Senin, 20 Agustus 2012

"Wkwkwk"


Ini hanya tentang uneg-uneg saya soal kata “Wkwkwk...”. Sampai sekarang saya masih sering menemukan kata itu di dunia maya, dan sampai sekarang saya juga masih bingung bagaimana cara melisankan kata itu. “Wek wek wek” kah?, “Wak wak wak” kah?, atau...”We ka we ka we ka” gitu?, ah sepertinya itu terserah persepsi masing-masing ya? Padahal dulu saya juga pernah menggunakannya (itu karena faktor ikut-ikutan aja sih hehe...).

Saya yakin sobat-sobat sudah banyak yang pernah membaca artikel soal kata yang satu ini, tapi saya malah baru kepikiran untuk mencari tahu, haduh...saya memang selalu ketinggalan. Lalu saya iseng untuk search di Google, dan saya menemukan satu artikel yang cukup menggelikan tapi juga cukup informatif, yang berjudul “Arti Wkwkwk’ Dari Sudut Pandang Sains”. 

Dari sana saya mulai mendapat informasi. Ternyata kata “Wkwkwk” itu termasuk pada golongan Onomatopoeia. Onomatopoeia sendiri adalah suatu kata yang diciptakan/digunakan untuk meniru sebuah suara tertentu. Semacam “Boom” untuk suara ledakan bom, “Dag dig dug” untuk menggambarkan suara jantung, “Bang!” suara pistol (inggris), atau “Knock-knock” untuk suara ketukan pintu (inggris) dan masih banyak lagi. 

Kata “Wkwkwk” biasa digunakan oleh banyak orang Indonesia, entah siapa yang pertama kali menciptakan/ mempergunakan kata ini, yang pasti di Indonesia kata ini digunakan untuk menggambarkan ekspresi atau suara tertawa saat berinteraksi di dunia maya.  Tapi rupanya terdapat pemahaman berbeda tentang kata ini, khususnya untuk masyarakat diluar Indonesia. Ini contohnya:

"Wkwkwk"
&

"Wkwkwk"

Jadi, terserah deh mau mengartikannya seperti apa.

Dan ternyata bukan di Indonesia saja yang memiliki “Onomatopoeia tertawa”, di negara lain juga ada lho kata-kata yang artinya kira-kira serupa dengan kata “Wkwkwk” di Indonesia. Simak ya, karena ini yang menurut saya paling absurd :D

1. Puerto rico = “jajajajaja“
2. Brazil = “kkkkkkkkk“
3. Thailand = “55555555“
4. Canada = “wukaywukaywukay“
5. Jepang = “wwwwwwwww“
6. Malaysia = “Kahkahkahkah“

Mungkin di negara-negara lain masih ada kata-kata serupa yang lebih absurd, tapi sayang saya hanya dapat 6 contoh saja. Nah mungkin sobat punya “Onomatopoeia tertawa” versi sobat sendiri?, hmmm...kira kira gimana coba? :D


Sumber:
http://fimadani.com/
http://www.examples-of-onomatopoeia.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Onomatopoeia/
http://www.masinosinaga.com/
http://library.thinkquest.org/
http://artikata.com/
http://wiki.answers.com/
http://answers.yahoo.com/
http://www.kaskus.co.id/