Cara Mengatasi Mendeley Desktop Error atau Tidak Berfungsi di Windows 7

Bagi seorang penulis, pelajar, mahasiswa atau kaum akademisi sudah pasti tidak asing lagi dengan sebuah perangkat lunak bernama Mendeley ini. Betapa tidak, perangkat lunak ini seolah sudah menjadi bagian penting dalam kegiatan mereka dalam menyusun sebuah karya tulis. 

Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai citation & reference manager atau manager kutipan dan referensi. Dengan begitu, seseorang dapat mengidentifikasi keaslian dan kulitas sebuah sumber yang akan dikutip, yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas sebuah karya tulis yang dia buat. 

Mendeley terdiri dari dua versi, yaitu Mendeley Desktop Edition dan Institutional Edition. Namun di sini saya tidak akan membahas lebih dalam tentang hal ini, karena saya akan membahas tentang Mendeley Desktop Edition yang mengalami error ketika di-install pada Windows 7. 

Baik kita mulai! Jika kalian mengalami hal seperti gambar di bawah ini setelah meng-install Mendeley di PC Windows 7-mu: 


Maka ada yang salah dengan sistem operasi yang kalian gunakan. Error seperti ini disebabkan oleh file 'api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll' yang tidak terdapat pada folder System32. Baiklah, kita mulai pada langkah-langkah memperbaiki masalah ini: 

1. Tindakan pertama adalah memastikan apakah Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015 terinstall di sistem operasi yang dipakai? Jika tidak, maka kamu harus segera menginstallnya. Seperti pada kasus di bawah ini, hanya terdapat Visual C++ 2008. Bagaimana cara mengetahui hal ini? Caranya adalah pilih Jendela Window - Control Panel - Program and Features.


2. Setelah itu pastikan spesifikasi dari sistem operasi yang kamu gunakan, caranya adalah dengan Klik Kanan pada Icon Computer yang terdapat pada desktop (layar), lalu pilih Properties. Pada contoh gambar di bawah, spesifikasi sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 Ultimate Service Pack 1 dengan System Type 64 bit. Nah, spesifikasi sistem operasi sudah layak diinstall Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015, karena salah satu syaratnya adalah Windows 7 sudah di-update ke Service Pack 1. 


3. Apabila semua kriteria sudah layak, sekarang kita harus download installer Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015. Kamu bisa mendownloadnya DI SINI. Pilih installer yang sesuai dengan tipe sistem operasimu, untuk tipe sistem operasi 64bit, pilih 'vc_redist.x64', sedangkan apabila tipe 32bit pilih 'vc_redist.x86'. 



4. Install Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015, tunggu hingga proses instalasi selesai. 



5. Coba jalankan kembali aplikasi Mendeley Desktop, dan selamat sekarang kamu sudah dapat menggunakannya. 


Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar