Thursday, December 26, 2019

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Membuka Bisnis atau Usaha?

Dalam memulai sebuah bisnis atau usaha, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Namun, sebelum mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis, betapa baiknya kita mengetahui pertanyaan-pertanyaan paling mendasar yang harus dijawab. 



1. PRODUK 
  • APA FEATUR DARI PRODUK KITA? Semisal kita akan membuka usaha jualan Soto, kita menggunakan bahan-bahan alami tanpa penyedap rasa buatan dalam pembuatan Soto kita. Varian rasa dari Soto juga termasuk disnin, misal kita tidak hanya menyediakan Soto yang menggunakan daging ayam, tapi juga menyediakan Soto dengan daging ikan Gurami, Soto Jamur dan lainnya, tentu harus inovatif dalam meraciknya. Disini juga harus ada Added Value atau nilai tambah untuk produk kita, misal kita menyediakan colokan untuk charger HP atau menyediakan WiFi gratis. 
  • APA BENEFIT DARI PRODUK KITA? Memahami manfaat yang akan didapat oleh konsumen ketika mereka memakai atau mengkonsumsi produk kita. Misalkan, karena konsumen mengkonsumsi Soto kita yang dibuat dari bahan alami tanpa penyedap rasa buatan, konsumen dapat memenuhi kebutuhan makan sekaligus tak perlu kehabisan baterai HP atau kehilangan koneksi internet ketika melakukan aktivitas makan. 
  • APA EXPERIENCE DARI PRODUK KITA? Tentu saja ini lebih ke manfaat jangka panjang, karena kedai kita menyediakan Soto yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami tanpa penyedap rasa buatan, maka mereka dapat berinvestasi kesehatan dengan memakan makanan yang lebih sehat. 
2. TARGET PASAR (MARKET)
  • APA PROBLEM DARI TARGET PASAR KITA? Misal, jaman sekarang orang-orang kesulitan menemukan tempat makan non-cafe yang menyediakan makanan sehat yang juga menyediakan kebutuhan eksistensi mereka, seperti akses untuk mendapatkan tempat untuk menambah daya gadget mereka dan akses internet yang mudah dan gratis. 
  • APA KEBUTUHAN TARGET PASAR KITA? Misal, banyak orang yang membutuhkan makanan yang enak namun sehat, karena jaman sekarang banyak sekali makanan sehat yang dibuat dengan bahan dan cara yang tidak sehat. 
  • APA KEINGINAN MEREKA? Tentu saja jaman sekarang orang-orang tak bisa lepas dari gadget dan internet, dan sudah pasti mereka menginginkan kebutuhan mereka akan hal itu juga bisa terpenuhi  secara cuma-cuma ketika mereka sedang makan di luar rumah. 
3. TEMPAT 
  • POSISI. Mengenai posisi atau letak dari tempat usaha memang menentukan, namun bukan segalanya, karena banyak contoh lokasi tempat usaha yang dinilai tidak strategis namun dapat menarik banyak customer. Yang pasti harus memiliki akses jalan dan petunjuk arah yang mudah. 
  • DESAIN / TATA LETAK. Desain atau tata letak sangat penting, susunlah sesederhana mungkin dan seaman mungkin, dan sesuaikan dengan konsep Flow Order (cara order) yang akan akan dipilih.
Itulah beberapa hal paling mendasar yang harus diperhatikan ketika akan memulai usaha atau bisnis. Setelah ini semua terjawab, maka akan diteruskan pada persiapan penyusunana manajemen, sumber daya manusia dan lainnya.. 







No comments:

Post a Comment