Thursday, December 24, 2015

Resiko Buruk Duduk Lama Tetap Tinggi Walau Rutin Berlari

Rada kaget juga ketika menemukan sebuah jurnal yang membahas tentang resiko buruk yang diakibatkan kebiasaan duduk terlalu lama. Sebenarnya saya sudah tahu tentang hal itu, tapi yang mengejutkan saya adalah bahwa ternyata resiko buruk duduk terlalu lama tersebut tetap tinggi meskipun rutin melakukan olahraga lari. Betapa tidak, saya termasuk orang yang dalam bekerja selalu dalam posisi duduk hingga berjam-jam, dan sebelumnya saya berpikir dengan rutin berlari dapat mencegah dampak buruk tersebut.

Dalam jurnal tersebut disebutkan pada laporan yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine bulan Januari bahwa posisi duduk dalam waktu lama setiap hari dapat meningkatkan resiko penyakit Kanker, Jantung, Diabetes Tipe-II, dan penyakit Kardiovaskular. Kebiasaan duduk terlalu lama  dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 15-20% dan  Diabetes hingga 90%, dan statisktik tersebut diperoleh dari subjek yang memiliki pola hidup aktif dengan berolahraga sekitar 30 menit setiap harinya.

Nah jadi gimana, dong? Peneliti menyarankan walaupun kita memiliki pola hidup aktif dengan rutin berolahraga, kebiasaan duduk terlalu lama tetap harus dikurangi. Jika memang tidak bisa dihindari, misalnya karena alasan tuntutan pekerjaan, cobalah untuk menyempatkan berdiri selama 1-3 menit dalam jarak 30 menit sekali. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih.

Jika kita bekerja menggunakan Laptop, ini akan memberi keuntungan tersendiri, karena dalam beberapa saat dapat dipindahkan ke meja yang lebih tinggi, sehingga kita dapat berkerja dengan posisi berdiri, cara ini juga dapat membantu untuk mengurangi waktu duduk. Sekali lagi, carilah alasan untuk berdiri ditengah aktivitas duduk.

Logika sederhananya, jika orang yang rutin melakukan aktivitas lari saja tetap memiliki resiko tinggi terkena penyakit seperti yang disebutkan diatas,  apalagi mereka yang tidak berolahraga. Jadi, masih malas bergerak?

40 comments:

  1. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,
    sebenarnya setelah membaca judulnya saja sudah tidak mau membaca artikelnya, tapi tetap penasaran.. soalnya takut banget bacanya..
    kenapa coba ? selain sering duduk lama-lama, lari pun jarang banget...
    terima kasih banyak mas atas informasinya, semoga kedepannya saya bisa berubah.
    blog ini memang benar2 memotivasi saya untuk tetap rajin olahraga lari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, ayo mulai lari!!! Lari itu asik loh, suka banyak yang bening-bening juga disana, Aqua botol misalnya.

      Delete
    2. pas banget nih, apalagi kos-kosan saya deket banget dengan Pantai Perupuk Padang.. wiewiew.. aqua botol berbody gitar Spanyol..

      Delete
    3. Aiihsyedap...awas ya kalo bo'ong mau mulai larinyah.

      Delete
    4. saya mau star besok pagi, kalo inget tapih

      Delete
  2. lagi asyik baca, ternyata ada yang baru nih, hijau-hijau putih gitu..
    mantap dan sangat minimalis, sama dengan blog saya yang juga lumayan simple.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, disesuaikan dengan kepribadian saya lah yang simpel, saking simpelnya, kadang saya malas mandi. *eeh

      Delete
    2. begitu juga buat mangsa calon ibu negaranya ya mas ? #oops..

      Delete
    3. kebayang gak sih lari bareng si dia, saya sih dah pernah,
      dahulu kala juga sih >.<

      Delete
  3. Ada saya punya teman sopir, katanya akibat sering duduk badannya ada yang tidak beres, tapi apa saya tidak tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Makanya olahraga dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalisir dampak buruk dari duduk terlalu lama. Yuk mulai. :)

      Delete
    2. wah takut juga ya mas, saya juga sering duduk lama juga didepan kompi ini wah semoga aja ga kenapa mas :(

      Delete
    3. Iya, sering-sering stretcing aja. Mas.

      Delete
  4. Tiap per 20 menit duduk aku stretching, begitu juga kalau perjalanan jauh diusahakan berhenti dulu di rest area. Mudah-mudahan membantu, soalnya kalau lari gak bisa, ---kecuali ada yang gendong, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu pasti sangat membantu, gimanapun juga tindakan pencegahan harus dilakukan ya?.

      Wah padahal kalo Indi suka olahraga lari, pasti bisa menarik minat orang untuk ikut berlari, terutama cowok-cowok, Indi kan kece. Hehe

      Delete
  5. aku malah jarang duduk..eh..hahahaha. karena aku anaknya hiperaktif..jadi ngga tahan duduk lama

    ReplyDelete
  6. jadi 30 menit sekali harus berdiri ya kang?saya juga mau sambil berdiri ah biar ga terkena penyakit tersebut :D
    apalagi saya kang yang sudah jarang banget olahragaa kan?yang sering olahraga aja bisa terkena.hadeuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling enak sih setelah duduk trus miring lalu nungging

      Delete
    2. Jangan bilang nungging, Mas, saya suka ngilu.

      Delete
  7. duduk terlalu lama itu acuannya berapa jam ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dari dua jam udah termasuk bahaya. Menurut dibawah saya gimana?

      Delete
  8. saya sih juga termasuk salah satu orang yg sering duduk lomas,hadeuh harus segera dikurangi nih untuk menghindari masalah yg timbul

    ReplyDelete
  9. saya sering duduk lama juga mas, paling kalo udah pegel keluar ke warkop sebelah, terus sambil menikmati ngopi, habis tuh balik lagi ke kompi gituh mas, moga aman saja toh mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kita sudah berusaha melakukan pencegahan :)

      Delete
  10. wah nakutin banget resikonya banyak duduk
    aku males olah raga pula hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sehat selalu ya, Mbak. :)

      Delete
  11. Waduhh,,,mulai dari sekarang harus banyak gerak nich...

    ReplyDelete