Kamis, 08 Juli 2021

Penjelasan Fungsi SUMIFS pada Microsoft Excel Beserta Contoh Kasus

Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka atau bilangan) pada suatu range sesuai dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan. (Dibandingkan dengan Fungsi SUMIF yang hanya untuk satu kriteria saja).

Contoh bentuk penulisan Fungsi SUMIFS adalah sebagai berkikut: 

=SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1;criteria_range2;criteria2:...;criteria_range127;criteria127)

Keterangan: 

  • sum_range, range data angka yang akan dijumlahkan
  • criteria_range, range yang berisi sekelompok data dengan data kriteria
  • criteria, menetapkan kriteria dengan menyebut kriteria atau syarat digunakan oleh excel untuk memilih record data sebagai dasar data perhitungan 

Excel mengizinkan kita untuk menetapkan criteria range dan criteria sebanyak 127. Di bawah ini adalah satu contoh kasus di mana kita harus memilih dua kriteria, pertama kriteria WILAYAH dan kedua adalah kriteria PEMILIK. Kita akan menjumlahkan total transaksi berdasar pada dua kriteria tersebut. 



Nah, pada kasus ini kita akan menjumlahkan jumlah total transaksi di wilayah PONTIANAK dengan pemilik bernama ZACK (arsir hijau) dan di wilayah BANDUNG dengan pemilik bernama HASAN (arsir ungu). Yang jadi masalah adalah di wilayah PONTIANAK juga ada pemilik lain bernama DINO (arsir biru) dan di wilayah BANDUNG ada pemilik lain juga bernama DANI, sedangkan kita hanya menjumlahkan total transaksi dari ZACK (PONTIANAK) dan HASAN (BANDUNG).

Tentu saja kasus ini tidak bisa diselesaikan menggunakan Fungsi SUMIF karena memiliki dua buah kriteria, kita akan menyelesaikannya dengan menggunakan Fungsi SUMIFS. 

Dasar penulisan Fungsi pada kasus ini adalah: 
=SUMIFS(sum_range;criteria_"WILAYAH";criteria1;criteria_"PEMILIK";criteria2)

Jadi penulisan Fungsi untuk wilayah PONTIANAK (ZACK) adalah: 
=SUMIFS(G3:G17;E3:E17;E3;F3:F17;F3)

Sedangkan untuk penulisan Fungsi wilayah BANDUNG (HASAN) adalah: 
=SUMIFS(G3:G17;E3:E17;F22;F3:F17;F23)

Hasil penjumlahan bisa dilihat pada gambar di atas.