Kamis, 24 September 2020

Tidak Bisa Install FormLimiter karena Masalah Kode Keamanan

Pada masa Pandemi Corona ini, Google Form atau Google Formulir banyak digunakan sebagai media untuk ujian sekolah,  Kuesioner, Pendataan Personal hingga media pemesanan barang akibat dibatasinya tatap muka secara langsung. Bagitupun dengan saya yang diberi tugas untuk membuat form ujian beberapa waktu lalu.

Namun, saya menemukan kendala ketika akan melakukan setting waktu pada formulir yang saya buat. Karena tidak ada setting waktu secara default, maka harus download dan install aplikasi pihak ketiga dari Play Store, dalam hal ini saya menggunakan aplikasi FormLimiter. Saat itu saya menemukan masalah ketika proses install FormLimiter, proses install yang seharusnya mudah, saya diminta untuk memasukkan 'Kode Kemanan'. 

Saya pun mengikuti petunjuk yang jelas tertulis disana (lupa saya screenshoot). Langkah-langkah yang saya ambil untuk mendapatkan 'Kode Keamanan' pada HP saya adalah: 

Ketuk Logo Akun Google - Ketuk 'Kelola Akun Google Anda' - Pilih Tab 'Keamanan' - Geser ke bawah lalu ketuk 'Kode Kemanan'. 

Setelah mendapatkan 'Kode Kemanan', saya memasukkannya pada Tab, namun gagal, gagal dan gagal, artinya saya tidak bisa meng-install Aplikasi FormLimiter. 

Ternyata penyebabnya adalah Akun Google yang saya pakai untuk membuat Google Form dan menginstall Aplikasi FormLimiter, sebelumnya banyak saya pakai atau saya log in di bebrapa jenis gadget yang berbeda (HP, Laptop dan PC), maklum akun Google saya dipakai untuk Emolator Game. 

Pantas saja dalam petunjuk permintaan Kode Kemanan tertulis perintah Log In dari HP Samsung, sedangkan saat ini saya memakai HP Lenovo, akibatnya Kode Keamanan yang saya akses dari HP Lenovo menjadi tidak valid. 

Langkah untuk mengatasi masalah ini adalah mengeluarkan akun google dari gadget yang tidak dipakai, caranya adalah: 


Pilih akun Google anda, lalu pilih 'Kelola Akun Googe Anda



Pilih Tab 'Keamanan' lalu pilih 'Mulai'


Nah disinilah sumber masalahanya, buka setiap Tab untuk menampilkan rincian masalah


Sebagai contoh pada Tab 'Perangkat Anda' saya menemukan bahwa akun google saya telah Log In di bebrapa perangkat, sebagian sudah saya hapus. Keluarkan akun google dari perangkat yang tidak dipakai dengan cara ketuk simbol titik tiga pada pojok kanan atas tab, lalu pilih 'Logout'. 

Lakukan 'pembersihan' pada tab-tab yang lainnya. Dan setelah melakukan ini, kode keamanan saya diterima dan saya dapat melakukan proses install Aplikasi FormLimiter. 

Terima Kasih.