Senin, 15 Juni 2020

Selamat Hari Bidan Nasional 2020


Bidan adalah orang yang telah berhasil menyelesaikan program pendidikan kebidanan yang didasarkan pada Kompetensi Esensial ICM untuk Praktik Kebidanan Dasar dan Kerangka Kerja Standar Global ICM untuk Pendidikan Kebidanan dan diakui di negara dimana ia berada, mereka yang telah memperoleh kualifikasi yang dipersyaratkan untuk didaftarkan dan/atau dilisensikan secara hukum untuk praktik kebidanan dan menggunakan gelar 'Bidan' dan mereka yang menunjukkan kompetensi dalam praktik kebidanan.



Menurut Ikatan Bidan Indonesia atau IBI, Bidan merupakan seorang wanita yang lulus pendidikan kebidanan yang diakui oleh pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Indonesia, serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk register, tersertifikasi dan secara sah mendapat lisensi untuk membuka praktek kebidanan.

Di tengah masyarakat, seorang Bidan yang kompeten layak dijadikan sebagai pahlawan, terutama bagi Ibu yang melahirkan, karena tanggungjawab dan keahliannya dalam membantu setiap persalinan, membantu saat Ibu sedang dalam proses menyusui, membantu pemulihan Ibu pasca melahirkan, hingga Program Keluarga Berencana.

Bila ditilik dari sejarahnya Hari Bidan Indonesia ini lahir sejak Konferensi Bidan Pertama pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta. Dan pada tanggal dan tempat yang sama, yaitu tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) resmi berdiri dengan memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku tentang Organisasi Kemasyarakatan di Indonesia berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pada tanggal 24 Juni 2020 Ikatan Didan Indonesia (IBI) genap berusia 69 tahun. Tema dari HUT IBI 2020 atau yang lebih dikenal sebagai Hari Bidan Nasional ini adalah “Saatnya Bidan Dan Perempuan Bersatu, Bergerak Bersama Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak menuju Indonesia Maju” yang sesuai dengan komitmen bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia terutama dalam pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan,  ini juga sejalan dengan tema The International Year of Midwife 2020 (IDM) yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2020 yang lalu, yaitu "Midwives with women: celebrate, demonstrate, mobilise, unite – our time is NOW!".

Dengan tema yang diangkat dalam peringatan Hari Bidan Nasional 2020 ini diharapkan terjalinnya stakeloder yang semakin kuat dan dapat saling bekerja sama satu sama lain, saling mendukung untuk bersama berjuang meningkatkan kualitas kesehatan dan keselamatan Ibu dan Anak pada khususnya dan peningkatan kualitas kesehatan bangsa Indonesia pada umumnya.