Windows 11: Enam Hal yang Harus Segera Dilakukan Setelah Selesai Instalasi


Setelan bawaan Windows 11 terdapat banyak hal yang tidak kita perlukan bahkan akan terasa sebagai gangguan. Setting Windows 11 baru terbilang mudah. Setelah Kita mengklik kotak dialog dan menyesuaikan beberapa pengaturan yang tersedia sebagai bagian dari OOBE (Out-of-box experience) , Kita akan berakhir di desktop Windows 11.


Namun, pengaturan bawaan Microsoft pada Windows 11 belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan selera kita, oleh karena itu agar kita dapat bekerja secara efisien pada Windows 11 ini, lebih baik kita melakukan beberapa penyesuaian dengan segera sesuai dengan kebutuhan.


Berikut adalah enam penyesuaian yang harus segera kita lakukan setelah selesai menginstall Windows 11:


1. GUNAKAN AKUN MICROSOFT UNTUK KEAMANAN MAKSIMAL

Pada setelan manajemen akun, kita memiliki dua pilihan untuk menyiapkan akun pengguna utama kita, yaitu Microsoft Account atau  Local Account.


Bagi ‘orang lama’ mungkin akan lebih memilih Local Account karena memang selama ini sudah terbiasa menggunakannya, namun itu pilihan yang tidak dianjurkan jika ingin keamanan kita terjamin. Berikut adalah tiga keuntungan ketika kita menggunakan Microsoft Account ketimbang menggunakan Local Account:

  • Kita dapat mengaktifkan autentikasi 2 langkah dan Windows Hello, yang memungkinkan Kita masuk menggunakan perangkat keras Fingerprint dan Face Recognition.
  • Kita dapat mengaktifkan enkripsi untuk drive system kita, bahkan menggunakan edisi Windows 11 Home. (Untuk memastikan aktivasi, buka Settings > Privacy & Security > Device Encryption.)
  • Kita dapat memulihkan data jika lupa kata sandi menggunakan Microsoft Account Recovery Tools.

Dan, tentu saja, jika kita berlangganan Microsoft 365 Family atau Personal, kita akan  memiliki akses ke aplikasi Office dan Cloud Drive sebesar 1TB.


Kita tidak diharuskan untuk menggunakan alamat email yang disediakan oleh Microsoft untuk apa pun selain tujuan tunggal ini. Dan jika Kita membuat akun Microsoft baru sebagai bagian dari pengaturan Windows 11, akun tersebut tidak terhubung ke nomor telepon atau alamat email yang ada, yang berarti tidak ada pelacakan.


2. MEMBERSIHKAN CRAPWARE

Seperti halnya pendahulunya, Windows 11 menghasilkan uang untuk Microsoft berkat pintasan yang ditaburkan di menu Mulai pada setiap pemasangan baru, mungkin dengan imbalan hadiah yang dibayarkan oleh pemilik aplikasi dan layanan pihak ketiga tersebut. Candy Crush dan sejenisnya telah hilang, digantikan oleh opsi media streaming seperti Spotify, Disney+, dan Prime Video. Juga media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Facebook.


Berita baiknya adalah pintasan ini persis seperti itu. Mereka tidak diinstal secara default, mereka mengambil sejumlah kecil ruang pada disk, dan masing-masing dapat dihapus dengan double klik langsung dari menu Start.


Klik kanan pada ikon yang tidak diinginkan, klik Uninstall. Konfirmasi pilihan kita di kotak dialog. Ulangi sesuai kebutuhan.


3. AKTIFKAN WINDOWS SANDBOX

Ini adalah ‘fitur pembunuh’ jika kita memiliki Windows 11 Pro, Enterprise, atau Education. Ini memungkinkan kita untuk secara instan memutar Virtual Machine yang aman tanpa pengaturan yang rumit. Virtual Machine benar-benar terpisah dari sistem utama, sehingga kita dapat mengunjungi situs web yang mencurigakan atau menguji aplikasi yang tidak dikenal tanpa risiko. Setelah selesai, tutup Sandbox, dan Sandbox akan hilang sepenuhnya, menghapus semua jejak eksperimen kita.


