Rabu, 07 Juli 2021

Mengenal FUNGSI pada Microsoft Excel

Anda telah mengenal apa itu FORMULA dan RUMUS pada postingan sebelumnya. Penerapan pada berbagai kasus, pengguna sering kesulitan untuk menyusun sebuah rumus karena tingkan kompleksitas variabel yang mungkin harus dirangkai. FUNGSI merupakan jenis formula khusus siap pakai yang disediakan oleh Excel. Excel menyediakan banyak sekali FUNGSI yang dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan perhitungan. 

Terdapat ratusan FUNGSI siap pakai, seperti FUNGSI tanggal dan waktu, matematika, trigonometri, statistik, finansial, lookup dan referensi, database, atau teks. Untuk memperjelas pemahaman mengenai FUNGSI, silakan perhatikan ilustrasi berikut ini: 


Perhatikan contoh di atas terutama pada sel G2. Untuk mengetahui jumlah nilai yang ada mulai dari sel B2 sampai dengan F2 dan hasilnya diletakkan pada sel G2. Jika penjumlahan dilakukan dengan rumus, caranya dengan menuliskan =B2+C2+E2+F2, kemudian tekan tombol ENTER. Anda dapat membayangkan betapa panjangnya rumus yang harus diketik jika isi sel yang akan dijumlahkan berderet mulai dari sel A1 hingga sel A20. 

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Anda dapat menggunakan fungsi '=SUM'. Tempatkan penunjuk sel pada G2 lalu ketik =SUM(B2:F2).