7 Kemampuan yang Pasti Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

Setiap orang pasti ingin berhasil dalam menjalani hidupnya. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendukung usahanya tersebut, sehingga dirinya sulit untuk mencapai impiannya. 
Berikut adalah bebrapa kemampuan yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjalani hidup menjadi lebih baik.

1. Kemampuan Public Speaking 

Bagi sebagian orang, Public Speaking atau berbicara di depan khalayak menjadi beban tersendiri atau bahkan menjadi momok yang sangat menakutkan, oleh karenanya dapat digolongkan sebagai kemampuan  istimewa. 

Kemampuan berbicara di depan khalayak dapat dilatih, baik itu dimulai sejak kecil maupun dimulai ketika seseorang sudah dewasa. Kemampuan public speaking dipastikan dapat menjadi nilai tambah bagi seseorang yang menguasainya. 

Coba saja kita perhatikan orang-orang hebat seperti Ir. Sukarno, Bill Gates, Steve Jobs, dan lainnya, mereka merupakan orang-orang dengan kemampuan public speaking yang luar biasa. Kemampuan public speaking sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang, apapun bidang yang dia tekuni. 


2. Kemampuan Mengatur Waktu 

Jangan sampai kesibukan mengendalikan diri kita! Terutama ketika masih dalam tahap merintis dan mengejar mimpi, tentu banyak sekali rencana yang harus diselesaikan. Jika kegiatan yang kita lakukan dibiarkan begitu saja tanpa mengatur waktunya, kekacauan menjadi hal yang sangat mungkin didapat. 

Orang-orang sukses memiliki jadwal yang tersusun rapi pada setiap harinya. Mengatur waktu juga dapat memberikan keseimbangan pada kehidupan, karena bekerja sepanjang waktu tanpa memperhatikan kesehatan tubuh, makanan sehat, memberi waktu untuk keluarga juga bukan hal baik, malah akan menghancurkan kehidupan kita sendiri. 


3. Kemampuan Empati 

Inilah kemampuan yang seharusnya menjadi kemampuan dasar sebagai manusia, namun seiring berkembangnya jaman semakin hilang dari diri banyak orang. Kau boleh saja menjadi orang yang hebat, disiplin tinggi, sangat cerdas, dan kaya raya, namun jika tidak memiliki empati kepada yang lain, semua itu akan sia-sia. 

Empati kita kepada sesama akan mendatangkan banyak kebaikan untuk diri kita, ini merupakan bentuk lain dari investasi. 


4. Kemampuan Berpikir Positif 

Tak peduli apapun yang terjadi padamu, apapun anggapan orang terhadapmu, berpikir positif adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Tetap berpikir positif akan memberi kekuatan pada diri sendiri dalam menghadapi berbagai rintangan, sehingga akan menjadikanmu orang yang optimis. 

Entah berapa banyak kegagalan yang dialami seseorang sebelum dia menemukan kesuksesannya. Dr. Seuss pernah ditolak oleh 28 penerbit ketia dia menawarkan karyanya, Thomas Alva Edison mengalami 1000 kali kegagalan dalam menyempurnakan temuannya, Bob Sadino pernah bekerja serabutan sebelum sukses dengan PT. Boga Catur Rata, PT. Kem Foods, dan PT. Kem Farm-nya. Jika mereka tidak memiliki kemampuan untuk tetap berpikir positif, tentu tidak akan menjadi orang yang berhasil. 


5. Kemampuan Jujur pada Diri Sendiri 

Untuk dapat menjadi jujur kepada diri sendiri, tentu saja kita harus banyak bertanya pada diri sendiri, apa yang diinginkan, hal apa yang menjadi keunggulan diri, hal apa yang menjadi kelemahan diri, apa yang belum dikuasi, apa yang membuat bahagia, apa yang sanggup membuat diri tidak menyerah, dan masih banyak lagi. 

Salah satu tindakan yang membuat kita tidak jujur kepada diri sendiri adalah menerima untuk melakukan hal yang bukan menjadi minat diri. Hal ini akan menimbulkan keterpaksaan yang akan berakhir kegagalan. Berani katakan 'TIDAK' jika tak ingin melakukannya, dan berani katakan 'YA' jika itu adalah jalanmu, lalu akan sepenuh hati dalam memperjuangkannya. 


6. Kemampuan untuk Fokus 

Tidak sedikit orang yang ketika berjuang dia malah dihantui oleh masa lalu, sehingga membuatnya kehilangan semangat dan merasa gagal. Banyak juga orang yang ketika berusaha membangun mimpinya namun dia terlalu khawatir akan masa depan yang belum pasti, sehingga takut untuk mengambil tindakan, padahal segala ketakutan itu tidak masuk akan dan tidak akan terjadi. 

Kemampuan untuk tetap fokus pada apa yang dilakukan saat ini adalah hal yang sangat berharga, karena hal ini akan menimbulkan kebahagiaan. Fokuslah pada segala kemungkinan yang dapat mendatangkan kesuksesan, bukan pada potensi kegagalan. Fokuslah pada proses, bukan pada hasil. 


7. Kemampuan Menjadi Konsisten 

Hidup adalah petualangan dan kesuksesan adalah bukan hal yang dapat diraih dalam waktu sekejap. Jangan berikan waktu untuk meratapi segala kegagalan karena itu hanya buang waktu. Konsistenlah pada apa yang kamu yakini, tetaplah berada pada jalurmu. 

Lebih baik tidak menjadikan kesuksesan sebagai tujuanmu karena ini semua akan berakhir, namun jadilah orang yang memiliki konsistensi, karena dengan begitu kita akan menikmati setiap bagian dari petualangan. 

0 komentar:

Posting Komentar