Senin, 15 Juni 2020

Cara Input atau Memasukkan Tabel dari Word pada Postingan Blog


Tabel merupakan hal penting dalam postingan blog, terutama postingan yang bersangkutan dengan data resmi yang sebelumnya dibuat pada dokumen Microsoft Word. Namun ternyata banyak yang mengalami kesulitan dengan cara memindahkan tabel tersebut ke postingan blog, jika secara langsung di-copy-paste, maka akan menimbulkan banyak masalah kedepannya, mulai dari tata aletak yang tidak rapi atau bisa saja akan dianggap plagiat oleh google. Maka dari itu cara terbaik adalah dengan meng-input kode HTML dari tabel tersebut. 


Baiklah, langsung saja pada langkah-langkahnya, ya! (Klik gambar untuk memperjelas


1. Siapkan file word dengan tabel yang akan dipindahkan ke blog.


 2. Sorot dan Copy tabel yang akan dipindahkan ke blog.

3. Buatlah dokumen word baru, lalu paste tabel.
 

 4. Save As dokumen dengan format 'Web Page'

 5. Lalu buka dokumen yang telah disimpan dalam format 'Web Page' tadi dengan Note Pad atau Word Pad.

 6. Maka akan menjadi kode HTML. Tidak semua kode HTML akan disalin ke postingan blog, namun hanya kode HTML tabel saja, yaitu dari kode '<table' sampai '</table>'. Cara untuk mendapatkan kode tabel adalah: Cari kode '<table' dengan cara tekan 'Ctrl + F' pada keyboard, lalu ketik '<table'

 7. Setelah itu, sorot atau blok kode HTML mulai dari kode '<table' sampai '</table>' (lihat pada gambar di bawah). Lalu copy!

 8. Sekarang buka halaman blog, pilih 'HTML', lalu paste kode tadi pada halaman postingan blog. Sebagai catatan, jika diatasnya sudah ada isi postingan, misalkan sudah beriri tulisan, seperti pada contoh kali ini, tabel akan diletakkan di bawah tulisan "Tabel 2.1 Jumlah RT dan RW serta Sekolah", maka letakkan kode tabel dibawah kode '</div>'.

 9. Silakan lihat hasilnya pada 'Pratinjau'.