Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Google Search Console/Webmaster Tools

Bagi seorang blogger menghadapi artikel atau tulisan yang tidak kunjung ter-index oleh mesin pencari Google adalah hal yang biasa. Namun hal ini sangat menjengkelkan karena ketika sudah capek-capek membuat tulisan eh malah tidak tidak muncul pada daftar mesin pencari Google, yang berakibat tulisan kita tidak bisa ditemukan oleh pengujung organik. 
Jika postingan yang tidak ter-index berjumlah sedikit, mungkin kita bisa meminta pengideksan manual satu per satu, namun jika jumlahnya banyak tentu akan sangat melelahkan, ditambah ada batasan jumlah permohonan pengindeksan per harinya. 
Lalu bagaimana cara memeberitahu mesin pencari Google tentang postingan-postingan pada blog kita tanpa harus submit satu per satu? Jawabannya adalah dengan submit sitemap atau peta seitus kita ke Google Search Console/Webmaster Tools. 
Berikut adalah langkah-langkahnya: 
1. Langkah pertama adalah kunjungi Google Search Console. Lalu pilih 'Peta Situs' atau 'Sitemaps' pada side bar. 

2. Selanjutnya pada kolom 'Tambahkan petas situs baru' atau 'Add a new sitemaps' setelah tulisan URL blog kamu ketik/masukkan kode berikut: 
sitemap.xml
Lalu klik 'KIRIM' atau 'SUBMIT' dan pastikan statusnya 'Sukses'


3. Lalu dengan langkah yang sama seperti pada poin 2, ketik/masukkan kode di bawah ini: 
feeds/posts/default?orderby=updated
Jangan lupa klik 'KIRIM' atau 'SUBMIT' dan pastikan statusnya 'Sukses'

Nah, sekarang kamu sudah berhasil submit sitemap blog ke Google Search Console/Webmaster Tools. 
Namun jika jumlah postingan blog kamu sudah lebih dari 500 postingan, maka ada satu kode lagi yang harus di-submit, langkah-langkahnya sama dengan poin 2 dan 3. Berikut adalah kodenya: 
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Jika sudah menyelesaikan semua langkah-langkah di atas, tugasmu adalah menunggu dan membiarkan Google bekerja untuk meng-index semua postingan di blog. 
Sekian pembahasan tentang Cara Submit Sitemap atau Peta Situs ke Google Search Console/Webmaster Tools. Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar