Tanda #### pada Kolom Excel


Microsoft Excel saat ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakaan ketika kita bekerja menggunakan tabel. Microsoft Excel memiliki berbagai alat yang mendukung berbagai keperluan olah data. 

Namun dalam bekerja menggunakan Microsoft Excel terkadang ditemui berbagai kendala, baik itu data eror akibat kesalahan rumus, kesalahan input format data, dan kesalahan lainnya. 

Nah kali ini kita akan membahas permasalahan pada Excel yang sering dijumpai oleh pengguna Excel pemula yang sebenarnya bukan masalah besar, yaitu tampilnya tanda #### pada kolom Excel. 

PENYEBAB

Penyebab dari tampilnya tanda #### pada kolom Excel biasanya akibat kurang lebarnya sebuah kolom, sedangkan isi/data dari kolom tersebut cukup panjang. Biasanya hal ini terjadi pada kolom dengan isi/data dengan format nomor seperti format tanggal (01/01/2021) dan format nominal uang (Rp. 1.000.000). 

SOLUSI

Solusinya cukup mudah. Dalam hal ini saya akan membahas dua cara menyelesaikan masalah ini, yang pertama adalah menyesuaikan besar isi konten dari sel yang bersangkutan, dan yang kedua adalah menyesuaikan lebar sel/kolom tanpa mengubah ukuran konten. 


1. Menyesuaikan Ukuran Konten pada Sel/Kolom

Cara ini adalah dengan memperkecil ukuran konten pada sel/kolom, caranya adalah dengan memilih sel yang akan disesuaikan, lalu pilih tab Home -> Pada kolom Alignment klik simbol di pojok -> Centang pada bagian Shrink to Fit.

Lihat pada gambar di bawah: 


2. Menyesuaikan Lebar Sel/Kolom
Cara ini biasa dilakukan dengan cukum penggeser garis kolom sesuai keperluan hingga tanda #### hilang dan diganti dengan data sebenarnya. Namun jika sel/kolom yang akan disesuaikan berjumlah banyak, maka dapat disesuaikan secara otomatis dengan cara: tekan 'Ctrl + A' untuk memilih seluruh sel, lalu pilih tab 'Home', pilih 'Cells' pilih 'Format', lalu pilih 'AutoFit Column Width'. 
Silakan lihat gambar di bawah: 

Bisa juga dengan menggunakan shotcut pada keyboar denngan menekan tombol: Ctrl+A -> Alt -> H -> O -> I.
Maka seluruh sel/kolom pada lembar kerja akan menyesuaikan lebarnya secara otomatis. Hasilnya seperti gambar di bawah: 

Nah, sekian pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi tanda # pada kolom Excel. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya. 

0 komentar:

Posting Komentar