Google Slide: 4 Hal Keren dalam Membuat Presentasi


Pandemi telah mengubah kehidupan manusia pada banyak sektor, termasuk cara bekerja. Akibat kebijakan work from home atau bekerja dari rumah beberapa waktu yang lalu, mayoritas perkantoran, sekolah, dan banyak sektor lainnya mengubah pola kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi online


Nah, senada dengan hal itu banyak pengguna PowerPoint yang diharuskan untuk pindah menggunakan Google Slide agar memungkinkan seluruh pihak yang terlibat dapat tetap bekerja besama dalam menyusun hingga melakukan presentasi walau dilakukan secara terpisah dari rumah masing-masing atau secara online


Meskipun ada beberapa fitur PowerPoint yang tidak dimiliki oleh Google Slide, namun hal itu tidak menjadi halangan dan Google Slide tetap layak untuk dipertimbangkan. Baiklah, sekarang mari kita bahas apa saja sih yang ada di Google Slide? 


Konversi PowerPoint ke Google Slide

Berhubung selama ini kita sudah terbiasa bekerja dengan PowerPoint, bisa saja pertanyaan yang pertama kali terlintas adalah apakah file PowerPoint dapat diubah atau dikonversi ke Google Slide? Jawabannya adalah, BISA!


Jadi kita tidak perlu bekerja dari nol lagi untuk menyusun bahan untuk presentasi di Google Slide, kita tinggal upload dan konversi file PowerPoint yang telah kita buat ke Google Slide. Tapi ingat, proses konversi ini mungkin akan mengubah beberapa setelan yang telah kita bubuhkan pada PowerPoint, oleh karena itu perlu dilakukan beberapa penyesuaian kembali usai melakukan proses konversi. 


Caranya adalah sebagai berikut: 


1. Pertama buatlah lembar kerja baru dengan klik simbol plus.


2. Pilih tab 'File' lalu 'Impor Slide

3. Selanjutnya pilih tab 'Upload' untuk mengambil sumber file dari kumputer kita. 

4. Tunggu hingga proses upload selesai 

5. Selanjutnya Pilih slide mana saja yang ingin dikonversi, jika ingin semuanya pilih semuanya. Jika jumlah slide cukup banyak, pakai pintasan 'Ctrl+A' pada keyboard untuk memilih seluruh slide. Jangan lupa centang pada kolom 'Pertahankan tema asli' 

6. Biasanya slide kosong bawaan Google Slide tidak hilang, maka tinggal hapus saja dengan cara klik kanan pada slide yang bersangkutan, lalu pilih 'Hapus

7. Kini slide dari PowerPoint sudah berhasil dikonversi ke Google Slide, setelah ini kita tinggal melakukan pengaturan yang hilang, seperti animasi, musik, dan transisi. 


Master Slide & Theme 
Agar presentasi tampil profesional, tentu harus didukung dengan feature yang menarik, salah satunya adalah template. Google Slide telah menyediakan beberapa template dengan tampilan yang aesthetic untuk kita pakai, tentu saja template ini dapat kita edit sesuai dengan keinginan.
Selain itu kita juga dapat menambahkan alat yang dapat menunjang pekerjaan kita dengan fitur Add-On. Di sini kita tinggal memilih alat yang sesuai dengan keperluan dan menginstalnya. Pada Add-On ini kita dapat memilih alat untuk menunjang pekerjaan ketika kita bekerja dengan rumus, matematika, gambar, editing font, editing video dan gambar, QR Code Generator, dan banyak lagi. 


Kolaborasi dan Berbagi Google Slide Presentation 
Jika kita sering melakukan kolaborasi dengan tim saat presentasi, mungkin menggunakan Google Slide merupakan langkah yang tepat. Dengan konsep kerja berbasis online, kita dapat berdiskusi dan melakukan perubahan-perubahan pada isi presntasi secara real time. 
Di sini juga kita dapat menyetel siapa saja yang akan kita undang pada presentasi dan juga menyetel tingkat akses setiap orang. Caranya tekan tombol 'Bagikan' pada bagian kanan atas > masukkan alamat email orang bersangkutan > pada tombol drop down 'Editor' pilih tingkatan akses. 


Keterangan: 
  • Pengakses lihat-saja: Untuk tingkatan akses ini, penerima dapat melihat presentasi, namun tidak diberi hak untuk memberi komentar dan mengedit presentasi
  • Pemberi komentar: Dia dapat melihat dan memberi komentar pada presentasi, namun tidak dapat hak mengubah atau mengedit presentasi
  • Editor: Nah yang ini memiliki hak penuh atas presentasi, yaitu dapat melihat, memberi komentar, dan mengedit presentasi. 
Shortcut Keyboard/Tombol Pintasan
Untuk mengefisienkan proses kerja dengan Google Slide, berikut adalah beberapa pintasan penting yang dapat dipergunakan: 
  • Ctrl + m: Slide baru 
  • Ctrl + d: Gandakan slide 
  • Ctrl + Alt + c: Salin pemformatan teks atau bentuk yang dipilih 
  • Ctrl + Alt + v: Tempel pemformatan teks atau bentuk yang dipilih 
  • Ctrl + Alt + m: Sisipkan komentar 
  • Ctrl + Alt + g: Mengelompokkan bentuk atau objek 
  • Ctrl + Alt + Shift + g: Pisahkan bentuk atau objek 
  • Ctrl + Shift + Panah bawah: Kirim bentuk atau objek ke belakang 
  • Ctrl + Shift + Panah atas: Bawa bentuk atau objek ke depan 
Untuk pintasan yang lebih lengkap silakan lihat di sini.
Bagaimana, sudah mulai mempertimbangkan untuk bekerja dengan Google Slide? 

0 komentar:

Posting Komentar