Jumat, 08 Januari 2016

Iliotibial Band Syndrome (ITBS)

Pernah dengar istilah Iliotibial Band Syndrome atau ITBS? Saya yakin sebagian dari teman-teman runners pasti pernah mendengarnya, karena ITBS merupakan salah satu jenis cedera yang sering dialami oleh pelari. ITBS biasanya terjadi ketika jaringan Iliotibial Band atau jaringan ikat serat otot tebal yang dimulai dari Iliac Crest (bagian paling menonjol pada tulang panggul) membentang pada bagian Lateral (luar paha) hingga Tibia (tulang kering) mengalami kondisi tegang dan meradang. 

Jaringan ikat Iliotibial yang menempel pada lutut berperan dalam mengkoordinasikan fungsi otot dan menstabilkan gerak sendi pada lutut. Jika Jaringan ikat Iliotibial ini tidak berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan rasa sakit pada lutut yang diakibatkan peradangan pada bagian lateral sendi lutut. 

Gejala 
Rasa sakit dan bengkak pada bagian lateral atau luar sendi lutut adalah gejala utamanya. Rasa sakit paling parah akan menyerang tumit saat berlari lalu menyebar dari bagian lutut hingga bagian pinggul. Cara paling mudah untuk mengetahui gejala ITBS ini adalah dengan cara menekuk lutut sekitar 45 derajat, jika kamu merasakan sakit pada bagian lateral atau luar sendi lutut, artinya kamu memang mengalami cedera ITBS.



Gambar: emedicinehealth[dot]com

Penyebab
Penggunaan sepatu yang tidak cocok dengan tipe kaki atau menggunakan sepatu yang sudah usah dapat menjadi penyebab ITBS. Selain itu litasan lari yang tergolong ekstrim atau terlalu sering berlari dengan jarak yang terlalu jauh juga dapat menjadi penyebab terjadinya ITBS pada pelari, baik pelari pemula atau pun pelari professional sekalipun. Iliotibial Band yang terletak didekat lutut memiliki struktur yang menyempit, sehingga ketika terjadi gesekan yang terlalu berat antara jaringan ikat dengan tulang, maka hal ini dapat menyebabkan peradangan. 

Upaya Pencegahan 
Saya kutip dari situs runnersworld[dot]com:

  • Yang paling penting adalah selalu turunkan jarak tempuh atau ambilah istirahat untuk beberapa hari ketika kamu mulai merasakan sakit pada bagian luar lutut. 
  • Sebagai pemanasan, berjalan lah beberapa ratus meter sebelum berlari 
  • Pastikan sol sepatu kamu masih dalam keadaan baik. Jika sol sepatu mulai tipis, segera ganti dengan yang baru. 
  • Berlarilah pada lintasan yang datar. Agar kamu bisa berlari dengan aman, pilihlah lintasan yang cenderung sepi dari lalu lintas dan memiliki tingkat visibilitas yang baik. 
  • Jangan berlari di lintasan dengan permukaan beton.
  • Ketika berlari di track, sesekali ubahlah arah lari kamu. 
  • Kunjungilah Podiatrist (dokter spesialis kaki) untuk mendapatkan evaluasi mengenai ITBS kamu dan untuk mengetahui apakah kamu memerlukan Orthotics atau alat untuk membantu memperbaiki kaki yang mengalami kelainan

Untuk upaya penyembuhan kamu bisa melakukannya dengan menggunakan metode Metode R.I.C.E yaitu Rest, Ice, Compression & Elevation. Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat pada postingan Cedera Lutut Saat Berlari (Patellofemoral Pain Syndrome). Selain itu peregangan dan pijatan bisa dimasukan pada program penyembuhan. Jika ITBS tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, kunjungilah professional di bidang pengobatan cedera olahraga, karena mungkin saja kamu membutuhkan suntikan Corsitone pada jaringan yang mengalami cedera untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Namun Cortisone memiliki resiko tersendiri, karena dapat melemahkan ligament dan tendon. Karena itu pertimbangkanlah menggunakan penyuntikan Cortisone sebagai pilihan solusi terakhir. 

Demikian ulasan saya tentang Iliotibial Band Syndrome atau ITBS. Tetap kenali proses larimu termasuk kemungkinan cedera yang akan kamu alami.