Minggu, 26 Agustus 2012

Kinetic Typography

Bisa dikatakan, ini adalah sambungan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul ‘Typography’, dan kali ini saya ingin berbagi tentang ‘Kinetic Typography’. Sudah pernah dengar kan istilah ini?, atau mungkin sobat adalah salah satu penggemar atau bahkan disainer Kynetic Typography?, jika memang begitu anggap saja tulisan saya ini adalah pengingat untuk sobat semua.

Kinetic Typography merupakan teknik animasi gerak dengan susunan huruf / teks sebagai elemen utamanya, yang dipadukan dengan berbagai animasi dan efek pendukung  lainnya. Animasi ini di-disain sedemikian rupa sebagai media penyampaian pesan secara audio visual. 

Sama seperti seni Typography, Kinetic Typography juga biasa digunakan dalam dunia advertisement, video klip lagu, per-filman, dan media audio-visual lainnya. Sejarahnya sendiri berawal pada awal tahun 1899 dengan munculnya teks bergerak atau ‘surat animasi’ sederhana pada iklan karya Melies George. Dan Typography yang benar-benar kinetis untuk pertama kali muncul pada teks pembukaan judul film (Opening Credit/title sequence) seri Alfred Hitchcock yaitu ”North by Northwest” dan “Psycho”. Opening credit pada film tersebut adalah hasil karya Saul Bass yang merupakan seorang disainer grafis dan Film Maker.

Berdasarkan pola gerak dan perubahan bentuknya, Kinetic Typography terbagi menjadi dua jenis yaitu Type In Motion dan Fluid Typography. Type In Motion merupakan teks yang bergerak tanpa ada perubahan pada bentuk/struktur asli jenis huruf yang digunakan. Type In Motion pun terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu Scrolling Typography yang merupakan elemen teks yang bergerak atau berpindah ke segala arah, namun tetap dalam satu kesatuan utuh dan dengan jarak yang tetap satu sama lain. Sedangkan elemen teks yang bergerak secara independen disebut Dynamic Layout.

Dan jenis Kinetic Typograpy yang kedua disebut Fluid Typography, yaitu jika betuk font/huruf berubah dari waktu ke waktu tanpa harus bergerak. Dalam hal ini huruf dapat bermutasi, bersifat ‘cair’ dan senantiasa membentuk identitas baru.

Itulah sekilas tentang Kinetic Typography, dan jika ada penjelasan tambahan dari sobat semua, silahkan untuk menuliskannya pada kolom komentar, agar kita bisa saling melengkapi informasi. Dan inilah beberapa contoh Kinetic Tipography karya Top Grafis Disainer. Kalau sobat ada waktu luang silahkan simak ya, selamat menikmati :)

1. Jonathan Coulton "Shop Vac"


2. Inglourious Basterds Kinetic Typography


3. Price Turns In The Market


4. Max Miedinger - Typography Assignment


5. Intelligent Design


Gimana, keren-keren kan?. Sepertinya segitu saja dulu ya posting saya kali ini, terima kasih sudah menyimak :). Salam.