5 Cara Bekerja Cerdas dan Efektif



Enyahkan Gangguan

Gangguan seperti Media Sosial, SMS, atau bahkan hanya suara notifikasi terbukti menjadi penyebab utama rendahnya produktivitas dalam bekerja. Tentukan target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan matikan ponsel kamu atau aktifkan mode pesawat agar tidak ada gangguan saat bekerja.

Membiasakan ini setiap hari akan meningkatkan prodiktivitas dalam bekerja. Coba, deh! 


Gunakan Teknik Pomodoro

Studi menunjukkan, bahwa membagi sebuah pekerjaan pada beberapa bagian dan interval dapat meningkatkan produktivitas. Bagi pekerjaan kamu pada setiap bagiannya dengan waktu 20-25 menit kerja aktif dan 5-10 menit istirahat.

Saat bekerja aktif, fokuskan untuk menyelesaikan satu hal. Pada ponselmu, set timer selama 25 menit dan jangan lupa aktifkan mode pesawat. Setelah timer berbunyi, istirahat sejenak untuk melakukan peregangan dan bersiap untuk Pomodoro selanjutnya. Setelah menghabiskan 4 sesi dikali 25 menit kamu bias mengambil sesi istirahat yang lebih panjang sekitar 30 hingga 50 menit.


Tenaga Bantu

Bagaimanapun, tidak akan semua unsur dalam sebuah pekerjaan akan dapat dikuasai. Misalnya dalam sebuah projek, kamu handal dalam unsur copywriting, namun lemah dalam unsur desain. 

Nah, dalam hal ini kamu harus bisa menemukan unsur atau bidang apa saja yang menjadi kelebihanmu, dan bidang apa saja yang tidak begitu kamu kuasai. Lalu fokuslah mengerjakan bidang yang kamu kuasai tersebut dan melimpahkan pekerjaan yang tidak begitu kamu kuasai kepada orang lain yang memang ahli pada bidang tersebut. 

Cara ini dapat membuat projek mu dapat selesai secara efektif dan tidak mengurangi kualitas. 


Aturan 6 Gol

Ketika kamu memiliki projek pekerjaan yang didalamnya terdapat banyak sekali unsur yang harus dikerjakan, kamu pasti akan bingung mengerjakan yang mana terlebih dahulu, atau kamu akan berusaha menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin dalam satu hari. 

Cara seperti itu mungkin hanya akan membuatmu frustrasi yang berakibat pada kualitas pekerjaanmu yang rendah atau bahkan pekerjaanmu tidak selesai. Coba buatlah target untuk menyelesaikan 6 pekerjaan setiap harinya. Atau sesuaikan dengan jumlah total unsur pekerjaan pada sebuah projek. 

Pada setiap harinya targetmu adalah fokus menyelesaikan tidak lebih dari 6 pekerjaan. Jika ternyata kamu hanya mampu menyesaikan 4 pekerjaan pada hari tersebut, maka 2 pekerjaan lagi kamu jadwalkan untuk dilakukan pada keesokan harinya, namun esok kamu harus tetap menyelesaikan tidak lebih dari 6 pekerjaan. Pekerjaan yang sudah dijadwalkan kamu geser pada jadwal hari selanjutnya. 

Dengan cara ini kamu tidak akan tertekan dan dapat bekerja dengan fokus yang tetap terjaga. Cara ini mungkin akan efektif jika diterapkan pada projek dengan waktu yang lebih fleksibel.


Buat Rencana dengan Rumus Ini 

0 komentar:

Posting Komentar