Tuesday, September 22, 2015

Trail Running Galunggung (Running Loka) Bagian 2

Untuk kedua kalinya Komunitas Running Loka Ciamis menjadikan gunung Galunggung sebagai track latihan trail running pada tanggal 20 September 2015 kemarin. Alasan kami memilih track Galunggung kembali karena pada trail running sebelumnya di Galunggung kami merasa ada beberapa hal yang terlewatkan, disamping itu ada beberapa kawan kami yang sebelumnya tidak ikut serta dan kini ingin menjajal track Galunggung. 


Yang turut serta dalam latihan kali ini adalah kang Erik Risnandar, kang Harjanto Galant, kang Irdan Maulana, kang Hasan dan tentunya saya sendiri. Karena persiapan yang lebih baik, perjalanan kali ini jauh lebih terencana, seperti persiapana fisik, perbekalan dan persiapan rute trail running. Berikut rute yang kami gunakan. 


Seperti trail running sebelumnya, kami tetap memilih spot Pemandian Air Panas Galunggung sebagai titik start dan finish kami, karena disanalah kami dapat memarkir kendaraan dengan aman. FYI aja ya, tiket masuk kami ke Galunggung kemarin adalah Rp. 32.000,- untuk lima orang, dan untuk biaya parkir kendaraan (motor) kami harus membayar Rp. 2.000,- per motor pada petugas parkir. 



Cuaca di Galunggung pagi itu cukup mendung dan berkabut, cuaca yang kurang mendukung untuk melakukan trail running, makanya bila kawan-kawan pemula seperti kami akan melakukan trail running ke gunung, untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu, bawalah jaket tipis yang tidak mudah tembus air atau jas hujan plastik dari bahan yang tipis, karena jika kita berlari di gunung tanpa memakai pelindung seperti yang saya sebutkan diatas, maka hypotermia akan mengintai kita, dan itu sangat membahayakan keselamatan diri. 


Bersyukur ketika kami sampai di kawah hujan pun tidak semakin deras, sehingga kami bisa mengambil beberapa gambar dan video untuk dokumentasi. Saat itu keadaan cukup berkabut sehingga kami tidak mendapat view terbaik, tapi bersyukur kami bisa tiba dengan selamat di kawah. 


Tak lama beristirahat, kami langsung melanjutkan trail running kami melintasi medan yang semakin ekstrim. Area berpasir tebal dengan kemiringan yang cukup curam pun harus kami lewati. Memilih sepatu yang memiliki sol yang lebih kuat dan lebih rigid tentu akan sangat membantu dan akan meminimalisir terjadinya cedera. Sebagai contoh, saya cukup nyaman menggunakan sepatu Salomon S-Lab atau Speedcross. Dan yang tak kalah penting adalah membawa makanan ringan yang dapat memulihkan energi tubuh dengan cepat, seperti pisang, coklat, madu dan lainnya, karena bagaimanapun berlari menaiki gunung itu sangat menguras tenaga. 


Oh iya, sebagai orang yang pernah menjadi warga Bandung, dalam kesempatan ini saya secara pribadi dan Komunitas Running Loka  ingin menunjukan dukungan pada Komunitas Bandung Clean Action yang dengan konsisten melakukan #GerakanPungutSampah di kota Bandung. Walaupun saya sudah tidak tinggal di Bandung, tapi saya sangat mencintai Bandung, dan jangan sampai Bandung kembali mendapat predikat 'Kota Sampah' seperti beberapa waktu yang lalu, karena sakitnya tuh dimariiii... *nunjuk ulu hati* 


Bersyukur kami dapat sampai ke garis finish dengan selamat tanpa ada satu orang pun dari kami yang mengalami cedera.  Kami beristirahat di spot Pemandian Air Panas Galunggung, dan disana kita bisa memesan Nasi Liwet Paket Komplit. Harganya lumayan terjangkau, kami hanya harus membayar Rp. 70.000,- untuk Nasi Liwet Paket Komplit porsi 5 orang. Kalo kata orang Sunda mah "Pokona tegep lah!!!" hehe.


Nah ini yang saya suka dari Galunggung, kita juga bisa langsung melakukan relaksasi di pemandian air panas alami tanpa harus jauh-jauh melakukan perjalanan kembali untuk menuju kesana. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang, kita sudah bisa menikmati berendam di tempat kelas satu. Tempatnya tidak terlalu ramai, lebih tenang dan tentunya airnya jauh lebih bersih. Sebenarnya kita juga bisa berendam di kolam pemandian yang disediakan secara gratis, hanya saja disana terlalu ramai dan airnya sudah tidak bersih lagi.

Sekian catatan saya tentang kegiatan latihan trail running kami di Galunggung. Dan jika tidak ada halangan apapun, kami akan menjadikan track gunung Papandayan sebagai tempat untuk latihan trail running kami selanjutnya. Untuk kawan-kawan yang ingin bergabung dengan kami, silahkan bergabung di Group Facebook Running Loka, kami akan sangat senang jika kawan-kawan bergabung dengan kami. 

Terima kasih & Keep Running!!!

4 comments:

  1. pakansi yang menyehatkan sekaligus menyenangkan plus penuh dengan tantangan trail running galunggungnya itu mah kang...pulangnya mampir kecilembu atuh lah yah

    ReplyDelete
  2. seru banget nih kayaknya acara ini mas.
    jadi kepengen,kapan ya saya bisa ngikutin acara kayak itu

    ReplyDelete