Kamis, 19 November 2020

Cara Edit PDF Hasil Scan dengan Photoshop

Ada kalanya kita berada pada situasi harus mengedit sebuah file PDF, entah itu karena salah ketik atau karena alasan lain, sebenarnya cara mengeditnya sangat mudah jika file PDF tersebut di-Save As langsung dari file Word. Namun beda cerita jika file PDF tersebut dibuat dari file JPG hasil Scan, tentu saja cara penangannya pun akan berbeda. Tapi, jangan pakai cara ini untuk memalsukan dokumen ya, Guys. 

1. Siapkan PDF yang akan diedit.


2. Ubah terlebih dahulu File PDF menjadi file JPG, karena pada umumnya PDF Hasil Scan berasal dari File JPG/PNG. Disini saya menggunakan Online Converter 'Smallpdf' dengan kata kunci 'Convert PDF to JPG'. Jika proses konversi sudah selesai, download hasil konversi. 

3. Setelah file PDF dikonversi, maka akan menjadi file JPG terpisah, banyaknya file tergantung dari banyaknya halaman PDF. Cari file yang datanya akan diedit, jangan ubah nama file agar ketika dikonversikan kembali ke file PDF posisi halaman tidak akan berubah. Buka file yang akan diedit dengan Photoshop. 


4. Saya akan ambil contoh kalimat yang akan diedit adalah 'Mujahidin' menjadi 'Muhajirin' 

5. Karena yang akan diedit adalah tulisan, maka ketahuilah jenis Font yang digunakan pada file yang diedit, misal disini menggunakan jenis Font 'Times New Roman', maka buatlah Type dengan menggunakan fot 'Times New Roman'.

6. Sesuaikan ukuran huruf yang sudah diketik dengan ukuran huruf pada file, bisa dengan menggunakan setting ukuran pada panah merah, bisa juga dengan menarik setting image dengan menarik kotak pada lingkaran hijau. Sesuaikan hingga ukuran benar-benar sama, lalu posisikan tepat di atas kalimat yang akan diganti. 

7. Setelah itu, pilih layer Background, buka lock layer Background dengan cara klik dua kali secara cepat pada layer Background, lalu pilih 'OK' 

8. Setelah layer Background di-unlock atau sudah tidak terkunci, pilih 'Rectangular Marquee Tool' (Panah Merah 1). Lalu buatlah seleksi seperti pada panah merah 2, lalu klik kanan pada kotak seleksi, lalu pilih 'Layer via Copy', hingga muncul layer baru (panah merah 3). Nah layer baru inilah yang akan kita gunakan untuk menutupi gambar/tulisan yang akan diedit. 

9. Setelah itu geser layer yang baru saja dibuat tepat di atas tulisan yang akan diganti. 

10. Hasilnya akan menjadi seperti ini. 

11. Lalu pilih layer Type (Muhajirin) untuk mengubah warna.

12. Untuk mengubah warna Type menjadi warna yang sama dengan tulisan yang lain, lik 'Select Text Color' lalu ambil warna dari tulisan yang sudah ada, misal ambil warna dari huruf 'S'.

13. Lingkaran Hijau menunjukkan warna paling yang paling mendekati, dan lingkaran merah menunjukkan hasil perubahan warna. 

14. Agar tulisan 'Muhajirin' yang tadi kita buat tidak terlihat terlalu tajam dan agar tampak sama dengan tulisan yang lain, maka kita akan menurunkan ketajamannya dengan cara pilih 'Filter-Blur-Grussian Blur'

15. Sesuaikan settingan hingga sama dengan ketajaman huruf yang lainnya. Sebagai contoh saya menggunakan Radius '0,6 pixels' 

16. Kita simpan projek dengan cara 'Save As' dengan format dan nama yang sama dengan file sebelumnya. 

17. Langkah terakhir adalah mengubah kembali file JPG pada file PDF. Saya akan menggunakan cara konversi secara online dengan kata kunci 'Convert JPG to PDF' 

Terima kasih.