Naskah Pidato Nuzulul Qur'an


Contoh 1: 

Yang terhormat Bapak Kepala Desa ...

Bapak Kepala Dusun ...

Ketua RW dan RT ...

Hadirin dan Hadirat yang berbahagia.


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji kehadirat Allah SWT, atas harmat dan nikmat-Nya yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga hingga saat ini kita masih diberi kesempatan untuk untuk berkumpul di tempat yang mulia ini dalam keadaan tentram dan sejahtera. 


Salam dan solawat kita limpahkan kepada junjunan kita semua yakni Habibana wa Nabiana Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa ditempatkan di sisi Allah SWT dengan derajat yang paling tinggi. Aamiin. 


Hadirin dan Hadirat yang berbahagia, pada malam yang mulia ini sepantasnyalah kita semua bersyukur kepada Allah SWT yang telah menjadikan umat manusia menjadi mahluk yang paling sempurna di sisi Allah. Namun demikian dengan banyaknya tantangan hidup yang diciptakan Allah untuk menguji ketaqwaan kita sehari-hari, menguji kesetiaan kita terhadap ajaran Nabi Muhammad melalui Al-Qur'annul Qarim. 


Oleh sebab itulah hadirin dan hadirat, pada malam ini bertepatan dengan malam Nuzulul Qur'an, kami mengajak sejenak hadirin untuk merenung, melakukan evaluasi, seberapa jauh praktik hidup kita sehari-hari ini berpedoman pada ajaran Al-Qur'an. 


Nuzulul Qur'an adalah peristiwa besar turunnya Al-Qur'an. Masih banyak yang harus diungkap di dalam Al-Quran ini, yang sesuai dengan sukses kehidupan kita sebagai umat Islam. Oleh karena itu pula berbahagia lah kita pada malam ini jika ditengah-tengah kita hadir seorang mubaligh yang akan menambah wawasan kita tentang Al-Qur'annul Qarim, sehingga kami berharap semoga apa yang akan disampaikan beliau, kelak akan benar-benar menjadi pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 


Atas nama ketua panitia, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh hadirin, semoga amal baik kita malam ini mendapat ridho dari Allah SWT. Aamiin. 


Akhir kata, wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Contoh 2: 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 


Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta saudara-saudara kaum Muslimin yang kami hormati. 


Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT, kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat dalam rangka memperingat Nuzulul Qur'an. 


Pada tanggal 17 Ramadhan ini Allah SWT telah menurunkan wahyu kepada junjunan kita semua yakni Habibana wa Nabiana Muhammad SAW sebagai utusan Allah yang kemudian wahyu demi wahyu itu dihimpun yang pada akhirnya menjadi kitab suci Al-Qur'annul Karim yang terdiri dari 30 Juz. 


Saudara-saudara kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. 


Kita sudah memaklumi bahwa Nuzulul Qur'an adalah turunnya Al-Qur'an, wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan dan diajarkan kepada seluruh umatnya. Al-Qur'an merupakan pegangan hidup kita, merupakan tuntunan serta petunjuk yang ideal bagi kita dalam mengarungi bahtera kehidupan ini. Dengan selalu berpedoman pada kitab suci Al-Qur'an, insya Allah ketaqwaan kita kepada Allah akan tetap terjaga dan terhindar dari melakukan hal yang dilarang oleh Allah, bahkan menyekutukan Allah. 


Didalam Al-Qur'an terdapat konsep hidup manusia dalam segala bidang, semua problem manusia sudah dijawab oleh Al-Qur'an. Al-Qur'an tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, akan tetapi juga mengatur hubungan antar sesama manusia, bahakan hubungan dengan lingkungannya. Yang pasti Al-Qur'an telah memberi solusi atas segala problematika dalam seluruh aspek kehidupan manusia di dunia. Tidak ada kitab suci lain di dunia ini yang dapat melebihi atau sebanding dengan Al-Qur'an. 


Akhirnya tidak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberi bantuan baik secara moril, materil, dan spiritual demi terlaksananya acara ini. Semoga amal baik saudara-saudara semua diterima oleh Allah SWT. Aamiin. 


Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat. 


Wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

0 komentar:

Posting Komentar