Jumat, 03 Juli 2020

Kegel Untuk Pria

Bila kita mendengar kata ‘Kegel’ maka akan terlintintas adalah sebuah teknik senam untuk wanita, tapi tidak begitu, latihan Kegel juga baik untuk kamum pria. Melatih Otot Dasar Panggul atau lebih dikenal dengan Kegel adalah salah satu cara paling berpengaruh dalam meningkatkan dan mempertahankan fungsi usus dan kandung kemih. Kegel juga memiliki dampak yang luar biasa pada inkontinensia serta potensi untuk meningkatkan kinerja seksual untuk pria. Kegel dapat membantu untuk mengembalikan fungsi otot-otot yang bermasalah pada bagian kandung kemih, prostat aatau bagian di sekitar alat reproduksi tanpa harus menjalani operasi. 

Ada tiga otot dasar yang  dapat dilatih dengan Kegel ini, yaitu Otot Bulbocavernosus (Otot BC), Otot Pubococcygeus (Otot PC), dan Otot Iliococcygeus (Otot IC). Peran dari masing-masing otot tersebut adalah:

OTOT BULBOCAVERNOSUS (BC)
  • Berperan untuk memompa air mani atau urin dari uretra.
  • Berperan untuk memompa lebih banyak darah ke ujung penis

OTOT PUBOCOCCYGEUS (PC)
  • Berperan dalam proses buang air kecil dan buang air besar.
  • Membentuk sebagian besar otot dasar panggul, mendukung organ-organ yang berada di  bagian bawah.
  • Konteraksi saat orgasme.

OTOT ILIOCOCCYGEUS (IC)
  • Sama halnya dengan otot PC, otot ini juga berperan membentuk kekuatan dari otot dasar panggul.
  • Onteraksi anus kembali setelah buang air besar.


Saat melakukan Kegel, bagian otot yang terdampak secara langsung adalah Otot Bulbocavernosus (BC), sedangkan Otot Pubococcygeus (PC) dan Otot Iliococcygeus (IC) tidak terdampak secara langsung. 

Bagaimana cara melakukan latihan Kegel?

Sebagai langkah pertama dalam latihan, terutama bagi anda yang benar-benar pertama melakukan Kegel, sebelum melakukan gerakan yang lebih dinamis, bia melakukan beberapa tips berikut: 
Ketika sedang dalam proses buang air kecil, ditengah proses cobalah anda hentikan aliran, jika berhasil menghentikan aliran air seni secara total, artinya teridentifikasi otot dasar pangnggul anda berfungsi dengan baik.  

Dalam keadaan anda tidak ingin buang air kecil atau dalam keadaan kandung kemih anda kosong, lakukanlah konteraksi seperti anda menahan aliran urine saat buang air kecil di atas selama 5-10 detik, kemudian rilekskan otot dasar panggul anda selama 5 detik sebagai jeda, lakukan latihan ini sebanyak 5 repetisi pada hari pertama, durasi dan repetisi bisa ditambah secara bertahap dari hari ke hari jika latihan dilakukan secara konsisten. Untuk langkah pertama, cobalah 3 set dengan 10 repetisi sebanyak 3 kali dalam sehari. 

Ketika pertama kali melakukan latihan Kegel, pasti akan mengalami beberapa kesulitas, seperti melakukan gerakan yang kurang tepat, efektivitas gerakan, durasi dan tempo latihan, dan bahkan akan merasa pegal-pegal setelah latihan yang akan membuat anda merasa malas atau kapok untuk melakukan latihan selanjutnya.

Namun jangan khawatir, itu hanya efek susulan saja yang disebabkan oleh kurang terlatihnya otot-otot yang bersangkutan, jika latihan ini dilakukan secara konsisten penuh dengan komitmen, maka suasana latihan akan semakin terasa mengalir dan akan semakin menemukan teknik latihan yang baik dan benar dengan efek yang luar biasa. Telah banyak penelitian dan testimony bahwa Kegel telah berhasil membuat badan semakin sehat dan kualitas kehidupan dan kenikmatan seksual juga semakin baik.

Berlatihlah dengan bijak, jangan terburu-buru hanya karena ingin mendapatkan efek yang cepat, karena justru hal itu akan membuat anda mendapat efek yang buruk karena cedera. Lakukanlah secara bertahap sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh anda.

Untuk tahapan selanjutnya, terutama bagi yang sudah terbiasa dengan latihan fisik, bisa juga menambah beberapa gerakan kombinasi seperti pada video di bawah ini: