PeduliLindungi: Mengatasi Kode OTP Tidak Masuk SMS pada HP Jadul


Proses registrasi dan verifikasi akun PeduliLindungi akan berjalan lancar tanpa kendala jika seluruh data yang dibutuhkan telah lengkap dan valid. Data-data tersebut mencakup Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Ponsel, Email, dan Tanggal Lahir. Jika ada dari salah satu data tersebut tidak valid, maka proses sinkronisasi akan terkendala. 


Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat yang mengalami kendala dalam kelengkapan dan validitas data, baik itu karena kesalahan input, kesalahan penulisan, atau data yang belum terverifikasi di pihak terkait.


Permasalahan di atas akan menjadi kendala dalam proses registrasi dan verifikasi akun PeduliLindungi yang efeknya adalah yang bersangkutan akan sulit mendapat akses pada sertifikat vaksin usai melakukan proses vaksinasi. 


Nyatanya banyak sekali permasalahan yang dialami masyarakat dalam menggunakan PeduliLindungi, namun di sini saya akan mengangkat permasalahan dan solusi tentang kode OTP atau kode verifikasi nomor HP yang tidak kunjung masuk ke SMS pada nomor HP yang bersangkutan. 


Kasus 

Saya dalam proses registrasi dan verifikasi data di akun PeduliLindungi milik Ibu saya. Seluruh data mulai dari Nama Lengkap, NIK, Email, dan Tanggal Lahir sudah valid, namun masalahnya adalah nomor HP yang digunakan untuk kelengkapan akun PeduliLindungi Ibu saya tidak kunjung menerima kode OTP saat proses verifikasi. 

Perangkat yang digunakan untuk nomor HP tersebut adalah Nokia 108 yang merupakan HP dengan spesifikasi lama (bukan Android). Namun sebagai catatan bahwa jenis perangkat tidak menjadi penyebab terhambatnya kode OTP selama perangkat tersebut masih berfungsi normal dalam menerima SMS, karena SMS tidak membutuhkan koneksi internet. 


Solusi 

Langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan meregistrasi ulang SIM Card, karena kartu seluler yang belum teregistrasi bisa jadi penghambat masuknya kode OTP melalui SMS. Mengenai cara registrasi kartu seluler silakan cari di internet, karena setiap provider memiliki cara yang berbeda. 


Setelah memastikan SIM Card teregistrasi, kirim kembali kode verifikasi atau kode OTP dari PeduliLindungi. 


Namun jika SMS yang berisi kode OTP masih saja belum diterima, coba periksa pada pengaturan pesan pada HP yang bersangkutan dan lihat pada 'Pesan yang disaring' karena bisa saja pesan yang berisi kode OTP dianggap spam. 


Dan pada kasus nomor HP Ibu saya, benar saja SMS yang berisi kode OTP dari PeduliLindung tersaring dan masuk folder 'Pesan yang disaring'. 


Setelah membuka dan menginput kode OTP, seluruh data pada PeduliLindungi Ibu saya dapat terverifikasi. Periksa dan coba untuh sertifikat vaksin dari akun PeduliLindungi. 
Namun jika masih terjadi masalah dan diharuskan untuk meminta bantuan dari pihak PeduliLindungi, bisa disimak langkah-langkahnya pada postingan berikut: Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul Karena Kesalahan Data.

0 komentar:

Posting Komentar