Meskipun menggunakan fitur virtualisasi yang sama seperti Hyper-V, Kita tidak perlu mengaktifkan Hyper-V, dan hanya menggunakan sedikit sumber daya sistem.


Untuk memulai, klik Search dan ketik Windows Features untuk menemukan kotak dialog On atau Off Windows Features. Gulirkan ke bagian bawah daftar dan klik kotak di sebelah kiri fitur Windows Sandbox. Setelah kita restart, Kita akan menemukan pintasan Windows Sandbox di Start Menu.


Perhatikan bahwa sesi Windows Sandbox hampir tidak memiliki aplikasi Microsoft di dalamnya. Ini benar-benar dihilangkan. Kita dapat menggunakan Clipboard Windows untuk menempelkan URL ke Microsoft Edge atau menyalin file program ke Wondows Sandbox untuk eksplor lebih lanjut.


4. TAMBAHKAN FOLDER SHORTCUTS KE START MENU

Menu Start Windows 11 sangat disederhanakan. Ikon disematkan di bagian atas, dan di bagian bawah adalah untuk pintasan ke aplikasi yang baru digunakan. Di bagian bawah menu adalah gambar profil Kita dan tombol Power.


Untuk melakukan penyesuaian pada bagian Menu, buka Settings > Personalization > Start > Folders, dan kita akan menemukan menu yang memungkinkan kita menambahkan pintasan ke bagian bawah Start Menu, memberi kita akses mudah ke beberapa folder umum. Ini setara dengan pintasan yang ada di kolom di sebelah kiri Start Menu pada Windows 10.


Di sini kita juga dapat mengaktifkan Dark Mode, agar dapat lebih bersahabat pada mata kita saat bekerja. Caranya adalah dengan memilih Settings > Personalization > Colors > Pilih mode yang diinginkan.


5. HAPUS WIDGET DAN ITEM TASKBAR YANG TIDAK DIPERLUKAN

Pada Windows 11, rupanya terdapat empat feature tambahan pada taskbar yang mungkin tidak begitu berperan bagi kebanyakan pengguna, yaitu:

  • Tombol pencarian. (Kita tidak memerlukan kotak pencarian. Cukup ketuk tombol Windows dan mulailah mengetik untuk mencari)
  • The Task View button. (Kita juga tidak memerlukan ini. Gunakan tombol Windows + Tab untuk sampai ke tempat yang sama)
  • Widget
  • Chat

Jika kita tidak memerlukan feature di atas dan berniat menghilangkannya, caranya adalah: Settings > Personalization > Taskbar > Geser keempat sakelar ini ke kiri.


6. KONFIGURASI CADANGAN ONEDRIVE

Kita mendapatkan setidaknya 5 GB penyimpanan cloud gratis di layanan OneDrive Microsoft saat Kita masuk dengan akun Microsoft. Fitur itu termasuk pengaturan yang bisa membingungkan jika kita tidak memperhatikan.


Jika Kita mengklik opsi default, Microsoft akan mengarahkan folder Desktop, Dokumen, dan Gambar Kita ke OneDrive, yang secara efektif mencadangkan semua yang kita masukkan ke folder mana pun. Jika kita sudah memiliki strategi pencadangan yang baik, kita mungkin ingin menonaktifkan fitur itu. Namun jika kita ingin memiliki tempat untuk mencadangkan data secara Cloud, kita bisa menyesuaikan pengaturannya. 


Caranya, buka File Explorer, klik kanan pintasan OneDrive di panel folder di sebelah kiri, lalu klik OneDrive > Kelola Cadangan OneDrive. Lalu kita akan dibawa ke kotak dialog yang ditampilkan di sini.


Kita dapat mematikan pencadangan untuk masing-masing dari tiga folder dengan satu klik. Bila terdapat ikon centang biru pada pojok kanan atas folder, maka mode pencadangan aktif. 

Source: zdnet

0 Comments:

Posting Komentar