngomong lgs kayak telpon baru deh salam selalu keluar..:)

      Kalo nulis assmlkm boleh ga menurut Rudy..?

      Delete
    3. yaaak anda benaaaar *sodor duit cibu*

      Delete
    4. minta kembalian nggak itu mbak??

      Delete
  2. abegeh terutama haha..
    saya pernah menyingkat.. terus di omelin sama someone
    kalo ngucap salam yang bener dong!! #malu -_-

    terdengar biasa aja.. maksutnya itu sebenrnya udah paham ucapan salam tapi ASS yang lain kan ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. As yang ada di kartu poker dan kartu perdana ya..:D

      Delete
  3. sy kdg suka melakukannya, ya itu td,, pas sikon tdk memungkinkan :)
    #nah.. sikon juga disigkat kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang bersifat akronim seperti itu sih kayaknya gak apa-apa deh, Teh. Yang aku maksud itu kata-kata yang rasanya tidak pantas untuk disingkat gitu :)

      Delete
  4. saya juga sering dapet sms kaya gitu kang, padahal ada jug ayang sudah ngejelasin ternyata disingkat-singkat gitu punya arti tersendiri katanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, aya aya wae nya, Kang.

      Gak apa-apa juga menyingkat kata, tapi pastinya bisa membedakan doong kata mana pantas disingkat dan kata mana yang harus ditulis dengan beik dan benar. Bagiku sih begitu :)

      Delete
  5. sesautu yang singkat itu tidak baik kang termasuk salam :)

    ReplyDelete
  6. perlu sosialisasi terus menerus dari segala pihak, ulama, guru, orang tua, blogger, semuanyah lah pokokna mah...soalnya saya ge' baru tau pas jadi blogger...dulu2 saya juga ngga tau...hayu ah urang sosialisasi tiada henti...buru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya aku mau ngasih komentar fenomenal di blog Mamang, tapi katanya komentar baru tidak diizinkan, tega ih.

      Delete
    2. alhamdulillah ya karena sudah tahu, jadinya tahu sama tahulah :-)

      Delete
    3. bukan tahu sumedang kan Bang..hehehe

      Delete
  7. salah satu efek negatif dari kecanggihan teknologi..ya begini itu yang suka singkat-singkatan...segala hal disingkat, termasuk salam, apalagi sekarang suka cari jalan singkat..mau kaya dan tidak mau capek2 berkeringat dan berusaha ,,makanya cari jalan singkat jadi koruptor....salam :-)

    ReplyDelete
  8. kalau saya mas makek sms nggak pernah makek salam, biasanya diawali pagi, siang, sore hihihi

    ReplyDelete
  9. saya sering meliat di jejaring sosial kata-kata itu mas.
    apalagi pas dulu sering chat room, banyak orang ucapin salam dengan kata Asskum, (asu kumpul)

    ReplyDelete