Selasa, 29 Juni 2021

Memperbaiki PC yang Kipas CPU Nyala Sebentar Lalu Mati, Penyebabnya Sangat Tak Terduga!

Ini pengalaman yang sangat melelahkan, tiba-tiba PC saya error tak mau nyala. BTW, PC saya menggunakan Motherboard GYGABITE GA-F2A85X-D3H

Gejala kerusakan yang timbul adalah ketika saya akan menghidupkan PC untuk bekerja, tiba-tiba PC tidak mau nyala. Ketika ditekan tombol power, lampu indikator nyala sebentar lalu mati, begitu saja terus. Ketika saya buka dan saya lihat keadaan motherboard ketika tombol power ditekan, kipas CPU berputar sedikit lalu mati, dan begitu terus. 

Diagnosis awal saya langsung mengarah ke Power Supply. Saya langsung memeriksa PSU namun ternyata PSU baik-baik saja. Lalu saya periksa RAM, Harddisk, hingga Processor, dan lagi-lagi semua berfungsi dengan baik. 

Saya coba ganti semua komponen seperti RAM, Hardisk dan Processor dengan yang lain, namun hasilnya sama saja. Setelah semua langkah itu saya coba, lalu saya memutuskan untuk membersihkan Mottherboar hingga benar-benar bersih sembari memeriksa apakah ada komponen di Motherboard yang tampak rusak. Setelah itu saya coba lagi nyalakan, namun masih sama saja. 

Reset BIOS pun tidak memberikan hasil yang baik. Merasa semua langkah sudah dicoba, saya pun mulai pesimis dan emnganggap Motherboard saya sudah rusak. Saya cari informasi di internet dan ternyata banyak yang mengeluhkan bahwa Motherboard GYGABITE GA-F2A85X-D3H juga banyak yang error dalam keadaan masih baru, dan kerusakannya persis dengan kerusakan yang saya alami. 

Lalu saya ingat belum ada satu komponen yang belum saya coba ganti, yaitu KABEL DATA SATA 3 yang menghubungkan HDD dengan Mobo. Saya tak yakin penyebab kerusakan adalah kabel tersebut, namun apa salahnya saya coba. Lalu saya cari kabel data SATA 3 bekas di dus peralatan. 

Dan setelah diganti dengan kabel data SATA 3 bekas yang saya temukan di dus peralatan, jejeeeeeeeng!!! PC saya nyala! Dan PC saya dapat beroperasi secara normal hingga postingan ini dibuat, dan bahkan terasa lebih lancar tidak lemot lagi.