Cara Print Gambar Ukuran KTP pada Microsoft Word tanpa Photoshop

Bagi mereka yang memiliki dan dapat mengoperasikan Photoshop mungkin tidak akan mengalami kendala ketika hendak mencetak gambar dengan ukuran yang sama sesuai ukuran benda sebenarnya, misalnya KTP, karena Photoshop dapat memanipulasi sebuah gambar baik dari segi desain, warna, efek, dan ukuran. Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki atau tidak bisa mengoperasikan Photoshop dan hanya memiliki Microsoft Word? 


Nah, dalam postingan kali ini saya akan membagikan cara yang biasa saya lakukan dalam mencetak dan menyesuaikan ukuran gambar KTP agar sesuai dengan ukuran KTP yang sebenarnya. 


Sebelumnya kita perlu tahu berapa sih ukuran Kartu Tanda Penduduk atau KTP? Ukuran KTP adalah 8,6 x 5,4 Centimeter atau lebih jelasnya KTP memiliki ukuran panjang 8,6 Cm dan lebar 5,4 Cm


Nah, sebagai contoh kasus kita memiliki contoh gambar seperti di bawah ini, yaitu gambar KTP yang didigitalisasi dengan cara difoto. Kita harus membuang gambar di setiap sisi gambar KTP dan mengambil gambar KTP-nya saja dengan cara Crop. Baik, mari kita mulai! 


(Ketuk pada gambar untuk memperjelas/memperbesar gambar) 


#1. Langkah pertama adalah siapkan Blank Document pada Microsoft Word versi berapa saja, kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2010. Untuk memudahkan melihat ukuran, biasanya saya mengaktifkan Ruler dan Gridlines. Caranya adalah dengan memilih tab 'View' lalu centang pada kolom 'Gridlines'. Lihat gambar di bawah: 


#2. Selanjutnya Insert gambar pada worksheet lalu Crop untuk membuang bagian gambar yang tidak diperlukan. Caranya adalah pada Picture Tool pilih tab 'Format' lalu pilih 'Crop'. Lihat pada gambar di bawah: 

#3. Geser Crop Tool tepat pada setiap sisi KTP, ini penting untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan ukuran sebenarnya. Teknik pengambilan gambar juga penting yaitu KTP harus dalam posisi tegak lurus tidak boleh miring agar memudahkan proses Cropping. Jika gambar miring maka harus diluruskan terlebih dahulu di Photoshop. Agar gambar KTP presisi, saya sarankan untuk menggunakan metode scan. 

#4. Setelah selesai proses Cropping, selanjutnya klik kanan pada gambar lalu pilih 'Size and Position'.

#5. Sesuaikan ukuran. Untuk Height: 5,4 Cm, Width: 8,6 Cm. Jangan lupa hilangkan tanda centang pada kolom 'Lock aspect ratio'. Maka gambar KTP akan memiliki ukuran yang sama dengan ukuran sebenarnya. 

#6. Setelah itu cetak atau print, lalu bandingkan dengan ukuran KTP yang asli. 

Selesai. Terima kasih. 

0 komentar:

Posting Komentar