Kita masih bisa berteman kan?


Terus terang, aku ini termasuk orang yang sulit untuk akrab dengan orang yang baru aku kenal. Aku akan memilih diam dibanding membuka topik pembicaraan, apalagi ketika aku merasa tidak sreg dengan lawan bicaraku, maka kata-kata yang keluar dari mulutku pun hanya akan seperlunya saja. Bukan karena congkak, jutek atau sombong, tapi aku ini memang orangnya minderan, seringkali tidak percaya diri, makanya aku cenderung membuat gaya dan penampilanku menjadi ‘berantakan’, biar ancur deh sekalian.  

Tapi ketika aku menemukan orang yang menurutku terasa enak dan nyambung saat diajak bicara, aku bisa langsung menjadi pihak yang mendominasi percakapan. Setelah itu aku tidak akan merasa sedang berbicara dengan orang asing, apalagi kalau becandaan kami nyambung, biasanya komunikasi kamipun akan terus berlanjut. 

Begitupun di dunia online seperti ini, disini aku menemukan beberapa teman yang bisa diajak ngobrol ngalor-ngidul gak karuan karena  sudah merasakan kedekatan dalam berteman. Salah seorang teman ku itu adalah Dayat. Dia berasal dari Pekalongan, sedangkan waktu itu aku masih tinggal di Bandung. Dayat adalah teman dari pacarku waktu itu. 

Interaksi pertama kami adalah saat saling lempar komentar pada salah satu status FB pacarku itu. Emang dasar otaknya dia sama jeprut-nya dengan otakku, obrolan pertama kami saja sudah membahas tentang Koteka, parahnya pacarku juga ikut nimbrung disana, untung saja otak pacarku juga kurang satu strip, jadinya obrolan kamipun aman terkendali, walaupun komentar terakhir pacarku cukup kontroversial, yaitu “Kalo Akang pakai Koteka, kira-kira menggunakan ukuran berapa ya?!”. Emang helm pake ukuran segala!!!.

Setelah itu kami jadi sering berinteraksi, baik membahas hal yang tidak karuan sampai membahas tentang hal-hal serius yang bisa bikin ruwet pikiran, walaupun ujung-ujungnya pasti jadi curhat-curhatan. Nah, berhubung akun facebook lamaku aku hapus, kamipun numpang berisik di twitter.

Sampai sekarang kami masih sering berhubungan untuk sekedar berbagi cerita, tapi kini lebih sering lewat SMS, karena entah kenapa kok jadi agak risih bila bercakap-cakap di media sosial, lebih enak langsung menggunakan SMS, karena privasi bisa lebih terjaga. 

Aku belum pernah bertemu secara langsung sama si culun ini (panggilanku untuk Dayat), bahkan bentuk wajahnya saja aku belum tahu secara pasti, kami memang sama-sama tidak terlalu suka mengumbar kegantengan di dunia maya, bukan apa-apa, kami hanya sadar pasti akan banyak yang jauuuh lebih ganteng daripada kami, jadi ya sudahlah, biar gambar jelas kami cukup tertempel pada KTP dan dokumen-dokumen penting tertentu saja.

Begitulah caraku dalam menjaga hubungan pertemanan dengan kawan mayaku, aku selalu berusaha menyamarkan jarak yang memang sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pertemanan maya ini. Mungkin untuk sebagian orang, pertemanan di dunia maya ini hanya sebatas pelampiasan kejenuhan dari dunia nyata, tapi bagiku pertemanan itu tanpa batas, artinya baik itu teman di dunia maya ataupun teman di dunia nyata, bagiku keduanya mempunyai nilai yang sama, perbedaannya terletak pada bagaiamana cara kita merawatnya. 

Dalam kesempatan ini juga aku ingin  memohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini ada pihak-pihak yang kurang berkenan atas caraku ini, aku mengerti setiap pribadi mempunyai pemikiran tersendiri dalam menyikapi satu hal, dan itu sangat manusiawi. Tapi terlepas dari semua itu...kita masih bisa berteman kan? 

101 komentar:

  1. Kalau aku, cenderung sepertimu. Agak 'introvert'' jika bertemu dengan orang baru.
    Tapi kalau sudah terlampau dekat (seperti kita), terkadang aku bisa jadi over ekstrovert. Haha :D


    Ahh iya mas. Kita kan masih dalam satu anggota KPK. Komisi Perata Kegantengan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebentar.. sebentar.. ngomong-ngomong ada apa nih kok tiba-tiba mas rudy bikin postingan kyk gini?
      ada apa? what's happen? ('.' )a

      Hapus
    2. the happen is given, mengalir.

      Hapus
    3. Untuk 'the Komplotan' ala Mas Rudy yang kusebutkan di bawah ini ...

