Wednesday, January 7, 2015

Lagi Bingung!!!

Bingung!!!

Saya bingung dengan kurikulum 2013!

Atau mungkin karena saya kurang mendapat informasi tentang kurikulum 2013 ini? Bisa jadi, sih. 

Tapi kebingungan saya juga bukan tanpa alasan, kebingunan saya juga dapat "dukungan" dari respon teman saya yang sudah lama tidak bertemu. Ketika dia saya tanya pendapatnya tentang kurikulum 2013, dia langsung menyambar dengan jawaban "...musingin!" Duh jadi bingung saya. 

Belum lagi begini, saya kan baca di media bahwa Mendikbud, Bapak Anies Baswedan akan menghentikan kurikulum 2013 sejak  tahun ajaran baru nanti, tapi tadi ada yang bilang beberapa sekolah akan meneruskan kurikulum 2013 dan sebagian lagi memang akan kembali ke kurikulum 2006. Tuh, kan, jadi bingung lagi deh saya. 

Mungkin saya memang ku'in dan kuper mengenai ini. Atau mungkin karena saya lelah. Bodo ah. 

Nanti aja deh saya cari informasi lagi. 

Ngantuk!!!


Sunday, January 4, 2015

Buku Yang Menarik

Bagi saya, buku adalah satu-satunya media baca yang paling bersahabat bagi mata. Dalam keadaan santai, buku yang saya anggap menarik dengan ukuran sekitar 140 x 200 mm / font : 12 / spasi : 1,5 / tebal : 300-an halaman bisa saya selesaikan dalam waktu beberapa jam, tanpa merasa pusing. Berbeda dengan media baca elektronik, semacam e-book, misalnya. Bila e-book tersebut memiliki jumlah halaman yang cukup banyak dan saya harus membacanya hingga selesai, saya memilih untuk mencetaknya terlebih dahulu. Maklum mata saya tidak tahan cukup lama menatap layar monitor. Puyeng. 

Ya, buku yang menarik memang dapat membuat lupa waktu, menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membaca buku. Tapi pernah, gak, sih, temen-temen membeli sebuah buku karena melihat tampilan jilid yang menarik dengan judul yang provokatif? Saya ada beberapa. Dan pada akhirnya buku tersebut tidak selesai dibaca. Tertunda. Dan entah kapan akan dibuka lagi, karena saya lebih memilih membaca buku yang lain. Atau jika memang harus diselesaikan, saya harus mencari alasan yang dapat memoptivasi, atau menunggu momen 'Tak Ada Pilihan Lain'.

Eh tapi bukan berarti buku yang saya anggap tidak menarik itu jelek. Yang membuat buku tersebut tidak menarik bisa saja karena cara penyajian buku yang tidak sesuai dengan selera. Menarik bagi orang lain belum tentu menarik bagi kita. Bagi saya itu memang tidak bisa dipaksakan. 

Nah, buat temen-temen, buku menarik apa yang sekarang sedang kalian baca?

Friday, January 2, 2015

Membuat Data Cadangan

"Aduh data tugas gue kehapus / gak kebuka / corrupt / error / ketelen...mana gak ada bek-ap-an nya lagih!!!"

Keluhan macam itu sering banget saya dengar dari mulut beberapa teman, terutama yang masih berstatus pelajar. Kadang saya jadi greget sendiri, apa mereka gak kepikiran untuk membuat data cadangan? Apalagi sekarang sudah ada teknologi cloud drive, sayang banget jika tidak dimanfaatkan. 

Bagi saya yang berada di tempat dimana koneksi internet tersedia dengan cukup baik, nitip data di awan jadi salah satu andalan, saya anggap itu tempat yang cukup aman, asalkan akun penitipan data kita dirawat dengan baik, toh Mas Gatot Kaca sama Bro Supermen juga pasti males ngoprek data saya.   

Membuat data cadangan itu sangat penting, apapun medianya, yang penting ketika kita membutuhkannya kita bisa mengaksesnya dengan mudah. Jadi buat temen-temen, biasakan untuk membuat data cadangan, ya! Ah sebenernya itu bukan sesuatu yang harus diajari, sih.