Cara Print KTP Bolak-Balik Pas tanpa Terpotong pada Word

 


Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya mencetak atau print kedua sisi KTP bolak-balik secara pas tanpa da bagian KTP yang terpotong seperti pada contoh gambar di atas. 

Yuk kita mulai! (KLIK PADA GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR/MEMPERJELAS)


#1 Siapkan lembar kerja pada Word dengan ukuran A4 atau F4, setting margin pada Narrow (Top: 1,27cm; Bottom: 1,27cm; Left: 1,27cm; Right: 1,27cm) dengan cara pilih Page "Layout -> Margins -> Narrow"


#2 Insert gambar kedua sisi KTP secara berdampingan, lalu setting align gambar dengan rata tengah dengan cara: Pada keyboard tekan Ctrl+A untuk memilih semua gambar,  lalu tekan Ctrl+E untuk membuat gambar rata tengah. Selanjutnya beri jarak antara gambar sebanyak 3 x spasi pada keyboar. Lihat gambar di bawah. 


#3 Print lembar kerja tadi. 

#4 Simpan dulu kertas hasil print, lalu kembali ke lembar kerja Word, setting margin dengan cara pilih 'Page Layout -> Margins -> Pada kolom Left setting ukuran menjadi 2cm". Ini dimaksudkan agar antara gambar depan dan belakang pas dan sejajar. Biasanya selisih jaraknya adalah 0,7cm. 

#5 Ambil kertas yang sudah diprint tadi, lalu balik untuk diprit pada lembar belakanynya. 

#6 Setelah diprint maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, kedua sisi terdapat gambar KTP bagian depan dan belakang. 

#7 Dengan setting seperti di atas, maka akan menghasilkan gambar KTP depan belakang yang presisi tanpa ada bagian KTP yang terpotong atau kelebihan seperti pada gambar di bawah. 

0 komentar:

Posting Komentar