Friday, January 2, 2015

Membuat Data Cadangan

"Aduh data tugas gue kehapus / gak kebuka / corrupt / error / ketelen...mana gak ada bek-ap-an nya lagih!!!"

Keluhan macam itu sering banget saya dengar dari mulut beberapa teman, terutama yang masih berstatus pelajar. Kadang saya jadi greget sendiri, apa mereka gak kepikiran untuk membuat data cadangan? Apalagi sekarang sudah ada teknologi cloud drive, sayang banget jika tidak dimanfaatkan. 

Bagi saya yang berada di tempat dimana koneksi internet tersedia dengan cukup baik, nitip data di awan jadi salah satu andalan, saya anggap itu tempat yang cukup aman, asalkan akun penitipan data kita dirawat dengan baik, toh Mas Gatot Kaca sama Bro Supermen juga pasti males ngoprek data saya.   

Membuat data cadangan itu sangat penting, apapun medianya, yang penting ketika kita membutuhkannya kita bisa mengaksesnya dengan mudah. Jadi buat temen-temen, biasakan untuk membuat data cadangan, ya! Ah sebenernya itu bukan sesuatu yang harus diajari, sih. 

4 comments:

  1. harus selalu tersedia data dan apap-apapun cadangan mah, dan disiapkan selalu, cadangan data memang penting keberadaannya terutama jika kita mau beprgian jauh...ban cadangan harus ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa...isteri cadangan? Eh gimana, gimana?

      Delete
    2. yang nggak cadangan udah ada dulu harusnya, baru mikir cadangan

      Delete
  2. saya juga punya baju cadangan sama celana cadangan secara naik kereta kan rawan sobek.

    ReplyDelete