FORECAST: Memprediksi Nilai Masa Mendatang pada EXCEL


Hallo, kembali lagi dengan pembahasan tentang Excel! Pada postingan kali ini kita akan menyelesaikan sebuah contoh kasus, dimana kita harus mendapatkan nilai perkiraan penjualan pada masa mendatang, dan fungsi yang akan kita gunakan adalah Fungsi FORECAST


Sekilas tentang FORECAST, ya! Jadi salah satu fungsi pada Excel ini berguna untuk memprediksi dan menghitung nilai-nilai pada masa mendatang dengan menggunakan nilai-nilai yang sudah ada. Fungsi ini bisa digunakan untuk memprediksi sebuah tren, perkiraan penjualan, atau perkiraan kebutuhan pada masa mendatang. 


Sebagai catatan, pada Excel 2016 Fungsi FORECAST sudah diganti dengan FORECAST.LINEAR dengan kegunaan yang sama. Namun pada kompatibilitas mundur atau pada versi sebelum 2016, masih menggunakan Fungsi FORECAST. Nah pada kasus ini saya menggunakan Microsoft Excel 2013, oleh karenanya masih menggunakan Fungsi FORECAST


Baiklah, kita langsung pada studi kasus, yuk! 


Di bawah ini terdapat sebuah studi kasus dimana kita harus mencari nilai prediksi penjualan pada masa mendatang, tepatnya pada bulan Maret 2023. Kita akan menggunakan data yang sudah ada yaitu data penjualan bulan Januari hingga bulan Desember 2022. 


Rumus fungsi yang kita gunakan adalah: 

x = Tanggal

y = Omset Penjualan

=FORECAST(x;data y yang diketahui;data x yang diketahui)


Maka pada kolom B16 kita tulis rumus: =FORECAST(A16;B3:B14;A3:A14)

Maka kita akan mendapatkan prediksi omset penjualan pada bulan Maret 2023 mendatang sebesar Rp. 236.062.792 

Nah, itulah cara memprediksi nilai pada masa mendatang menggunakan Fungsi FORECAST pada Microsoft Excel. Semoga membantu, ya! Terima masih.

Tutorial ini bisa juga disimak pada video di bawah ini: 

0 komentar:

Posting Komentar