Jumat, 19 Juni 2020

Contoh Teks Pidato Untuk Lomba Pidato Anak "Kewajiban Mencari Ilmu"



Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji syukur kehadiran Alloh SWT yang mana beliau telah menciptakan dualism yang tak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, langit dan bumi, bulan dan matahari, air dan api, sehingga sempurnalah kehidupan manusia di muka bumi ini.

Tidak lupa pula sholawat serta salam kepada junjunan kita Nabi Muhammad SAW yang mana beliau telah membimbing kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yaitu Diinul Islam. 
Hadirin rohimakumulloh. 

Dewan juri yang saya hormati, teman-teman yang dimuliakan oleh Alloh, dalam kesempatan ini saya akan belajar menyampaikan tausiyah yang berjudul “Kewajian Mencari Ilmu”. 

Jika kita melihat pemuda jaman dahulu, berbaicara sopan dan tertunduk hormat, tapi jaman sekarang mereka berbicara suara lantang dan kepala geleng-geleng. 


Iya Pak…
Iya Bu…

Mereka memang belajar tapi belajar modis dan gaul, sampai-sampai: 
Gigi di pagar 
Dada diumbar
Paha berkibar 
Seperti bendera

Naudzubillahhimindzalik

Kenapa mereka bisa begitu hadirin? Itu dikarenakan kurangnya pendidikan agama, keimanan, ketaqwaan yang orangtua berikan pada diri anak sejak dini. Disini pentingnya mencari ilmu sama wjibnya mendirikan solat. 

Alloh menjanjikan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu lebih tinggi. Dijelaskan dalam Hadits Nabi 

Quran Al Muzadallah (58) : 11

Yang Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah. Niscaya Allah Swt. akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, berdirilah kamu, maka berdirilah. Niscaya Allah Swt. akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Swt. Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Surah al-Mujadalah/58: 11)

Pentingnya s ebuah ilmu untuk memayungi dari panasnya hawa-hawa mentari jahiliyyah dan membentengi diri dari pengaruh kuatnya orang-orang nonmuslim yang merajalela. 

Sekarang jamannya modern pak, serba canggih bu, mau berbicara sambil bertatap muka tinggal ketik 3G…ketik 3G. Mau tahu berita dunia yang up to date, tinggal browsing internet…browsing internet, serba mudah. 

Tapi kenapa dibalik kemajuan timbulnya kemunduran? 
Dibalik kemunduiran ti,bulnya kemajuan
Itu dikarenakan kurangnya keseimbangan pendidikan agama formal atau non formal dan sudah terbawa arus globalisasi kemoderenan jaman sekarang. 
Hadirin yang dimuliakan oleh Alloh SWT. 

Anak-anak jaman sekarang lebih asyik bermain gadget atau game
Ketimbang membaca buku-buku pelajaran dan membaca Al-Quran, begitu juga orangtuanya yang lebih asyik dengan Facebook, Whatsapp, IG, dan sebagainya. 

Kenapa bsa begitu hadirin? 
Itu dikarenakan mereka sudah masuk dan terbawa oleh program-program yang diciptakan oleh orang-orang non muslim untuk menghancurkan umat Islam sedemikian rupa. 

Rupanya sekian dulu tausiyah dari saya semoga kita bisa menancapkan keimanan dan ketakwaan dengan berbalut ilmu yang bermanfaat dan bisa menjadi Muslimin Muslimat sejati. 

Jalan-jalan ke rumah Pak Camat 
Tidak membeli Tomat 
Semoga Allah memberi rahmat 
Dan ilmu yang bermanfaat

Mang Ujang Mang Maman 
Bunga Mawar Bunga Dahlia 
Mari kita jaga iamn dan akhlak mulia.

Diawali dengan basmalah 
Diakhiri dengan hamdalah 
Semoga pidatoku berkah 
Menjadi lentera di alam barzah 
Allohuakbar…Allohuakbar…

Billahitaufiq walhidayah, Wassalmualaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar