PeduliLindungi: Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul karena Kesalahan Data


KASUS

Kemarin saya membuat atau registrasi akun Peduli Lindungi milik Ayah saya setelah beliau melakukan proses vaksinasi, namun setelah akun Peduli Lindungi Ayah saya selesai diregistrasi dan semua data telah terverifikasi, sertifikat vaksin ayah saya tidak kunjung muncul. 


PENYEBAB

Lalu saya lihat di kartu vaksin ternyata Ayah saya mendaftar vaksinasi menggunakan nomor HP punya saya, yang merupakan nomor HP yang saya pakai untuk registrasi akun Peduli Lindungi milik saya, artinya nomor HP tersebut sudah dipakai/terdaftar di Peduli Lindungi. 

Saat proses pendaftaran mungkin tidak terjadi masalah, namun akan menjadi bermasalah ketika kita ingin mendapatkan sertifikat vaksin di Peduli Lindungi, karena data tidak sinkron. Setelah saya periksa, ternyata sertifikat vaksin Ayah saya yang seharusnya muncul di akun Peduli Lindungi beliau malah muncul di aku Peduli Lindungi saya, namun statusnya terkunci atau tidak bisa dibuka apalagi diunduh.

(Klik pada gambar untuk perbeasar)

SOLUSI

Solusinya adalah dengan mengirim email yang berisi permohonan perbaikan data ke alamat Email: sertifikat@pedulilindungi.id. Agar permohonan kita segera ditindaklanjuti oleh pihak PeduliLindungi, maka tulislah data diri lengkap disertai dengan beberapa dokumen gambar sebagai lampiran, seperti foto KTP, foto Kartu Vaksin, dan foto selfie sambil memegang KTP. 

Tanpa harus menunggu lama, kurang dari 12 jam saya sudah menerima email balasan dari pihak Peduli Lindungi yang menyatakan bahwa permohonan saya sudah diatasi. 

(Klik pada gambar untuk perbeasar)

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin & Mengatasi Bila Tak Kunjung Muncul

Baca juga:  PeduliLindungi: Mengatasi Kode OTP Tidak Masuk SMS Pada HP Jadul

FORMAT EMAIL

Format email yang saya gunakan adalah seperti di bawah ini: 

Nama: …

NIK: …

TTL: …

Kendala: …

Lampiran: ...

  1. Foto KTP
  2. Foti Kartu Vaksin 
  3. Foto Selfie memegang KTP

Kirim Email ke: sertifikat@pedulilindungi.id


Contoh lengkap: 

Nama: SABDA NUGROHO

NIK: 3707032806890001

TTL: Bandung, 28-06-1989

Nomor HP: 085111222333

Kendala: Saat proses pendaftaran vaksinasi, saya menggunakan nomor HP orang lain yaitu: 085333222111, yang sudah digunakan untuk registrasi akun PeduliLindungi, sehingga Sertifikat Vaksin tidak tampil di akun PeduliLindungi milik saya, namun tampil di akun PeduliLindungi orang lain yang nomor HP-nya saya pergunakan saat pendaftaran vaksinasi. Dan sertifikat vaksin saya yang tampil di akun PeduliLindung orang lain tersebut berstatus terkunci dan tidak bisa dibuka/diunduh. 

Berikut saya lampirkan beberapa berkas gambar untuk melengkapi: 

(Lampiran Dokumen) 


KONFIRMASI TIKET VAKSIN

Setelah mendapat email balasan segera periksa sertifikat vaksin di akun Peduli Lindungi yang bersangkutan. Setelah sertifikat muncul, maka statusnya masih terkuci, cara membukanya adalah dengan mengkonfirmasi tiket vaksin dengan cara memilik 'Riwayat & Tiket Vaksin' lalu pada kolom 'NIK' ketik Nomor NIK KTP yang bersangkutan. 

(Klik pada gambar untuk perbeasar)

Selesai. Sertifikat Vaksin anda akan terbuka dan bisa diunduh. 


Atau bisa juga simak pengalaman saya via Youtube: 

0 komentar:

Posting Komentar