Ternyata Begini Bentuk 'Mouse' Pertama di Dunia

Di era komputer seperti sekarang ini, tentu saja kita sudah sangat familiar dengan berbagai perangkat perlengkapan komputer, salahsatunya adalah Mouse. Mouse atau Tetikus ini tidak dapat dipisahkan dari perangkat komputer terutama komputer desktop. Bahkan, beberapa orang yang bekerja dengan Laptop tetap nyaman menggunakan Mouse walau dalam perangkat Laptop sendiri sudah tersedia Touch Pad untuk mengoperasikan kursor. 

Nah, ketika kita semua sudah sangat familiar dengan perangkat Mouse ini, apakah pernah terpikir tentang bagaimana sejarah terciptanya Mouse ini, siapa penemunya dan bagaimana bentuk pertamanya? Mengenai bentuk, jangan pernah membayangkan memiliki bentuk seperti Mouse yang ada pada jaman sekarang, karena Mouse pertama terbuat dari kayu dengan bentuik seperti ini:

Mouse pertama di dunia ditemukan pada tahun 1960-an, dikembangkan Douglas Engelbart dibantu oleh Bill English. Pada saat mengembangkan Mouse ini  Douglas Engelbart menjabat sebagai seorang peneliti di Universitas Stanford. Douglas Engelbart mematenkan hasil temuannya ini pada tahun 1970. 

Pada masa awal ditemukan perangkat ini diberi nama X-Y Position Indicator for Display Systems. Namun, Ia menilai nama tersebut terlalu sulit untuk diucapkan, oleh karenanya Ia mencari nama yang lebih mudah, lantas karena menurutnya perangkat tersebut terlihat seperti hewan Tikus, maka diberikanlah nama ‘Mouse’. 

Perangkat Mouse ini pertama kali digunakan pada system komputer Xerox Alto pada tahun 1973, namun ternyata tidak terlalu berhasil karena desain yang terbuat dari kayu, besar dan berbentuk persegi, sehingga tidak nyaman dalam menggunakannya. 

Dengan mengubah desain dengan membuatnya dari bahan plastik dengan bentuk yang lebih kecil, Mouse pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1983 pada komputer Apple Lisa. Walaupun bentuknya tidak seindah dan senyaman sekarang ketika dipergunakan, namun tentu saja Mouse ini memberi dampak besar pada perangkat komputer, terutama pada sisi kemudahan pengoperasian komputer, tidak perlu lagi memberi perintah dengan mengetik kode seperti pada DOS, cukup dengan ‘Klik’ saja.  

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, fungsi Mouse-pun terbantu dengan terciptanya Touch Pad seperti yang terdapat pada Laptop atau teknologi layar sentuh yang terdapat pada Smartphone. Namun bagaimanapun peran mouse dalam dunia teknologi tetap sangat besar, karena menjadi cikal bakal dari sistem pengoperasian kursor yang dari waktu ke waktu semakin canggih. 

0 komentar:

Posting Komentar