      Kang Asep Haryono (Suhu)
      Mas Zachronisampurno (Kakak Seperguruan)
      Kang Arez Casev
      Mas Budi Purnomo
      Mas Eko "Rawins"
      Mas Reo Adam
      Mbak Ay Sagira
      Mbak Ririe Khayan
      Cak Budy Shinichi


      Jangan pernah hengkang dari KPK yaa. Kalianlah pemotivasiku berblogging :)

      Hapus
    4. @ indra senpai : insyaallah aku tidak akan memutuskan jalinan silaturohmi diantara kita. para senpai (yg tertulis diatas) juga teman2 blogger lainnya adalah penyemangat kehidupan ber-bloging-ku...

      YOOOOOSSSHHH !! SEMANGAT !!

      Hapus
    5. Alhamdulillah saya kesebut juga jadi anggota KPK..kamsia.. kamsia (terimakasih-red) tapi saya lebih suka mengeksplor wajah saya di bandingkan wajah orang lain.. bukan dikarenakan saya merasasa ganteng,, tapi sangat ganteng.. hahahah gak lah. saya hanya termasuk jaajran orang paling "NARSIS" sejagat raya.., meskipun wajah pas-pasan pengennya eksiiis mulu.. hahah

      #curhat

      Ngomong-ngomong tentang orang baru nih kang rudy, saya lebih suka membuka pembicaraan tapi saya lebih banyak bertanya, sekedar ingin tau orang baru ini gaya bicara sepeerti apa.., maksudnya dia orang yang melankolis, sanguinis, ataupun yang lainnya (saya juga gak ngerti saya ngomong apa..:D) dan tujuan saya jelas saya tidak ingin menyinggung perasaan siapapun termasuk teman-teman di blog ini.. terimakasih kalian juga penyemangat saya untuk terus ngeblog.. yang notabene nya saya baru di dunia blog..

      Maaf juga kalo ada salah-salah kata buat semua temen ngeblog semua..
      lup u pull..

      #kecup

      Hapus
    6. @ mas arez : tolong diperjelas lagi itu kecup-nya utk siapa... biar gak ada yg rebutan gitu lho wuahahahahaha

      Hapus
    7. Semua kebagian kok mas Budy..

      #tersipu malu..

      Hapus
    8. Kang Arez : Iya sih kang, tapi sampai sekarang Rudy masih bingung sebenarnya Rudy termasuk pada tipe kepribadian yang mana, karena dalam diriku ada sifat moody yang merupakan sifat Sanguinis, terlalu pertimbangan seperti Melankolis, terkadang egoku tinggi seperti Kholeris, dan kadang memilih diam saja seperti Phlegmatis.

      Tapi yang pasti semoga persahabatan kita tetap ada pada satu ikatan yang solid, walaupun perbedaan selalu mewarnainya.

      Hapus
    9. Cak Budy : Tuh kan Cak, semua kebagian...Kang Ares memang "Omnivora" kok haha...

      #kabuuuur

      Hapus
    10. Aaaaaa.. kang Rudy ini suka buka kartu.. hahahah

      #Ngejar kang Rudy sambil pegang sapu lidi di angkat ke atas..

      ..Tunggu..!!!

      Hapus
    11. Haha...kayak emak-emak ajah nih ci Akang!

      Hapus
    12. Hiehiheiheiee KPK memang menjadi tren setter kayaknya nih. Ini keren keren dari ajang ginian gila gilaan bisa menjadi komunitas yang namanya juga unik dan lebih unik lagi singkatan KPK itu sendiri. hiehiheiheie. Keren sekali KPK kita ini. Kerrennnnnnnnnnnn

      Hapus
    13. aku jadi adek kelas aja deh biar disayang...

      Hapus
  2. kunjungan mlm genk. iya genk kita masih bisa berteman hahahah...?

    BalasHapus
  3. hoho.... ada KPK di sini,, Komisi Perata Kegantengan atau Komisi Perusak Ketenangan... qkqkqk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komisi Penikmat Kegalauan Teh hihihi...

      Hapus
    2. Komisi Pemberantasan Korupsi, hihi

      Hapus
    3. Komisi Penggemar Kangasep, hihihi

      Hapus
    4. Komisi Pecinta Kaka Sun, hihi

      Hapus
    5. Okey kang...boleh kita bersaing hihi...

      Hapus
    6. Wah banyak sekali definisi KPK. Memang keren KPK bisa jadi kepanjangan apa saja. Bagi saya KPK = Komisi Pecinta Kuliner

      Hapus
    7. Kelompok Palanya Koclak...

      Hapus
  4. kunjungan pagi kang , ,akangnya paling bisa buat cerita beginian , ,:D

    BalasHapus
  5. Wah seru tu sob.. Kebetulan saya juga lagi galau sob.

