Cara Edit Huruf dengan Efek Kaca Transparan (Sweet Glass Typography)

Dalam tultorial Photoshop kali ini saya akan coba menguraikan langkah-langkah cara edit huruf dengan efek kaca transparan atau Glass Typography.  

Mari kita mulai!

1. Pertama buatlah Dokumen baru untuk background dengan ukuran 1000x1000 pixel dengan Mode RGB Color dan Resolusi 72dpi. Lalu kita fill sebuah gambar backgound, ini bersifat opsional, tinggal sesuaikan dengan selera kamu, disini saya menggunakan gambar papan kayu. 
[Click to Enlarge]

2. Sekarang kita masukan font, ini juga bersifat opsional. Saya menggunakan font jenis Cooper Std dengan ukuran 600pt. Bagi yang belum punya font jenis ini, bisa kamu download disini.
[Click to Enlarge]

3. Sekarang kita mulai masuk setting Layer Style. Set 'Fill Opacity' menjadi 0%. Ini akan membuat font yang kita masukan tadi menjadi tidak tampak. Silahkan lihat pada gambar. 
[Click to Enlarge]

4. Pilih bagian 'Drop Shadow', lalu masukan setting berikut: Blend Mode: Multiply (Kode Warna: #000000), Opacity: 75%, Angle: 42, Distance: 5%, Spread: 0%, Size: 9%, Contour: Linear, Noise: 0%.
[Click to Enlarge]

5. Pada 'Inner Shadow': Blend Mode: Multiply (Kode Warna: #58fff1), Opacity: 72%, Angle: 120, Distance: 23px, Choke: 0%, Size: 76px, Contour: Cone, Noise: 0%. 
[Click to Enlarge]

6. Selanjutnya kita masuk setting 'Inner Glow' dengan parameter: Blend Mode: Screen, Opacity: 75%, Noise: 0%, Choke: 0%, Size: 5px, Contour: Linear, Jitter: 0%.
[Click to Enlarge]

7. Untuk setting Bevel and Emboss: Style: Inner Bevel, Technique: Smooth, Depth: 550%, Size: 5px, Soften: 0%, Angle: 120, Altitude: 30, Gloss Contour: Ring, Hightlight Mode: Normal, Opacity: 75%, Shadow Mode: Normal, Opacity: 19%.
[Click to Enlarge]

8. Terakhir kita beri setting parameter pada 'Satin': Blend Mode: Multyply (Kode Warna: #ffffff), Opacity: 91%, Angle: 41, Distance: 5px, Size: 2px, Contour: Ring. 
[Click to Enlarge]

9. Agar tampak lebih manis, buatlah beberapa font dengan berbeda warna. Caranya dengan klik kanan pada thumbnail layer font yang tadi kita edit lalu pilih 'Duplicate Layer'. Ubah font sesuai kehendak kamu, misalkan saya disini membuat kata 'TYPO'. Untuk mengubah warna, masuklah pada bagian 'Inner Shadow', klik thumbnail warna pada bagian 'Multyply' dan sesuaikan deh warnanya sesuai selera kamu. 
[Click to Enlarge]

Gampang banget, kan? Nah untuk hasil editan kita barusan, bisa dilihat pada gambar paling atas postingan ini. Terima kasih. 

Baca Juga: Cara Membuat Metal Typography (Metallic Typography) Pada Photoshop

17 komentar:

  1. keren banget ya kalo sudah jadi mas,
    sekarang cuman nyimak aja dulu mas tutor nya, lagian aplikasi photoshop aja nggak ada, jangankan aplikasinya, laptop aja lagi nggak dalam genggaman sekarang.. hehe

    BalasHapus
  2. oh iya, TYPO itu artinya apa mas ?
    bukannya sebutan bagi orang yang salah ngetik kata di sosmed ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu contoh saja, saya ambil dari kata typography. hehe

      Hapus
    2. kalo salah nembak bukan typo ya?

      Hapus
    3. Kalo salah nembak biasanya ditolak, itulah Jomblo, Mas.

      Puas...puasssss...???

      Hapus
  3. Balasan
    1. Betul, karena kalo kayak Katty Perry artinya salah.

      Hapus
  4. Mas Rudy jago Photoshop...
    Keren Mas... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mas. Sejak lahir saya emang udah keren kok.

      *siap-siap disambit mas Dedi*

      Hapus
  5. bagus ya bentuknya seperti mainan bayi yang buat di gigit itu perangsang gigi.

    jadi begini caranya biar efek kaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh... Mangadul sama dong sama saya, sama-sama tidak bisa... hehe :D

      Hapus
    2. Sama-sama tidak bisa dan sama-sama laki-laki...wah anda berdua banyak kesamaan ya? Jangan-jangan anda berdua jo...

      Hapus
  6. kayaknya aku harus instal potoshop deh..(telat)

    BalasHapus