Passive Income: 7 Ide Mendapat Penghasilan Secara Pasif Tanpa Kerja Keras


Elon Musk, seorang technopreneur super sukses pernah mengungkapkan hal ini:

"Anda benar-benar dapat mempelajari keterampilan apa pun yang Anda inginkan secara gratis di youtube. Anda bisa menjadi orang yang berharga dalam hitungan bulan. Beberapa tahun yang lalu ini tidak mungkin. Jika Anda cukup beruntung dilahirkan di era ini, manfaatkan itu."

Dari ungkapan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa di jaman teknologi seperti sekarang ini kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan meraih kesuksesan dengan cara yang kita minati. 

Termasuk dalam meraih sesuatu yang sangat didambakan oleh banyak orang, yaitu meraih kebebasan finansial melalui Passive Income. Bagaimana tidak, passive income atau mendapat penghasilan secara pasif tanpa harus melakukan banyak hal memungkinkan kita untuk tetap mendapat pemasukan finansial saat kita bersantai di rumah, sedang bermain dengan keluarga di pantai, atau bahkan saat kita tertidur. 

Lalu bagaimana caranya kita bisa mendapatkan passive income? Nah, berikut adalah beberapa ide yang bisa kamu pilih:

1. Menjual Produk Informasi
Salah satu strategi untuk mendapat penghasilan secara pasif (passive income) adalah menjual produk informasi seperti E-Book, Audio atau Video Kursus. Kamu tahu MOOC (Massive Open Online Couses) seperti Cousera, Udacity, dan Udemy 'kan? Nah di sana banyak konten baik itu berbentuk tulisan, audio, maupun video pembelajaran yang dimana kita harus membayar untuk dapat mengikutinya. Nah, semakin banyak yang menggunakan dan membeli konten kita, semakin banyak pemasukan yang didapat tanpa harus terus menerus bekerja. 
2. Rental
Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa investasi properti untuk disewakan memang salah satu jalan mendapat passive income terbaik. Sebut saja properti berbentuk kontrakan, rumah, gedung perkantoran, ruko dan lainnya. Bisa properti kategori lain seperti kendaraan, alat perlengkapan hiking, alat perlengkapan hiburan, acara pernikahan dan lainnya. Untuk rental income ini rata-rata membutuhkan modal yang besar, namun hasil yang didapat pun akan sebanding, dan yang terpenting adalah kontinuitas pendapatan.
3. Affiliate Marketing (Program Afiliasi)
Sering juga disebut sebagai Prorgam Afiliasi merupakan cara mendapat passive income yang tidak membutuhkan banyak modal. Kamu cukup menjalin keja sama dengan perusahaan atau pemilik barang atau jasa untuk kamu bantu menjual barang atau jasanya, baik itu secara online. Nah, ketika kamu berhasil menjual barang atau jasa tersebut, maka mereka akan memberimu komisi. Semakin banyak kamu menjual, semakin besar pendapatanmu. Dan ini dapat kamu lakukan hanya dengan menggunakan gadget yang kamu punya dan koneksi internet. 
4. Flip Retail
Mungkin banyak yang masih asing dengan istilah ini, wajar saja di Indonesia sepertinya memang belum banyak yang memakainya, strategi ini pupuler di Amerika. 
Flip atau Flipping adalah strategi pemasaran dengan cara pembelian aset properti seperti rumah dengan harga rendah lalu dijual kembali dalam waktu sesingkat mungkin dengan harga yang lebih tinggi, tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan. 
Seorang flipper (orang yang melakukan aktivitas flipping) harus benar-benar jeli dalam memilih properti yang akan dijual dan juga harus memahami kondisi harga pasar properti di sekitarnya. Pembelian aset properti bisa dilakukan dengan cara pembelian secara tunai, sistem uang muka, bahkan bisa juga tanpa modal sama sekali, tergantung kesepakatan yang terjadi antara pihak flipper dengan penyedia properti. 
Namun melakukan aktivitas flipping ini diperlukan ketelitian, kejelian melihat pasar, perhitungan yang detail, kemampuan bernegosiasi, menjalin hubungan baik dengan kontraktor, dan persiapan cadangan dana yang baik, agar dapat memberi keuntungan yang maksimal.
5. Menciptakan Aplikasi
Di era digital internet seperti sekarang ini, kehidupan sebagian besar orang tak terlepas dari gadget dan internet. Aktivitas keseharian seperti belanja, belajar, hiburan, berkomunikasi dan lainnya hampir semuanya dapat bahkan harus dilakukan melalui gadget dan internet. 
Nah, gadget ini tidak bisa terlepas dari aplikasi. Jika kamu memiliki minat atau keahlian dalam bidang yang mandukung pembuatan aplikasi, ini bisa jadi peluang besar. 
Jika aplikasi ciptaanmu dapat menarik banyak orang untuk menggunakannya, tentu hal ini dapat dijadikan komersil dan menjadi ladang pendapatan yang terus menerus mengalir. Lihat saja aplikasi game, aplikasi mesin pencari, aplikasi media sosial, aplikasi market place dan lainnya yang dapat membuat foundernya tajir melintir
6. Real Estate Investment Trust (REITs)
Dilansir dari Investopedia bahwa Real Estate Investment Trust (REITs) atau di Indonesia lebih dikenal dengan Dana Investasi Real Estat (DIRE) adalah adalah perusahaan yang memiliki, mengoperasikan, atau membiayai real estat yang menghasilkan pendapatan. Seperti reksa dana, REIT mengumpulkan modal dari banyak investor. Hal ini memungkinkan investor individu memperoleh dividen dari investasi real estat tanpa harus membeli, mengelola, atau membiayai sendiri properti apa pun.
Kamu dapat membeli reits di pasar saham sama seperti perusahaan lain atau saham deviden. Kamu akan mendapatkan apa pun yang dibayarkan REITs sebagai deviden.
7. Membuat Blog atau Youtube Channel
Jika kamu merasa cukup kreatif, memiliki hobi menulis, atau memiliki minat untuk tampil di depan kamera, tentu akan menjadi peluang yang sangat baik. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa pekerjaan yang terbaik adalah hobi yang dibayar. 
Ketika blog atau kanal youtube-mu semakin berkembang, kamu bisa me-monetisasi konten-kontenmu dengan mendaftarkannya pada Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan yang dipasang pada setiap konten kreasimu.
Namun untuk dapat diterima oleh Google Adsense bukan upaya yang mudah, butuh banyak persyaratan yang harus dipenuhi, oleh karenanya banyak konten kreator yang gagal bekerja sama dengan Google Adsense ini. Tapi jangan sedih dulu, masih banyak alternatif penyedia program kerja sama periklanan yang serupa dengan Google Adsense yang bisa kamu pilih. Berikut adalah daftarnya: 
  • Bidvertiser
  • MediaNet
  • Propeller Ads
  • Infolinks
  • Revcontent
  • OIO Publisher
  • Adsterra
  • PopAds
  • Evadav
  • RevenueHits
  • ylliX
  • PopCash
  • AdNow 
Jadi, biarkan kreativitasmu menghasilkan uang! 
Nah, itulah 7 ide atau inspirasi mendapat penghasilan secara pasif atau passive income tanpa harus bekerja keras sepanjang waktu namun menghasilkan pemasukan secara berkesinambungan. Mana yang menjadi minatmu? Saya sudah melakukan poin 7, dan sangat mengasyikan! 

0 komentar:

Posting Komentar