Cara Cek Sertifikat Vaksin & Mengatasi Bila Tak Kunjung Muncul

Berikut adalah cara memeriksa status vaksinasi, memeriksa sertifikat vaksinasi, dan cara download sertifikat vaksinasi. 
Memeriksa Status Vaksinasi 
1. Langkah pertama adalah mengunjungi website PeduliLindungi. Jika anda hanya ingin memeriksa status vaksinasi, silakan masukkan nama lengkap anda sesuai yang tertera di KTP dan masukkan nomor NIK anda pada kolom seperti pada gambar di bawah. Langkah ini tidak memerlukan Log In
2. Jika nama dan NIK sudah sesuai, maka akan muncul data status vaksinasi seperti ini. 
Cara Cek Sertifikat Vaksin
1. Untuk memeriksa sertifikat vaksinasi, anda diharuskan untuk log in menggunakan email atau nomor HP yang digunakan untuk membuat akun PeduliLindungi. Jika anda belum memiliki akun PeduliLindungi, anda harus membuatnya dengan mengisi formulir dengan data Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Tanggal Lahir, Nomor Kontak (HP), dan alamat Email.  
Jika anda sudah log in, klik Nama Anda lalu pilih opsi 'Sertifikat Vaksin'.  
2. Maka akan muncul dialog seperti gambar di bawah ini, lalu klik tombol 'Sertifikat Vaksin'. Untuk men-download sertifikat langsung klik saja pada gambar sertifikat, lalu download
Mengatasi Sertifikat Vaksin yang Tidak Muncul
Permasalahan ini sempat saya alami, sertifikat vaksin kedua saya tidak kunjung muncul selama hampir satu bulan. Ada beberapa penyebab sertifikat vaksin tidak muncul, diantaranya adalah: 
  • Kesalahan Input Data Diri. Kesalahan data diri dapat menjadi hambatan sertifikat vaksin muncul, ini karena proses sinkronisasi data tidak valid. Pastikan data diri yang anda input saat proses pendaftaran akun PeduliLindungi sesuai dengan data diri anda. 
  • Server Website PebuliLindungi Down/Ovewrload. Saat mendaftar akun PeduliLindungi pastikan koneksi internet anda dan server PeduliLindungi tidak sedang dalam keadaan down/overload, karena proses unggah data akan terhambat. Masalah ini biasanya disebabkan website banyak diakses. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan pendaftaran, hindari waktu sibuk seperti siang hari, waktu yang terbaik untuk mengakses website adalah malam hari di atas pukul 9 malam atau di waktu subuh sampai sebelum pukul 6 pagi. 
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) Tidak Aktif. Ini yang terjadi pada saya. Sertifikat Vaksin tidak kunjung muncul karena NIK saya ternyata belum aktif. Segera periksa dan aktivasi NIK anda. Mengenai cara memeriksa dan aktivasi NIK sudah saya bahas pada Cara Mudah Aktivasi NIK KTP
Pastikan data diri anda sudah benar dan lengkap dengan cara pada halaman Profil pilih 'Akun Saya' lalu pastikan semua kolom sudah terisi dengan data diri anda secara lengkap dan benar. 
Sekian pembahasan tentang Cara Cek Sertifikat Vaksin & Mengatasi Bila Tak Kunjung Muncul. 

0 komentar:

Posting Komentar