My Orange Hexagon Logo


Bagi sebuah produk atau perusahaan, peran logo sangat penting, bahkan boleh dikatakan logo adalah unsur yang wajib ada. Betapa tidak, logo mempunyai peran yang sangat strategis, diantaranya adalah sebagai bagian penting bagi program marketing dan branding bagi perusahaan atau produk tertentu. Logo juga bisa menjadi tanda, agar perusahaan atau sebuah produk dapat mudah diingat bahkan melekat di pikiran khalayak, oleh karenanya sebuah logo harus mewakili atau mengejawantahkan siapa pemiliknya. 

Sama halnya dengan sebuah website atau blog, tentunya logo menjadi penting untuk terdapat pada header, walau sifatnya opsional dat tidak wajib, nyatanya banyak Blogger yang tidak membuat logo khusus pada blog mereka, dan memilih untuk merepresentasikan blog atau website mereka dengan tampilan desain header dan template saja.

Begitu pun dengan saya, sejak awal nge-blog pada tahun 2012 hingga tahun 2020 tidak menggunakan logo pada blog, namun sekarang saya ingin mencoba sesuatu yang baru, yaitu membuat logo untuk blog. 

LOGO RUDY ARRA BLOG

Terdapat dia figur pada logo Rudy Arra Blog, yaitu:

1. Figur pertama mewakili huruf 'R' atau 'r'



2. Figur kedua mewakili huruf 'A' atau 'a'

Dua buah figur di atas mewakili inisial Rudy Arra yaitu 'r' dan 'a'. 

BENTUK HEXAGON

Hexagon terdiri dari enam sisi. Prinsip saya dalam blogging terdiri dari 6 poin yang saya ambil dari 10 karakter seorang Muslim sejati, 6 diantara 10 itu adalah:

  1. Naafi’un Lighoiri (bermanfaat bagi orang lain). Dalam blogging, selain ingin mencurahkan isi atau ide dalam pikiran, saya juga ingin berbagi apa yang saya ketahui kepada pengunjung, oleh karena itu saya banyak menulis tutorial, share dokumen dan informasi. 
  2. Mutsaqqoful Fikri (intelek dalam berpikir). Dalam hal ini tentu saja saya masih dalam tahap belajar, karena ketika blogging kita juga harus banyak membaca tulisan-tulisan dari manapun itu untuk dijadikan sumber, dari sanalah saya belajar banyak hal. 
  3. Qowiyyul Jismi (kuat jasmani). Salah satu hobi saya adalah olahraga. Disini saya banyak berbagi tentang aktivitas latihan atau aktivitas olahraga yang saya tekuni, berharap dapat memberi kebaikan bagi pembaca. 
  4. Salimul Aqidah (bersih akidah). Pada poin inipun saya masih dalam tahap belajar, salah satu usaha saya adalah tidak melakukan penipuan atau menulis berita yang bertentangan dengan norma agama dan sosial. 
  5. Haritsun ‘ala Waqtihi (sungguh-sungguh menjaga waktu). Dalam blogging, manajemen waktu sangat penting sekaligus bukan perkara mudah mengamalkannya, blogging juga mengajarkan saya dalam mengatur dan memanfaatakan waktu sebaik mungkin. 
  6. Qodirun ‘ala Kasbi (mampu berusaha sendiri). Ini poin yang sangat penting dalam blogging, saya rasa semua blogger harus memiliki sifat ini, yaitu mampu berusaha sendiri, membuat tulisan atau karya sendiri dan tidak hanya memposting tulisan hasil copy-paste. 

WARNA ORANGE

Berlandaskan pada hukum, karakter dan makna pada warna, warna orange memiliki makna kreatif, ceria, hangat, nyaman, petualangan, determinasi, optimisme, semangat, harapan, ekspresi dan kebebasan. Saya menilai bahwa karakter atau makna dari warna orange ini sesuai dengan prinsip dan harapan saya dalam menekuni kegiatan blogging. Elemen warna yang saya gunakan adalah '#ff6600'. 

PROSES DESIGN

Dalam proses pembuatan logo ini saya tidak menggunakan instant logo maker yang bertebaran di internet, namun saya membuatnya sendiri dengan menggunakan Photoshop. Hal ini saya lakukan agar mendapatkan eksklusivitas dan keunikan, selain itu baik buruk atau bagus jeleknya sebuah logo jika itu hasil disain sendiri akan terasa lebih puas. 

0 komentar:

Posting Komentar