Jumat, 17 Juli 2020

4 Penyebab Rasa Sakit Pada Kaki dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Rasa Sakit Pada Kaki dan Cara Mengatasinya
Ketika tubuh dalam keadaaan melakukan aktivitas fisik, baik itu bekerja atau berolahraga, kaki adalah bagian yang paling banyak menanggung beban tubuh. Oleh karenanya, bagian kaki memiliki resiko cedera yang besar, terlebih jika kita menambah aktivitas fisik seperti menambah frekuensi latihan atau menambah beban pekerjaan. 

Banyak faktor penyebab terjadinya cedera pada bagian kaki khususnya kaki bagian atas, tidak seperti faktor penyebab yang lebih umum seperti Plantar Fasciitis (nyeri pada tumit) dan Shin Splint (nyeri pada tulang betis bagian depan), mungkin penyebab rasa sakit pada kaki bagian atas ini sulit untuk diidentifikasi sendiri. Baiknya, jika rasa sakit masih dirasakan selama lebih dari satu minggu, lebih baik periksakan ke seorang professional atau dokter. 

Namun sebelum itu, berikut beberapa kemungkinan faktor penyebab terjadinya rasa sakit atau cedera pada kaki bagian atas:

1. Tendinitis
Tenbdinitis atau Peradangan/iritasi pada tendon. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang, yang berperan dalam pergerakan. Jika terjadi cedera seperti peradangan atau iritasi pada bagian tendon, maka akan timbul rasa sakit di bagian sekitar tendon yang mengalami cedera. Misalnya terjadi peradangan pada Tendon Achilles (tendon betis), besar kemungkinan akan terjadi rasa nyeri pada bagian lutut dan pergelangan kaki, inilah kenapa Tendinitis juga bias jadi penyebab terjadinya rasa sakit pada bagian atas kaki.

Bagaimana mengatasinya? Bisa dengan melakukan kompres es atau menggunakan anti inflamasi. Kombinasikan perawatan dengan latihan peregangan pada pergelangan seperti gerakan Dorsofleksi (menggerakan pergelangan kaki ke arah atas dan ke depan) secara perlahan dan rilex. 

2. Fraktur Stres Metatarsal
Fraktur Stress Metatarsal atau terjadinya retak pada tulang metatarsal bisa jadi penyebab terjadinya sakit pada bagian kaki atas. Tulang Metatarsal adalah sekelompok tulang berjumlah 5 tulang yang terletak di pertengahan struktur kaki yang menghubungkan ruas tulang jari kaki dengan tulang pangkal kaki. Fraktur stress ini bisa diakibatkan oleh penambahan intensitas tekanan pada bagian kaki, bias diakibatkan oleh mengangkat beban atau intensitas latihan dengan tumpuan utama pada kaki. Salah satu tanda dari factor penyebab ini adalah terjadinya pembengkakan di atas tulang Metatarsal. 

Bagaimana mengatasinya? Fraktur Stress termasuk pada cedera berat, oleh karena itu memerlukan perawatan dan penanganan intensif secara medis, jika tidak, akan beresiko terjadi fraktur stress secara penuh. 



3. Neuroma
Perjadinya peradangan pada bagian syaraf kaki terutama yang merambat didekat tulang metatarsal dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat. Rasa sakit ini bias saja menjalar ke bagian atas kaki. Salah satu terjadinya pembengkakan pada syaraf ini adalah sepatu yang terlalu ketat, terutama untuk aktivitas fisik pada bagian kaki dengan intensitas atau beban yang tinggi. 

Bagaimana mengatasinya? Untuk langkah awal, longgarkanlah tali sepatu ketika melakukan pekerjaan atau latihan, atau konsultasikan pada seorang professional untuk mendapatkan sepatu yang baik intuk tipe kaki anda. Untuk memastikan apakah Neuroma ini menjadi faktor penyebab terjadinya rasa nyeri pada kaki, maka diperlukan pemeriksaan MRI atau USG.

4. Radang Persendian
Ada dua macam peradangan persedian yang termasuk kategori umum, yaitu Osteoartritis dan Rheumatoid Arthritis. Osteoartritis adalah peradangan sendi yang akibat terjadinya stress atau kerusakan pada tulang rawan. Bisa disebabkan karena sendi menerima beban yang terlalu besar dengan durasi yang terlalu lama dan intensitas yang tinggi. Sedangkan Rheumatoid Arthritis adalah peradangan persendian yang diakibatkan oleh Autoimun atau sestem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Keduanya menimbulkan rasa nyeri, bengkak dan kaku pada persendian. Jika Radang Persendian terjadi pada persendian yang berada di bagian kaki, maka bisa jadi faktor penyebab terjadinya rasa nyeri pada kaki bagian atas. 

Bagaimana mengatasinya? Sebagai langkah awal, anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah menggunakan latihan persendian ringan dan menggunakan anti inflamasi. Namun lebih harus disertai dengan perhatian dari professional medis atau dokter untuk langkah penangannan yang lebih tepat dan intensif. Jika peradangan pada sendi sudah dinilai terlalu berat, maka akan dilakukan operasi.