    Ikutam nimbrung donk, biar galau saya terberantas..hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga lagi galau nih mas Rudy ... hehehehehe


      #celingak celinguk,
      takut ada Mbak Ocha Rhoshandha biasanya selalu negur kalau ketahuan galau lagi :p

      Hapus
  6. ketangkep pesannya.
    pertemanan di dunia online, biarlah mengalir dengan segenap karakteristik khasnya. jika itu disimpangi, ada deviasi, bukan mustahil, malah nanti kesan yang sudah established tercipta dalam diskusi di dunia maya, menjadi hilang hakikatnya bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasanya tinggi kang zachroni ... Sangat pantas beliau menjadi kakak seperguruan kita

      Hapus
    2. maaf, kang zach. bahasanya terlalu intelek. yang baca otaknya harus pentium i7 sedangkan saya masih pentium 3. mohon dijelaskan lg dengan kata2 yg saya mengerti ^_^

      Hapus
    3. Memang demikian Mas, terus terang aku adalah tipe orang yang akan denga mudah mencerna suatu permasalahan yang didiskusikan yang dikemas secara ringan dan fleksibel. Walaupun aku terkesan ngawur, tapi aku bisa mengambil point permasalahan dari respons kawan diskusi. Dan akhirnya, dari semua fenomena yang terjadi pada kawan-kawan blogger terdekatku, aku jadi mengerti beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berinteraksi di dunia online ini.

      Hapus
    4. jadi sekiranya apa hal-hal tersebut apa aja, mas rudy?
      #serius mode#

      Hapus
    5. Terlalu vulgar bila diungkapkan Cak, soalnya berpotensi menimbulkan konflik seperti yang telah terjadi beberapa waktu yang lalu.

      Hapus
    6. ooooohh.. paham.

      #pura-pura ngerti

      Hapus
    7. Inilah salah satu manfaatnya menikmati Jus Lele dan Makan Bubur dari wadah Panci mempunyai dampak luar biasa.

      Hapus
    8. merendahkan diri...

      ninggiin mutu...

      Hapus
  7. Iya ko' mas Rudy, kita masih tetap berteman :D hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh hanya berteman?


      hmm ..

      (dari dalam hati : yes yes yeeeesssssss) :D
      #usaha

      Hapus
    2. Suhu, para suhenk mulai gelisah lagi. butuh komando nih..

      Hapus
    3. Mbak Nina ... kalau dirimu hanya menganggap Mas Rudy sebagai temanmu saja, anggaplah aku juga sebagai temanmu.

      tetapi teman yang akan menjadikanmu sebagai calon istriku...


      #usaha

      Hapus
    4. Ngerriiii...sudah menyinggung soal calon istriii...

      Hapus
    5. aq ga mau nyinggung calon istri lah....^-^
      panci mana panci.....:D

      Hapus
    6. Haha...pancinya sudah digadaikan tuh Mas :D

      Hapus
    7. Cuma temen ya mbak Nina.. hihiihi

      Keep spirit atuh kang.. :D

      Hapus
    8. Hihi...Orang Bandung masih menunggu kok Kang. :D

      Hapus
    9. Seperti kata Ratu "Teman Tapi Mesra".
      Nda Kaya Panci sama BUBUR teman tapi berantem mulu

      Hapus
    10. kapan leih dari sekedar teman..?

      Hapus
  8. aku juga ga suka mamerin kecantikanku tapi kadang bosen pengen pamer dikit ah... percuma punya muka cakep ga dipamerin #apasih #inilebai #abaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hashtag Annesya cantik ...


      #usaha

      Hapus
    2. eh tapi aku "hashtag" usahanya aku tujuan ke Mbak Nina aja deh yaa... hehehe :D


      #ini bukan usaha

      Hapus
    3. Usaha boleh dimana saja dan pada siapa saja kok...santai saja mas hihi...

      Hapus
    4. siapa saja dimana saja kapan saja........... Bubur

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar ini juga telah dihapus penulis ^_^b

      Hapus
    2. komentar ini sekali lagi dihapus oleh penulis lho...

      Hapus
    3. gak jadi juga ah komentnya..

      Hapus
    4. menunda isi komen karena dihapus

      Hapus
    5. wah ga jadi mau
      cantiknya udah dihapus...

      Hapus
    6. lagi-lagi komentar ini sudah dihapus oleh penulis

      Hapus
  10. Balasan
    1. Okok Teteh ku...hatur nuhun anu kasuhuun hehe...

      Hapus
    2. tapi awas yah kalo macem macem...

      Hapus
  11. haha kang rudy? gak tau mau komen apa la..

    tapi kalau helm? itu helmet kan? topi untuk motor?
    disini pakai ukuran..haha ada size 60

    BalasHapus
  12. mav mas Rud....seperti ini nih resikonya bw pke ponsel... pengen nulis komebt hrs bergelut sama jaringan yg lola bgt...tapi tetep semangat...sih sy trus berjuang dg kesabaran...hehe :)

    hrs bisa sampe...disini....sepanjang tower operator nya blm rubuh...wkwk :D

    BalasHapus
  13. akhirnya ngaku juga kalo setripna kurang...

    BalasHapus