EXCEL: Membuat Titik Dua Sejajar Otomatis


Mungkin tutorial ini sudah bertebaran di internet, namun di sini saya merasa perlu membuatnya kembali dengan dengan menggunakan dua metode yang biasa saya gunakan dalam membuat titik dua sejajar pada Excel, yaitu metode manual dan metode otomatis. Selain untuk catatan pribadi, siapa tahu dapat menjadi pengetahuan baru bagi temen-temen yang kebetulan singgah di blog ini. 

Oke, kita langsung saja mulai dengan metode yang pertama! 

1. Metode Manual 

Seperti pada gambar di atas, membuat titik dua sejajar pada Excel dengan cara manual adalah cengan cara membuat sebuah kolom khusus untuk menyimpan titik dua pada sebuah worksheet. Pada contoh projek di atas, titik dua saya simpan pada kolom C dan diketik secara manual. 
Karena alasan tertentu, terkadang kita masih harus menggunakan metode ini meskipun kita sudah tahu cara bagaimana membuat titik dua secara otomatis. 
2. Metode Otomatis 
Metode ini menggunakan kode atau rumus seperti di bawah ini: 
@ * ":" 
Bagaimana caranya? Yuk kita bahas di bawah: 
Perhatikan gambar di atas, pertama adalah sorot atau blok seluruh kolom yang akan dibubuhkan titik dua secara otomatis, lalu klik kanan pada kolom yang diblok tersebut, setelah itu pilih ' Format Cells' 
Maka akan muncul kolom dialog seperti di bawah ini: 
Pilih tab 'Number', lalu pilih 'Custom' selanjutnya ketik pada kolom 'Type' kode @ * ":" . Jangan sampai salah dalam menulisnya ya, jika diuraikan seperti ini: 
Ketik simbol '@', lalu tekan tombol 'Spasi', lalu ketik '*' atau bintang, lalu Spasi lagi, lalu 'Tanda Petik', lalu 'Titik Dua', lalu 'Tanda Petik', setelah itu pilih 'Ok'. 
Atau temen-temen bisa copy-paste saja kode di atas. 
Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini: 
Jika kolom tersebut sudah disetting seperti di atas, maka kita tidak perlu mengetik titik dua lagi, ketika cukup mengetik data lalu tekan enter, maka titik dua secara otomatis akan muncul secara sejajar. 

0 komentar:

Posting Komentar