Jumat, 10 Agustus 2012

Typography


Typography...pastinya sudah sering dong mendengar istilah yang satu ini, apalagi bagi para Desainer Grafis, ini bakal jadi ‘cemilan’ sehari-hari. 

Typography (Tipografi) berasal dari kata “Typos” yang artinya Bentuk, dan “Graphe” yang artinya Menulis. Jadi Typography merupakan ilmu memilih dan menyusun huruf untuk mendapatkan kesan tertentu, sehingga pembaca dapat dengan nyaman membaca dan memahami isi atau pesan yang akan disampaikan.

Adapun Seni Typography  yaitu karya disain yang menjadikan huruf sebagai elemen utama. Untuk mempertegas penyampaian pesan didalamnya dan untuk mendapatkan suasana tertentu, dalam seni Typography biasa dimasukan unsur-unsur lain diluar susunan huruf (typeset) seperti ilustrasi, efek, warna, background, dan tata letak yang sangat sangat ‘flexibel’.

Saya sendiri sudah lama tertarik dengan Tyipography ini, karena selain nilai kreatifitan dan nilai seni nya yang sangat tinggi, Typography juga merupaka media yang sangat menarik untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada pihak lain. 

Jarang kita sadari jika dalam kehidupan sehari-hari saja kita sudah dikelilingi oleh seni Typography. Coba deh perhatikan barang-barang yang ada di meja kerja anda, seperti Monitor, mouse, keyboard, printer, bahkan dalam bungkus kacang telor saja terdapat seni Typography. Ya, dalam dunia Advertisement, seni typography merupakan hal yang wajib.

Ini dia beberapa karya Typography karya Top Disainer yang menurut saya kerennya diatas rata-rata :D (Klik pada gambar untuk melihat lebih jelas)

1. demen1.deviantart.com

2. fumou.deviantart.com

3. Fabiano Hikaru


4. John Portraitas


5. By Guillhermes


6. deviantart.com

7. AilesdeMort


8. Gwenbarrow


9. ahmedgalal.deviantart.com

10. iunewind.com

------------------------------------------

Dan coba bandingkan dengan Typography karya saya:

1. Elegant.

2. Ndaa's Typo

3.  FB Cover 'The Green'

4. Simple Red_Black

5. FB Cover " Simple Different"

Nah jauh berbeda kan?, maklum saja masih dalam tahap belajar. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya share, tapi segitu saja dulu, Insya Allah di lain waktu saya akan membaginya kembali.

Terima kasih.