Minggu, 16 Desember 2012

Edit Foto Dengan Efek Typography

Karena banyaknya pertanyaan dan permintaan tutorial dari kawan-kawan tentang cara membuat typography pada Label Cinderamata beberapa waktu lalu, maka aku memberanikan diri untuk posting Tutorial tentang ini. Teknik yang aku pergunakan ini merupakan teknik dasar yang tidak terlalu rumit, dan teknik ini bisa dipraktekkan pada Photoshop CS  semua seri. Untuk menyelesaikan Projek ini aku berkerja menggunakan Photoshop CS5.

Mari kita mulai!

1. Langkah pertama, siapkan file/foto yang akan diedit dengan cara pilih 'File-Open'. Agar proses pengeditan tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu yang terlalu lama, maka pilihlah foto dengan kontras yang cukup baik sehingga akan menghasilkan garis edit yang tegas. 


2. Untuk mendapatkan contrast antara  gelap dan terang yang lebih tegas, maka aturlah setting level dengan cara pilih 'Image – Adjustments – Levels', atau tekan 'Ctrl+L' pada keyboard, lalu aturlah sampai mendapatkan detail yang sesuai.


3. Ketiklah sebuah tulisan yang menutupi seluruh bagian objek foto dengan menggunakan ukuran font yang tidak terlalu besar dan menggunakan jarak spasi yang cukup sempit agar detail objek/foto akan tetap terlihat.


4. Setelah itu, sembunyikanlah layer tulisan dengan cara klik tanda mata pada sisi kiri layer.


5. Seleksi kontras foto dengan cara pilih 'Select – Color Range' lalu pilih 'Shadow' lalu 'OK'. 


6. Maka kita akan mendapatkan hasil seleksi seperti gambar dibawah.


7. Pilih 'Layer – New – Layer Via Copy' atau tekan 'Ctrl+J' untuk meng-copy layer hasil seleksi. Dan bila Foto yang digunakan merupakan foto berwarna, maka setelah meng-copy layer seleksi pilihlah 'Image – Adjustments – Desaturate', atau tekan 'Ctrl+Shift+U' untuk mendapatkan foto/layer hitam putih.


8. Tampilkan kembali Layer Tulisan sebagai masking dengan cara klik kembali tanda mata pada sisi Layer, tekan dan tahan tombol 'Ctrl' lalu klik pada 'Thumbnail Layer' seleksi Foto. 


9. Pilih Layer tulisan, tekan dan tahan tombol 'Alt' lalu Klik tombol 'Thumbnail Add Layer Mask' pada 'Palet Layer'. Kemudian 'Invert Layer' dengan cara pilih ‘Image – Adjustments – Invert’, atau tekan ‘Ctrl+I’ pada keyboard.


10. Setelah itu sembunyikanlah ‘Layer Background’ dan ‘Layer 1’ sehingga Layer aktif yang tersisa hanyalah Layer Tulisan yang sudah di-invert tadi. Dan hasilnya akan seperti gambar yang tampak dibawah ini.


11. Buatlah layer baru sebagai background dengan warna dasar yang dikehendaki, posisikanlah Layer ini tepat diatas 'Layer backgraoud' foto. Tapi jika layer ini disimpan diatas ‘Layer Tulisan’, maka settinglah dengan ‘Blending Mode = Overlay’.


12. Dan untuk sentuhan terakhir, agar terlihat lebih menarik kita akan memberi warna pada typography, yaitu dengan menggunakan ‘Gradient Overlay’ dengan cara, Klik kanan pada ‘Layer Tulisan’, pilih ‘Blending Mode – Gradient Overlay’, lalu pilih settingan warna yang dikehendaki.


13. Dan inilah hasil Akhirnya. Untuk asil akhir yang lebih menarik, silahkan bereksperimen dengan kreatifitas masing-masing.


Aplikasikanlah Typography ini pada media yang anda kehendaki, contohnya pada T-shirt seperti dibawah ini.


Atau mungkin anda ingin tampil beda?, maka cobalah menggunakan media yang satu ini.

Spoiler :
Maka level keren dapur andapun akan melonjak secara drastis hihihi...

Terima Kasih.

Baca Juga: Cara Membuat Metal Typography (Metallic Typography) Pada Photoshop