Prepositions: Penjelasan dan Contoh Preposisi On In At


Prepositions atau preposisi adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata benda, kata ganti, atau frasa dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Kata ini berfungsi untuk menghubungkan orang, objek, waktu dan tempat dalam sebuah kalimat. Kata preposisi yang umum digunakan dalam bahasa inggris adalah 'in', 'on', dan 'at'. Kata preposisi biasanya terlertak di depan kata yang menjelaskan, objek, waktu, maupun tempat. Dalam beberapa kasus, Anda akan menemukan preposisi di depan kata kerja gerund.

Namun, bagi beberapa orang khususnya yang masih belajar bahasa inggris sepeti saya terkadang merasa bingung untuk menggunakan kata preposisi yang tepat dalam sebuah kalimat. Nah, kali ini kita sama-sama belajar tentang kata-kata preposisi ini, yuk!


Preposition 'on'

Preposition 'on' digunakan untuk menjelaskan waktu maupun tempat. Ketika dipakai untuk menunjukkan waktu, preposisi ini digunakan saat kamu ingin memberi keterangan waktu yang spesifik. 

Ketika dipakai untuk menjelaskan tempat, 'on' digunakan untuk menunjukkan subjek yang berada di atas suatu tempat, misalnya di atas lapangan, di atas meja, di atas piring, dan lainnya. 

Namun jangan salah ya, walaupun maknanya sama-sama 'di atas' namun preposisi 'on' tidak sama dengan 'above'. Kalau 'on' itu menjelasakan benda yang berada di atas bagian sebuah permukaan (bisa dikatakan menempel pada permukaan tersebut), sedangkan 'above' menunjukkan sesuatu yang berada di atas kita (atau lebih tinggi). Sebagai contoh pada penggalan lirik lagi Imagine "...Imagine there's no heaven, It's easy if you try, No hell below us, ABOVE us, only sky...


Preposition 'in' 

Preposition 'in' juga digunakan untuk menunjukkan waktu dan tempat, namun dalam konteks yang tidak se-spesifik seperti konteks kalimat yang memakai preposition 'on', misalnya untuk kalimat yang hanya menunjukkan bulan, tahun, abad, atau musim saja. Misalnya 'in February', namun akan berbeda jika terdapat keterangan lebih spesifik setelah bulannya seperti 'February 2nd' (tanggal 2 February) maka preposisinya menjadi 'on'.

Preposition 'in' juga bisa digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu pada setiap hari. Misalnya, “I drink beer in the summer,” atau “I will successful In the future.” Tapi jika keterangan waktunya adalah menjelaskan waktu pada malam hari, maka preposisi yang digunakan adalah “at”.

Ketika preposisi 'in' digunakan dalam konteks tempat, maka artinya adalah 'di dalam'. Biasanya digunakan untuk menjelaskan keberadaan orang, barang, atau suatu hal pada area tertentu.


Preposition 'at'

Preposition 'at' digunakan pada kalimat dengan keterangan waktu, tempat, atau keadaan yang lebih pasti dan lebih spesifik. Misalnya menerangkan hari dengan jam yang telah ditentukan atau menerangkan sebuah kota lengkap dengan nama dan nomor jalannya.

Untuk melengkapi penjelasan di atas agar dapat lebih dimengerti, perhatikan contoh penggunaan preposition 'in', 'on', dan 'at' di bawah ini: 


TIME

IN

ON

AT

In the morning

 

In the afternoon

 

In (the) summer

 

In 2021

 

In the 1800s

 

In the 18th century

 

In the summer

 

In the next year

 

In the future

 

In the 20 years time

 

On Monday

 

On Saturday

 

On September 2nd

 

On 3rd June 2021

 

On Christmas day

 

On my birthday

 

On Saturday evening

 

On time

 

On a summer morning

 

On a cold day

 

 

At 10 am

 

At 9 o’clock

 

At 11 pm

 

At night

 

At noon/midday

 

At Easter

 

At Ied

 

At dinner time

 

At dinner

 

At that moment

PLACE

IN

ON

AT

In Indonesia

 

In Bandung

 

In a building

 

In a car

 

In a taxi

 

In a boat

 

In a helicopter

 

In a traffic jam

 

In Time Square

 

In the article

On a bus

 

On a plane

 

On a horse

 

On the phone

 

On the internet

 

On the television

 

On the floor

 

On the page

 

On the menu

 

On Oxford street

At 675 State Street

 

At the bus stop

 

At the door

 

At the top of page

 

At someone’s house

 

At the entrance

 

At the crossroads

 

At the front

 

At the back

 

At the bottom


Gimana? Sudah bisa membedakannya, kan? Semoga penjelasan dan contoh di atas dapat membantu untuk lebih mengerti tentang prepositions, khususnya prepositions 'on', 'in' dan 'at'. 

0 komentar:

Posting Komentar