Codecademy: Kursus Online, Biaya, dan Jalur Karir


Berikut ini adalah ulasan tentang Codecademy yang merupakan salah satu portal pembelajaran atau kursus online gratis terbaik bagi para pemula, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kelas berbayar, dan apa jalur karir yang ditawarkan. 


Apa itu Codecademy?

Codecademy adalah salah satu MOOCs (Massive Open Online Courses) atau portal pembelajaran online yang didalamnya mengajarkan 14 bahasa pemrograman dan 13 mata pelajaran, mulai dari pengembangan web hingga bisnis. Untuk masuk ke Codecademy tidak sulit, kita bias memakai akun Google kita untuk Log In

Ketika kita memulai salah satu kursus, kita akan belajar dengan 3 panel antarmuka, panel sebelah kiri merupakan instruksi belajar, panel tengah adalah tempat kita belajar input kode, dan panel sebelah kanan  adalah tampilan atau output dari hasil edit kode yang kita input. Pokoknya sangat mudah dimengerti. 

Berikut adalah contoh tampilan antarmuka pembelajaran Codecademy:


Sayangnya kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan Instruktur. Namun jangan khawatir, jika ada hal dari pembelajaran yang tidak kita mengerti bisa ditanyakan di forum komunitas. Pada setiap pembelajaran terdapat tautan yang langsung menuju forum. 


Apakah Codecademy Cocok Bagi Pemula?

Sesuai dengan pengalaman saya dalam mengikuti pembelajaran di Codecademy, maka jawabannya adalah ‘YA’. Codecademy sangat ramah bagi pemula, mulai dari konsep pembelajaran hingga antarmuka yang mudah dimengerti. Lebih dari separuh kursusnya dan semua jalur kariernya dinilai ramah bagi pemula. Kita tidak memerlukan pengetahuan pemrograman sebelumnya untuk memulai salah satu kursus ramah pemula ini. Codecademy memandu kita melalui langkah demi langkah saat kita memulai perjalanan coding.


Apakah Codecademy Bisa Gratis? 

Tentu saja kita dapat memilih opsi keanggotaan gratis ataupun berbayar. Codecademy menyediakan sekitar 60 pembelajaran gratis dan itu sudah mencakup semuanya. Di sini kita bisa mempelajari C++, Java, Linear Algebra, dan Computer Architecture

Namun, jika kita ingin lebih mendalami lebih banyak pembelajaran, kita harus mendaftar keanggotaan Pro atau berbayar. Pada keanggotaan Pro, kita dapat memilih dari enam jalur karir yang masing-masing terdiri dari 67 hingga 145 pelajaran, dapat memilih dari 33 jalur keterampilan yang berbeda, beberapa di antaranya termasuk tugas akhir. Keanggotaan pro juga mencakup latihan dan kuis ekstra.


Berapa Biaya Keanggotaan Codecademy Pro? 

Biaya Codecademy Pro dipatoh sekitar $39,99 atau sekitar Rp. 600.000 (jika kurs Rupiah 14.000) per bulan jika kita ingin membayar bulanan, atau terhitung sekitar $19,99/Rp. 280.000 per bulan jika kita membayar tahunan. Khusus untuk Mahasiswa bisa mendapatkan diskon sekitar 35% dari biaya keanggotaan pro, dan terkadang ada kode promo Codecademy yang memberikan diskon kepada anggota baru. Anggota pro dapat mengambil kursus pro-level sebanyak yang mereka inginkan selama keanggotaan mereka tetap aktif.


Apa Jalur Karir yang Bisa Diambil?

Ada 6 jalur karir yang dapat kita pelajari keterampilannya, yaitu Back-End Enggineer, Computer Sciennce, Data Analyst, Data Scientist, Front-End Engineer, dan Full-Stack Software Engineer.

  • Back-End Engineer: Memiliki 100 pembelajaran dan membutuhkan sekitar empat bulan untuk menyelesaikan pembelajaran keterampilan menjadi Back-End Engineer ini. Pembelajaran mencakup Design Patterns, Express.JS, Node.JS, PostgreSQL, SQL, dan TDD.
  • Computer Science: Terdiri dari 67 pembelajaran dan membutuhkan waktu sekitar 20 minggu untuk menyelesaikannya. Cakupannya terdiri dari dasar-dasar ilmu komputer, pemecahan masalah, dan membantu siswa membangun portofolio yang dapat mereka gunakan saat melamar pekerjaan. Pembelajaran pemncakup Struktur Data, Git, dan Python.
  • Data Analyst: Terdiri dari 67 pembelajaran dan membutuhkan waktu sekitar 28 minggu untuk menyelesaikannya. Jalur ini mencakup Matplotlib, NumPy, Pandas, Python 3, SciPy, dan SQL. Di sini kita akan belajar bagaimana menganalisis dan memahami kumpulan data yang besar. 
  • Data Scientist: Terdiri dari 85 pembelajaran ini membutuhkan waktu sekitar 35 minggu untuk menyelesaikannya. Di sini kita kan diajarkan untuk menganalisis data dan mengkomunikasikan temuan tentang data tersebut kepada orang yang bersangkutan. Jalur ini mencakup Matplotlib, NumPy, Pandas, Python 3, Scikit-learn, dan SQL.
  • Front-End Engineer: Terdiri dari 121 pelajaran dan memerlukan 350 jam pembelajaran. Siswa belajar cara membuat aplikasi web dan situs web interaktif yang cepat, fungsional, dan aestetik. Di sini kita akan diajarkan dasar-dasar desain. Jalur ini mencakup aksesibilitas, CSS, HTML, JavaScript, React, Redux, dan Aplikasi Web.
  • Full-Stack Software Engineer: Nah, ini adalah jalur karir yang memerlukan waktu pembelajaran paling panjang diantara yang lainnya. Dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan 145 pembelajaran. Dimulai dengan desain front-end dan kemudian belajar desain back-end sebelum belajar bagaimana menghubungkan keduanya. Mereka belajar bagaimana membangun situs web interaktif dan berkomunikasi dengan pengembang web lainnya. Jalur ini mencakup Express.JS, JavaScript, Node.JS, React, SQL, dan TDD.


Apakah sertifikat Codecademy berharga?

Tentu saja Sertifikat Codecademy dapat menjadi kredensial tambahan yang dipertimbangkan. Ini dapat memberi keunggulan bagi kita dalam bidang yang bersangkutan. Dan tentu saja ini bisa sangat berpengaruh pada nilai diri kita ketika mencari pekerjaan atau pun melakukan pekerjaan yang sedang kita lakukan, terutama dalam bidang komputer dan Coding

0 komentar:

Posting Komentar