Cara Mengunci dan Menyembunyikan Folder tanpa Aplikasi


Sering kali kita merasa was-was karena dokumen atau file kita anggap penting akan hilang atau rusak karena ulah orang lain, terlebih jika sebuah dokumen atau file tersebut bersifat rahasia dan kita tidak ingin orang lain mengetahui isinya.


Tentu saja dokumen atau file yang bersifat penting dan rahasia harus disimpan di tempat yang aman. Jika perangkat yang kita gunakan untuk menyimpan file atau dokumen penting tersebut adalah perangkat pribadi, mungkin itu tidak menjadi persoalan besar,  namun menjadi masalah jika perangkat tersebut juga digunakan oleh orang lain, maka dari itu kita harus membuat sistem keamanan untuk mengamankan file atau dikumen yang kita miliki. 


Salah satu cara terbaik adalah dengan memasukkan file dan dokumen penting kita pada sebuah folder yang terkunci, sehingga selain orang yang mengetahui password-nya tidak akan dapat membuka folder tersebut. 


Ada beberapa cara mengunci atau menyembunyikan sebuah folder, diantaranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi dan tanpa aplikasi. Nah, di sini saya akan menjelaskan bagaiamana cara mengunci atau menyembunyikan folder dengan menggunakan .bat file. 


Hal yang pertama kita butuhkan adalah skrip untuk membuat file .bat. Berikut adalah skripnya:

cls @ECHO OFF title Folder Private if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p "cho=>" if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Private "HTG Locker" attrib +h +s "HTG Locker" echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to unlock folder set/p "pass=>" if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL attrib -h -s "HTG Locker" ren "HTG Locker" Private echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Private echo Private created successfully goto End :End


LANGKAH-LANGKAH

1. Buatlah sebuah folder untuk menyimpan data-data penting. 

2. Buka folder yang baru saja dibuat, di dalam folder tersebut klik kanan lalu pilih 'New' lalu pilih 'Text Document'. Akan terbuka halaman Note Pad. Salin skrip di atas lalu paste pada Note Pad. 

3. Pada skrip, cari teks 'PASSWORD_DISINI' lalu ganti dengan teks yang ingin dijadikan kata santi atau password.

4. Setelah itu, Save As Note Pad dengan file name apa saja dengan syarat berakhiran '.bat'. Sebagai contoh saya menggunakan nama 'Locker.bat'. Jangan lupa Save as type-nya menggunakan 'All Files'.


5. Maka akan muncul file .bat.  Lalu buka file .bat dengan cara klik dua kali atau pilih dan 'Enter'. 


6. Setelah tekan 'Enter' maka akan muncul folder baru dengan nama 'Private'. Masukkan seluruh file yang akan diproteksi/dikunci/disembunyikan ke dalam folder tersebut. Setelah seluruh file masuk, buka file .bat dengan cara klik dua kali. 

7. Maka akan timbul Command Prompt seperti ini. Ketik 'Y' lalu enter. Maka folder Private akan hilang. Bukan karena terhapus namun disembunyikan. 

8. Untuk membuka atau menampilkan folder Private, caranya adalah dengan klik dua kali pada file .bat, lalu akan muncul Command Prompt, selanjutnya ketik kata sandi atau password, maka folder Private akan muncul kembali. 

APABILA FILE .BAT TERHAPUS ATAU LUPA PASSWORD
Apabila file .bat tidak sengaja terhapus atau bahkan lupa password, buatlah kembali file .bat yang baru dengan cara yang sama seperti pada langkah-langkah di atas. 

KELEMAHAN MENGUNCI/MENYEMBUNYIKAN FILE DENGAN CARA INI
Ketika seseorang yang berniat membuka file yang anda sembunyikan dengan cara ini, dan orang tersebut juga mengetahui cara ini, maka dengan mudah dia akan menghapus file .bat dan menggantinya dengan file .bat yang baru, dan akhirnya data yang anda kunci/sembunyikan dapat diakses olehnya. 
Jadi setiap cara yang diambil untuk memproteksi sebuah folder pasti memiliki kelemahan atau kekurangan. Saran saya sesuaikan jenis proteksi dengan seberapa penting sebuah data dan seberapa besar kapasitas folder yang akan diproteksi. WinRar bisa jadi salah satu pertimbangan terbaik. 

Tutorial ini bisa juga di simak pada video di bawah ini: 

0 komentar:

Posting Komentar