Minggu, 03 Februari 2013

Cara Menanggulangi Shockwave Flash Crashes Pada Google Chrome

Niatnya sih waktu nge-net-ku di hari minggu ini cuma aku gunakan buat nangkring di Youtube. Tapi ternyata eh ternyata, taunya kolom video Youtube-nya malah menunjukkan gambar seperti ini. 

Gambar1

Terus aku coba menggunakan FireFox, eh ternyata videonya masih gak kebuka. Aku pikir, ah palingan flash player-nya minta di apdet. Tapi setelah flashplayer-nya aku oprek, kok hasilnya sama saja. Lantas aku tanyakan hal pada Abangku via Y!M. "Coba ajah install ulang Browser-nya!" jawabnya. Segera aku lakukan!.

Tapi...kampreeeeet...masih belom bener jugaaaa...!!!

#Mumet.

Selidik punya selidik, eh ternyata ada pesan yang bertuliskan sesuatu pada bar browser. Halah..teu katempo euy...

Gambar2

Tak ingin mengganggu Abang untuk yang kedua kalinya, aku tanya saja sama Kang Gugel dengan keyword "Shockwave Flash", dan akhirnya aku menemukan blog yang membahas masalah ini. Wah ternyata blog luar, brayy...

Baiklah, anggap saja sebagai dokumentasi pribadi, aku juga mencoba membahasnya disini. Untuk yang udah tau cara ini, jangan ngetawain ya, maklum saja aku memang boloho kalo soal beginian.

Pertama, tulislah "about:plugins" pada browser.

Gambar3

Maka browser akan memberikan tampilan seperti dibawah. Lalu perhatikan kolom "Adobe FlashPlayer (2files)" lalu klik tanda "(+)Detail" yang aku beri tanda panah.

Gambar4

Detail pun akan muncul seperti yang tampak pada gambar dibawah. Klik tulisan "Nonaktifkan" yang berwarna biru. Perlu diperhatikan!, kita tetap berkerja pada kolom "Adobe FlashPlayer (2files)", perhatikan pada gambar.

Gambar5

Dan bila tulisan "Nonaktifkan" tadu sudah berubah menjadi "Aktifkan", berabrti tugas kita sudah selesai. Coba deh anda buka Youtube, lalu play salah satu video disana. Dan jika usaha anda kali ini sukses, terserah deh mau ngapain juga, mukulin panci juga bukan ide yang buruk tuh...

Dan...jangan banyak tanya lagi yaa...karena aku taunya hanya sebatas itu aja hehe...

Terima kasih.